7 Manfaat Daun Binahong Untuk Diabetes

Binahong adalah tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Salah satu masyarakat yang banyak menggunakan binahong secara turun temurun adalah Indonesia dan juga terkenal di beberapa negara Asia lain seperti Taiwan, Cina, Korea dan sebagainya. Beberapa kandungan dalam daun binahong diantaranya adalah alkaloid, minyak atsiri, terpenoid, saponin, asam oleanotik, asam askorbat dan juga antioksidan. Semua senyawa ini masing masing memiliki manfaat berbeda untuk tubuh seperti salah satunya manfaat daun binahong untuk diabetes. Dari beberapa macam penelitian memang membuktikan jika daun binahong memang memiliki banyak khasiat untuk diabetes seperti yang secara khusus akan kami ulas berikut ini.

  1. Mengandung Flavonoid

Dalam sebuah studi membuktikan jika daun binahong untuk diabetes didapatkan dengan cara mengkonsumsi air rebusan daun ini secara teratur. Mengkonsumsi air daun binahong bisa menurunkan kadar gula darah yang efeknya serupa saat penderita mengkonsumsi obat khusus untuk menurunkan kadar gula darah. Kandungan daun binahong yang berperan penting dalam menurunkan kadar gula darah  adalah flavonoid yang memiliki sifat reaktif terhadap radikal bebas penyebab diabetes.

  1. Mengandung Saponin

Dalam daun binahong juga mengandung saponin yang berguna untuk mencegah pembentukan kolesterol tinggi dalam darah. Saponin akan bekerja sebagai penghambat enzim pembentuk kolesterol yakni hidroksi metilglutaril koasetat reduktase. Menurunnya kadar kolesterol ini juga sangat berpengaruh terhadap penyembuhan penyakit diabetes sehingga aktivitas sehari hari bisa berjalan dengan baik.

  1. Meningkatkan Produksi Insulin

Hormon insulin berguna untuk mengatur kadar gula darah yang dihasilkan kelenjar pankreas. Hormon insulin ini juga bisa ditingkatkan dengan cara mengkonsumsi air rebusan binahong. Manfaat daun binahong untuk jantung ini ternyata juga bisa digunakan untuk mencegah infeksi dalam tubuh dan meningkatkan kinerja pankreas dalam memproduksi hormon insulin sehingga tanda diabetes tidak terjadi.

  1. Menurunkan Berat Badan

Masalah berat badan berlebih atau obesitas tidak hanya memperburuk penampilan namun juga meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes. Untuk mencegah berat badan berlebih juga bisa dilakukan dengan minum air rebusan ini secara teratur sehingga risiko diabetes bisa diturunkan.

  1. Mencegah Infeksi Kelenjar Pankreas

Seperti yang sudah disinggung diatas, kelenjar pankreas memiliki tugas untuk produksi hormon insulin. Kesehatan kelenjar pankreas ini harus selalu dijaga dengan baik agar infeksi bisa dicegah dan tidak menyebabkan peradangan agar produksi hormon insulin bisa ditingkatkan dan diabetes gestasional bisa dicegah yakni dengan menggunakan manfaat daun binahong.


  1. Meningkatkan Daya Tahan Terhadap Glukosa

Kandungan saponin, alkaloid, minyak atsiri dan beberapa sumber antioksidan lain dalam daun binahong berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus daya tahan terhadap glukosa sehingga berbagai gejala diabetes pada penderita bisa berkurang secara alami dan efektif.

  1. Mencegah Perubahan Hormon

Selain manfaat jambu biji untuk diabetes, daun binahong juga memiliki khasiat lain untuk penderita diabetes. Untuk wanita selama masa kehamilan tentunya akan mengalami banyak perubahan hormon dalam tubuh sehingga penyakit diabetes bisa meningkat risikonya. Beberapa peningkatan hormon yang umum terjadi selama masa kehamilan diantaranya adalah hormon Human Placental Lactogen [HPL], hormon esterogen dan beberapa jenis hormon lainnya yang berpengaruh terhadap insulin dan menyebabkan diabetes. Fungsi dari daun binahong ini adalah untuk menjaga kestabilan hormon supaya tetap stabil sehingga tindak terjadi lonjakan yang bisa menyebabkan diabetes.

Manfaat daun binahong untuk diabetes bisa dijadikan solusi herbal yang aman untuk dikonsumsi. Rebus sekitar 20 lembar daun binahong tidak terlalu muda dan tua lalu remas remas dan campur dengan air serta didihkan hingga tersisa setengah bagian lalu minum air rebusan tersebut secara berkala sehingga diabetes bisa dicegah.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal