9 Manfaat Daun Iler untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daun iler sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Daun iler memiliki nama latin Coleus atropurpureus Bentham. Nama lain daun iler adalah daun miana atau daun jawer kotok. Daun iler memiliki bentuk seperti hati berwarna merah kehitaman dan memiliki ruas seperti gerigi disepanjang daunnya.

Daun iler memiliki sifat antibiotik yang berasal dari kandungan minyak atsiri yaitu karvakrol dan dapat menghilangkan nyeri yang berasal dari eugenol dan etil salisilat yang dapat menghambat iritasi. Daun Iler memiliki kandungan kimia yang terdapat pada batang dan daunnya yakni tanin, lemak, phyosterol, calcium oxalate dan pectic subtances.

Berbagai manfaat daun iler diantaranya:

1. Mengatasi Wasir

Wasir ialah pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah yang berada didaerah sekitar bokong. Wasir merupakan masalah kesehatan yang jarang menimbulkan gejala. Penggunaan Daun iler memiliki khasiat yang sama seperti manfaat daun andong dalam mengatasi wasir. Salah satu gejala nya ialah pendarahan setelah buang air besar. Penggunaan daun iler dengan mengambil kurang lebih 20 lembar daun iler rebus dengan 5 gelas air dan didihkan hingga diperoleh 1 gelas air, minum satu kali dalam sehari.

2. Mampu Menurunkan Demam

Daun Iler memiliki manfaat untuk meredakan demam berbeda jika anda melihat manfaat bunga air mata ibu. Daun iler juga mampu menurunkan demam dan mengatasi lelah yang ditimbulkan akibat suhu tubuh yang tinggi hal ini memiliki fungsi yang sama dengan manfaat daun pandan dalam mengatasi masalah demam. Penggunaannya dengan memanfaatkan daun dan batang kemudian rebus dengan 2 gelas air, didihkan hingga diperoleh 2 gelas air kemudian minum setengah dari ramuan itu.

3. Melancarkan Menstruasi

Masalah terlambat datang bulan tentunya menjadi hal yang dikhawatirkan bagi perempuan. Kekhawatiran ini dapat berupa ketakutan akan masalah kesehatan rahim hingga penundaan program kehamilan . beberapa hal dapat menjadi penyebab terjadinya keterlambatan datang bulan seperti lelah, kurang tidur, stress, menopause hingga masalah serius seperti kista dan kanker serviks. Masalah ini dapat dibantu dengan penggunaan ramuan tradisional yaitu rebusan daun iler. Ambil 6 lembar daun iler cuci bersih kemudian rebus dalam dua gelas air hingga menyisakan satu gelas, dinginkan kemudian diminum sekaligus.

4. Sebagai Obat Luka

Sifat antibiotik pada daun iler sangan bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Ambila beberapa helai daun iler kemudian remas-remas hingga airnya keluar kemudian balurkan serta tempelkan sekitar 10menit pada bagian tubuh yang terluka.

5. Obat Mata

Iritasi yang terjadi pada mata dapat diringankan dengan daun iler. Dapat dilakukan dengan mengompreskan daun iler pada mata, cuci bersih daun iler dan potong-potong jangan sampai hancur dan kompreskan ke mata biarkan sekitar 10 menit.

6. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Daun Iler dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, gunakan 10 lembar daun iler kemudian rebus dengan 3 gelas air dan didihkan sisakan hingga 1 gelas. Minum ketika mengalami gangguan pencernaan, ketika sudah membaik hentikan penggunaan.

7.  Mengatasi Keputihan

Keputihan merupakan maslah yang sering terjadi pada kaum wanita, ketika mengalami keputihan, seorang wanita akan mengeluarkan lendir dari vaginanya. Lendir yang diproduksi kelenjar dalam vagina dan serviks atau leher rahim ini akan keluar sambil membawa sel-sel mati serta bakteri sehingga vagina tetap bersih dan merupakan kondisi dimana mencegah vagina dari infeksi dan iritasi, jika masih dalam batas normal keputihan tidak perlu di khawatirkan yang perlu diwaspadai ialah ketika keputihan menimbulkan gejala yang tidak normal

8. Mengatasi Askariasis (Infeksi Cacing Gelang)

Askariasis adalah infeksi yang disebabkan oleh cacing gelang, dimana cacing ini bisa tumbuh dan berkembang di usus manusia. Askariasis disebabkan oleh kebersihan yang tidak terjaga. Seperti yang sudah dijelaskan diatas kandungan kimia yang ada pada daun iler memberikan efek farmakologis yang seperti layaknya obat cacing. Ambilah daun iler sebanyak 7 lembar kemudian haluskan dan campurkan setengah gelas air dan tambahkan madu, lalu disaring dan minum sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.


9. Mengatasi Diabetes

Daun Iler memiliki fungsi yang sama dengan manfaat Daun Binahong untuk Diabetes. Gunakan batang, daun dan bunga dari tumbuhan ini, kemudian rebus dengan air sebanyak satu liter air hingga mendidih, minum dua kali sehari setengah gelas pagi dan sore hari.

Berbagai manfaat pengobatan tradisional dengan menggunakan daun iler merupakan alternatif sederhana guna mengatasi masalah kesehatan ringan, tetap konsultasikan kesehatan secara rutin untuk mencegah terjadinya gejala penyakit yang lebih berbahaya.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan