4 Manfaat Puasa untuk Kolesterol Normal

Puasa merupakan salah satu anjuran bagi kaum muslimin sejak dahulu. Puasa memiliki pengertian sebagai salah satu ibadah kepada Allah swt yang dilakukan dengan memulai sahur kemudian menaha lapar, haus dan segala hal yang dapat membatalkan nilai puasa hingga azan magrib berkumandang. Selain dinilai sebagai ibadah ternyata banyak sekali manfaat puasa terutama untuk kesehatan. Dan ada juga manfaat puasa untuk kulit yang dapat membuat kulit menjadi sehat dan awet muda.

Dalam bidang kesehatan puasa dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Manfaat kolesterol sangat banyak diantaranya adalah untuk pembentukan hormon, pembentukan vitamin d dan membuat jaringan sel tubuh bekerja secara optimal. Namun manfaat kolesterol ini hanya dapat dirasakan jika kadar kolesterol dalam darah termasuk kategori normal. Jika kadar kolesterol tinggi justru dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan seperti stroke, tekanan darah tinggi dan jantung.

Stroke ditandai dengan lumpuhnya bagian tubuh sebelah atau secara total yang membuat para penderita mengalami kesulitan untuk bergerak dan membuat mereka membutuhkan bantuan dari orang lain. Sedangkan tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang dapat memicu timbulnya stroke. Dan jantung adalah penyakit yang terjadi akibat berkurangnya elastisitas pembuluh darah akibat timbunan lemak pdaa pembuluh darah. Timbunan lemak ini umumnya terjadi akibat banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak.

Adapun dengan melakukan ibadah puasa maka manfaat puasa untuk kolesterol antara lain adalah sebagai berikut ini :

1.Mengontrol kadar kolesterol

Manfaat pertama adalah untuk mengontrol kadar kolesterol. Kadar kolesterol dalam tubuh memang harus selalu dipantau agar tidak tinggi ataupun rendah. Karena dua kondisi ini akan sangat menganggu untuk kesehatan tubuh. Selain itu kadar kolesterol yang tinggi rentan untuk kesehatan. Salah satu cara untuk mengontrol adalah dengan melakukan puasa. Contohnya manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan dan manfaat puasa senin kamis. Untuk manfaat puasa senin kamis adalah puasa yang dilakukan pada hari senin dan kamis setiap minggunya. Puasa ini merupakan salah satu puasa sunah. Adapun puasa ramadhan merupakan puasa wajib bagi orang – orang yang beriman.

2. Menurunkan resiko stroke

Salah satu efek negatif dari kadar kolesterol yang tinggi adalah meningkatkan resiko stroke. Stroke merupakan alah satu penyakit yang dapat mengakibatkan lumpuhnya seluruh tubuh atau sebagian tubuh. Dalam kasus yang lain stroke juga dapat mengakibatkan seseorang meninggal akibat pecahnya pembuluh darah dibagian otak. Untuk itu jika Anda ingin melakukan cara mencegah stroke adalah dengan menjalankan terapi puasa. Puasa disini bisa Anda tentukan sendiri sesuai dengan kesanggupan Anda berapa hari Anda bisa menjalana puasa tersebut dalam seminggu. Jika rutin dilakukan Anda akan melihat perubahan kadar kolesterol dalam tubuh. Jika sebelum puasa kadar kolesterol yang Anda miliki tinggi namun jika sudah menjalankan beberapa hari puasa kadar kolesterol dapat berubah stabil. Dan ini justru memberikan dampak yang positif bagi kesehatan. Ada juga manfaat dari obat hebral lainnya untuk menurunkan kadar kolesterol seperi manfaat daun kersen untuk stroke dan manfaat daun ciplukan untuk stroke.

3. Menyehatkan jantung

Manfaat dari puasa berikutnya untuk kesehatan adalah menyehatkan jantung. Jantung merupakan salah satu organ penting bagi tubuh. Jantung berperan untuk memompa darah keseluruh tubuh kemudian darah tersebut dialirkan ke organ – organ lainnya agar dapat bekerja secara maksimal. Ukuran jantung sesuai dengan ukuran kepalan tangan pemiliknya. Begitu penting peranan jantung bagi kehidupan yang tidak pernah berhenti berdenyut sehingga menjaga kesehatan jantung amatlah penting sekali. Dengan puasa kesehatan jantung akan meningkat karena mendapat sokongan dari organ lainnya. Sehingga kita terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan jantung.

4. Mencegah asam urat

Berikutnya manfaat puasa untuk kolesterol adalah mencegah penyakit asam urat. Asam urat atau yang dikenal dengan istilah encok ditandai dengan pembengkakan merah pada sendi dan terasa sakit saat di gerakkan. Asam urat ini akan sangat menyiksa sekali bagi penderitanya. Asam urat umunya dialami oleh orang tua namun tidak menutupi kemungkinan jika anak muda juga mengalami penyakit asam urat akibat dari pola hidup yang tidak sehat. Salah satu cara untuk mencegah penyakit asam urat adalah dengan berpuasa. Melakukan puasa secara rutin terbukti dapat membantu mencegah asam urat dan membuat penyakit ini tidak datang lagi. Selain menjalankan puasa ada juga manfaat daun seledri untuk asam urat dan manfaat daun sukun untuk asam urat.

Nah, itulah beberapa manfaat dari puasa utuk kolesterol. Dimana banyak sekali manfaatnya dalam bidang kesehatan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara optimal. Jika Anda rajin melakukan puasa sebanyak dua kali seminggu pada hari senin dan kamis maka dampaknya akan langsung terasa bagi kesehatan.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan