5 Manfaat Kayu Rambutan yang Belum Diketahui

Ada banyak sekali jenis buah- buahan yang dapat ditanam di Indonesia berbeda jika anda melihat manfaat daun binahong untuk diabetes, mulai dari buah dengan jenis tanaman perdu hingga buah dengan jenis pepohonan besar. Dan bagi anda yang memiliki hobi bercocok tanam, terutama bagi anda yang suka menanam tanaman buah pasti tahu dengan tanaman buah yang satu ini. Pohon rambutan merupakan salah satu jenis pohon yang menghasilkan buah dan dapat dimakan. Di pasaran sendiri buah rambutan memiliki harga yang cukup ekonomis sehingga memiliki banyak sekali penggemar.

Dan karena pohon rambutan berbuah pada musimnya saja, banyak sekali orang menunggu musim rambutan tiba untuk berbondong- bonding membelinya di pasar. Banyak juga orang menanam pohon rambutan sebagai peneduh di rumahnya selain dimanfaatkan buahnya. Buah rambutan sendiri memiliki rasa yang manis dan segar karena banyaknya kandungan air. Bentuknya berbeda dengan jenis buah pada umumnya, ciri khas dari buah rambutan terletak pada kulit buah itu sendiri.

Buah rambutan berbentuk bulat dan sedikit lonjong dengan warna hijau dan cenderung merah saat matang. Ciri utamanya yaitu buah rambutan dikelilingi oleh serabut menyerupai rambut pada kulit buahnya, inilah asal mula nama buah rambutan. Jika dikupas akan Nampak daging buah rambutan berwarna putih bening berbentuk lonjong. Adapun biji rambutan yang terbungkus dengan kulit biji dengan warna putih namun menyerupai kulit kayu. Biasanya buah rambutan akan bergerombol di bagian ujung percabangan, sehingga mudah sekali untuk memanennya.

Biasanya buah rambutan tidak hanya dikonsumsi secara langsung begitu saja berbeda dengan manfaat daun seledri untuk membersihkan ginjal, sudah banyak sekali berbagai olahan makanan berbahan dasar buah rambutan. Mulai dari keripik, kue, selai, sirup, hingga manisan ataupun asinan. Dan yang sedang populer saat ini di kalangan para remaja yaitu rujak ataupun asinan buah rambutan. Rasanya yang manis, asam, dan pedas membuat menu makanan yang satu ini banyak sekali digemari orang. Selain itu buah rambutan juga memiliki banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anda.

Hal ini karena buah rambutan memiliki kandungan air, mineral, vitamin dan serat yang dapat melengkapi nutrisi dalam tubuh anda. Namun tahukah anda bahwa pohon rambutan tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat. Mulai dari daun hingga akar, pohon rambutan memiliki manfaatnya masing- masing. Seperti manfaat yang ada pada kayu pohon rambutan berbeda dengan manfaat daun pandan pantai, kayu rambutan memiliki banyak sekali manfaat. Bagi anda yang penasaran dengan apa saja manfaat dari pohon rambutan, berikut merupakan penjelasannya.

Manfaat Kayu Rambutan

  1. Bahan Kerajinan

Berbeda dengan serat yang ada pada jenis kayu lainnya seperti kayu jati maupun mahoni, kayu rambutan memiliki serat yang sedikit lebih halus dan tidak terlalu padat. Selain itu kayu rambutan juga tidak begitu berat, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan kerajinan. Ada banyak sekali jenis kerajinan yang berbahan dasar rambutan. Mulai dari boneka kayu, bangkiak, sandal wanita, asbak, hingga patung kayu. Selain karena ringan dan mudah dibentuk, kayu rambutan juga lebih ekonomis, tak heran banyak orang membuat kerajinan berbahan kayu rambutan.

  1. Bahan Furniture

Selain dapat digunakan sebagai bahan kerajinan berbeda dengan manfaat bunga air mata ibu, kayu rambutan juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan furniture. Tentunya kayu rambutan yang digunakan merupakan kayu rambutan yang sudah tua dan tidak mengandung banyak air. Kayu rambutan dipilih karena sangat ringan dan mudah dibentuk. Biasanya kayu rambutan digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan lemari ataupun meja kopi.


  1. Pewarna Tekstil Alami

Kayu rambutan yang sudah tua jika direndam ke dalam air dan difermentasikan, dapat menghasilkan warna. warna inilah yang biasanya digunakan sebagai pewarna alami dalam industri tekstil ataupun kerajinan batik. Warna yang dihasilkan biasanya cenderung kea rah coklat hingga merah. Untuk memanfaatkannya, anda tinggal merendam serat kain ataupun benang ke dalam air rendaman kayu rambutan selama beberapa minggu agar warna semakin gelap, sedangkan jika anda ingin warnanya lebih terang anda hanya perlu merendamnya selama 4 hingga 6 hari saj.

  1. Bahan Bakar

Kayu rambutan sangat baik digunakan sebagai bahan bakar berbeda dengan manfaat air rebusan jahe dan sereh, terutama dijadikan sebagai arang. Hal ini karena tekstur dari kayu rambutan yang ringan. Selain itu kayu rambutan juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk perapian. Di desa- desa juga banyak sekali orang memasak menggunakan bahan bakar kayu rambutan.

  1. Untuk Memasak Daging

Kayu rambutan selain sangat baik dijadikan sebagai bahan bakar juga memiliki aroma tersendiri yang khas. Ini biasa dimanfaatkan oleh banyak chef untuk memasak makanan dengan olahan daging. Tentunya ini bertujuan agar daging memiliki cita rasa yang lebih nmikmat, dan dengan menggunakan kayu rambutan sebagai bahan bakar maka daging menjadi lebih empuk dan manis.

Itulah berbagai manfaat dari kayu rambutan yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan