4 Manfaat Rimbang untuk Asam Urat yang Belum Diketahui

Bagi sebagian orang mungkin kurang familiar dengan jenis tumbuhan yang satu ini berbeda jika anda melihat manfaat daun salam dan sereh, terlebih bagi masyarakat modern yang kurang mengenal tumbuhan jenis sayur ataupun buah tradisional. Salah satu jenis tumbuhan yang biasanya dimanfaatkan sebagai sayur yang saat ini sudah mulai dilupakan yaitu rimbang. Rimbang atau biasa dikenal dengan nama tongkak atau trung pipit secara ilmiah memiliki nama Solanum torvum Sw. dan rimbang sendiri merupakan salah satu tumbuhan dari spesies terung- terungan.

Walaupun termasuk dalam tumbuhan jenis terung- terungan, rimbang sendiri berbeda dengan tanaman terung pada umumnya. Tumbuhannya cenderung dapat tumbuh tinggi sedangkan buahnya berkelompok dengan ukuran cenderung kecil. Hal ini tentunya karena rimbang merupakan jenis tumbuhan semak kecil yang dapat tumbuh mencapai ketinggian sekitar 5 m, walaupun kebanyakan rimbang yang kita temui hanya berkisar hingga 2 m. berbeda dengan tumbuhan terung berbeda jika anda melihat manfaat kunyit dicampur kayu manis, rimbang memiliki duri di hampir semua bagian tumbuhannya.

Sedangkan daun rimbang sendiri berbentuk menyerupai bulat telur dengan pangkal enyerupai jantung.  Untuk panjang daunnya sekitar 7 hingga 20 cm dengan lebar sekitar 4 hingga 18 cm, sedangkan untuk tangkai perbungaannya sendiri cenderung pendek dan memiliki banyak sekali cabang. Bunganya banyak, bergerombol dan berwarna putih cerah sedangkan tengahnya berwarna kuning.  Awalnya rimbang tersebar di wilayah Antilla, namun seiring berkembangnya era perdagangan dan IPTEK, rimbang tersebar hingga ke wilayah Indonesia.

Tumbuhan rimbang di alam liar dapat ditemukan di hutan atupun di lahan kosong di wilayah dataran rendah hingga tinggi. Secara umum berbeda dengan manfaat kayu manis cina, rimbang biasanya digunakan  sebagai pelengkap bahan masakan. Banyak sekali orang memanfaatkan rimbang sebagai salah satu bahan pelengkap sambal ataupun kuah ikan. Rasanya yang enak dan khas membuat masakan jadi lebih menggugah selera dan memiliki rasa yang segar.

Selain itu ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi rimbang secara berkala ataupun setiap hari. Walaupun rimbang agak susah ditemui di pasar, namun anda bisa menanamnya sendiri di lahan pekarangan anda. Rimbang sendiri sangat mudah tumbuh dan ditanam, selain itu rimbang sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, rimbang sangat bermanfaat untuk anda yang memiliki riwayat asam urat. Dan berikut merupakan penjelasan seputar manfaat rimbang untuk asam urat.

Manfaat Rimbang untuk Asam Urat

  1. Mencegah Kambuhnya Asam Urat

Bagi anda yang memiliki riwayat asam urat dan sering kambuh, tentunya ini sangat tidak baik untuk kesehatan anda. Anda bisa melakukan berbagai cara untuk mencegah asam urat anda kambuh, seperti melakukan olahraga secara teratur hingga mengatur asupan pola makan anda sehari- hari. Untuk itu berbeda dengan manfaat daun afrika untuk kolesterol, anda bisa mengkonsumsi rimbang secara berkala setiap 3  hari sekali sebagai bahan campuran makanan. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai menu makanan seperti tumis ataupun sambal. Akan lebih nikmat jika anda mencampurnya dalam masakan berbahan sayur.


  1. Mengatasi Asam Urat

Selain mencegah, rupanya rimbang memiliki banyak sekali kandungan zat serta nutrisi yang sangat baik bagi anda dengan riwayat asam urat. Salah satunya yaitu mengatasi asam urat yang sedang kambuh. Caranya sangat mudah berbeda dengan manfaat sayur tomat untuk kulit, anda bisa menjadikannya sebagai minuman. Pilih buah rimbang yang berkualitas baik dan cuci lalu potong menjadi 2 bagian terlebih dahulu. Setelah itu rebuslah air hingga mendidih dan masukkan rimbang. Rebus selama 3 menit dan seduh dalam 2 buah cangkir atau gelas. minum air rebusan rimbang selagi hangat, maka berangsur- angsur asam urat anda mulai mereda.

  1. Mengurangi Nyeri Asam Urat

Kebanyakan penderita asam urat akan mengalami nyeri dibagian kakinya terutama pada daerah betis. Untuk meredakan nyerinya sangat mudah, selain anda dapat meminum obat, anda juga bisa menghilangkannya dengan cara alami. Yaitu meminum air rebusan rimbang. Rimbang sendiri memiliki kandungan zat yang dapat mengurangi bahkan menghilangkan rasa nyeri yang anda rasakan saat asam urat anda kambuh. Minumlah air rebusan rimbang selagi hangat dan jangan lupa untuk menghindari beberapa jenis makanan seperti kacang- kacangan.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Selain nyeri, terkadang ketika anda mengalami asam urat maka sistem peredaran darah di bagian tubuh bawah akan terganggu sehingga menimbulkan nyeri yang bertambah. Untuk itu anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi rimbang. Kandungan nutrisi pada rimbang selain dapat mengurangi rasa nyeri juga mampu melancarkan peredaran darah. sehingga anda juga tidak akan mengalami kram ataupun kesemutan.

Itulah berbagai manfaat dari rimbang untuk asam urat, jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan anda. Pola makan dan asupan tentunya sangat penting dan dapat mempengaruhi kondisi tubuh anda, apalagi jika anda memiliki riwayat asam urat. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran