15 Manfaat Daun Pandan Pantai Untuk Kesehatan dan Mengusir Hama

Daun pandan pantai atau daun pandan laut merupakan jenis pandan yang tumbuh di sekitar pantai. Sebenarnya pandan pantai dengan panda biasa tidak memiliki perbedaan dalam segi penggunaannya yakni sama sama digunakan untuk pewangi makanan. Akan tetapi, ukuran dari tanaman pandan pantai ini lebih tinggi yakni sekitar 2 meter dan pandan pantai juga memiliki buah yang terlihat seperti nanas dna bagian tepi daun memiliki duri cukup tajam. Dalam daun pandan pantai mengandung beberapa zat penting untuk tubuh seperti minyak esensial, alkaloid, tanin dan juga glisida sehingga bisa digunakan sebagai pengobatan dan juga kebutuhan sehari hari. Sedangkan untuk masyarakat Filipina, daun pandan pantai sering digunakan untuk penyedap rasa nasi dan berbagai jenis masakan lainnya. Untuk anda yang penasaran dengan manfaat daun pandan pantai, silahkan langsung melihat ulasan selengkapnya dari kami berikut ini.

  1. Mengusir Kecoa

Di berbagai negara Asia Tenggara, daun pandan pantai sering digunakan untuk mengusir kecoa dengan cara menyimpan ikatan daun pandan pantai ini di lemari dapur dan juga laci. Bau harum yang dihasilkan dari daun pandan pantai ini tidak disukai kecoa sehingga juga aman digunakan sebagai semprotan insektisida atau pestisida yang cukup tahan lama.

  • Remas remas daun pandan pantai ini lalu buat simpul untuk merekatkan.
  • Tempatkan ikatan daun pandan pantai ini pada tempat yang sering didatangi kecoa dan ganti jika daun sudah kering.
  1. Meredakan Rasa Sakit

Daun pandan pantai juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan seperti salah satunya mengurangi rasa sakit. Dalam daun pandan pantai mengandung sifat pencahar yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri sakit kepala, nyeri dada, sakit telinga dan juga artitis.

  1. Obat Alami Asam Urat

Daun pandan pantai juga bisa digunakan untuk menyembuhkan asam urat secara alami yang terjadi karena mengendapnya asam urat terlalu banyak pada persendian seperti tangan dan kaki. Asam urat juga disebabkan karena metabolisme protein yang mengalami gangguan yakni komponen protein purin. Daun pandan pantai ini bisa anda gunakan untuk pengobatan alternatif asam urat yang aman dan tanpa menimbulkan efek samping.

  • Rebus beberapa lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih dengan air secukupnya.
  • Rebus hingga tersisa setengah bagian dan minum teh tersebut secara teratur.
  1. Menyembuhkan Alergi Sunburns

Manfaat lain dari daun pandan pantai adalah untuk menyembuhkan sengatan matahari. Cara menggunakannya cukup mudah yakni dengan berendam menggunakan air rebusan daun pandan pantai saat mandi yang bisa menenangkan kulit terbakar secara efektif.

  1. Menghilangkan Tinea Versicolor

Jamur pada kulit bisa menyebabkan timbulnya warna kemerahan pada kulit sehingga menimbulkan rasa gatal tak tertahankan. Untuk mengatasi masalah jamur kulit ini juga bisa menggunakan daun pandan pantai dengan cara menghaluskan daun menjadi pasta kemudian campur dengan air yang sudah diberikan sedikit garam sebanyak 1 kali sehari dan lakukan selama 3 hari untuk hasil maksimal.

  1. Menurunkan Demam

Khasiat berikutnya dari daun pandan pantai adalah untuk mengurangi demam tradisional sekaligus mengatasi lelah yang ditimbulkan dari demam. Pengobatan ini juga sering direkomendasikan para dokter untuk pasien yang sedang demam tinggi. Gunakan daun pandan pantai ini untuk menurunkan demam sekaligus memberi manfaat detoksifikasi untuk membuat zat racun dalam tubuh.


  1. Mengusir Nyamuk

Ada banyak penyakit berbahaya yang bisa dibawa oleh nyamuk sehingga harus dicegah dengan baik. Cara mengusir nyamuk juga bisa dilakukan dengan daun pandan yakni menggosok daun pandan yang sudah dihaluskan menjadi pasta pada kulit sehingga terbebas dari gigitan nyamuk.

  1. Anti Kanker

Manfaat luar biasa selanjutnya dari daun berduri ini adalah sebagai solusi kanker. Daun pandan pantai bisa digunakan untuk menangkal efek racun dan menghambat perkembangan sel kanker untuk menyembuhkan beberapa jenis kanker. Cara menggunakannya juga cukup mudah yakni dengan mengkonsumsi teh yang terbuat dari rebusan daun pandan pantai secara teratur.

  1. Mengurangi Kram

Kram yang menimbulkan rasa sakit sekaligus mengganggu aktivitas juga bisa diatasi dengan menggunakan daun pandan pantai sebagai obat tradisional. Daun pandan pantai ini juga bisa digunakan untuk kram gastrointestinal khususnya kram perut dengan cara mengkonsumsi air rebusan daun ini pada saat sakit.

  1. Menambah Selera Makan

Daun pandan juga bisa membantu menambah selera makan khususnya untuk anak anak yakni dengan minum air rebusan daun pandan pantai ini secara teratur terutama saat nafsu makan sedang menurun.

  • Rebus 10 gram daun pandan dengan 3 gelas air dan tunggu hingga tersisa 2 cangkir saja.
  • Bagi air tersebut menjadi 2 bagian dan minum saat pagi dan sore hari.

  1. Mengatasi Artitis dan Rematik

Artitis yang merupakan salah satu penyakit paling sering dialami orang tua ini ternyata juga bisa terjadi pada seseorang dalam usia produktif seperti saat terlalu sering berendam dalam air atau sering demam, maka artitis dan rematik juga bisa terjadi. Untuk mengatasi kedua jenis penyakit ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan daun pandan pantai yang juga sekaligus berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti berikut ini.

  • Haluskan 3 buah daun pandan pantai dan campur dengan minyak kelapa panas.
  • Sesudah cukup hangat, balurkan campuran ini sebagai obat gosok pada area yang sakit dan lakukan secara teratur.
  1. Mengatasi Lemah Saraf

Seseorang yang sering mengalami salah urat, kram dan berbagai gangguan pada urat lainnya menandakan jika orang tersebut memiliki saraf yang lemah. Untuk mengatasi lemah saraf tersebut juga bisa dilakukan dengan menggunakan daun pandan pantai sebagai obat herbal menyehatkan otot dan saraf.

  • Rebus 3 lembar daun pandan pantai yang sudah dibersihkan dengan 3 gelas air.
  • Tunggu hingga tersisa 2 gelas saja dan minum saat pagi serta sore hari.
  1. Menghitamkan Rambut

Jika anda ingin membuat warna rambut anda lebih terlihat hitam gelap, maka anda bisa menggunakan pandan pantai ini sebagai perawatan rambut.

  • Rebus sekitar 7 lembar daun pandan pantai dengan air.
  • Sesudah mendidih, biarkan dan embunkan selama 1 malam.
  • Jika ada buah noni maka bisa ditambahkan pada air rebusan tersebut.
  • Gunakan air rebusan yang sudah diembunkan ini untuk memijat kulit kepala setiap pagi untuk hasil maksimal.
  1. Menghilangkan Ketombe

Ketombe tidak hanya sangat mengganggu penampilan namun juga bisa menyebabkan kulit kepala menjadi gatal, kulit kepala mengelupas dan bahkan menyebabkan rambut rontok. Untuk menyingkirkan ketombe dengan aman, anda juga bisa menggunakan daun pandan pantai.

  • Haluskan 10 lembar daun pandan pantai yang masih segar hingga benar benar halus.
  • Tambahkan dengan 100 ml air dan oleskan ke seluruh kulit kepala.
  • Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air seperti saat keramas.
  • Lakukan secara teratur untuk menghilangkan ketombe dan juga sebagai solusi kecantikan kulit kepala agar lebih sehat.
  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat terakhir yang bisa anda gunakan dari daun pandan pantai adalah menurunkan tekanan darah tinggi secara alami sekaligus mengatasi gejala yang ditimbulkan seperti pusing, sakit kepala dan kelelahan. Cara kerja daun pandan pantai untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan mengurangi kadar kolesterol tinggi yang juga menjadi penyebab dari stroke.

  • Rebus 2 gelas air dengan 10 gram daun pandan pantai hingga tersisa setengah bagian saja.
  • Minum setengah air rebusan saat pagi dan hari serta sisanya diminum pada malam hari secara teratur.

Selain banyak manfaat daun pandan pantai, bagian lain dari tanaman ini juga bisa digunakan seperti akar yang bisa digunakan untuk mengatasi nyeri dada dan tonik sesudah melahirkan dan juga bagian bunga yang digunakan sebagai afrodisiak serta mengatasi kanker. Semoga ulasan dari kami bisa menambah wawasan anda tentang manfaat tanaman yang jarang diketahui.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan