Manfaat Mencabut Uban

Uban menjadi salah satu ukuran tertentu ketika usia kita semakin tua. Munculnya uban menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan meskipun beberapa orang menanggapinya dengan santai. Uban adalah rambut putih yang muncul pada usia pertengahan. Namun sekarang banyak anak muda atau remaja yang mulai memiliki masalah dengan rambut beruban. Banyak orang yang mengambil berbagai langkah untuk mengatasi uban, mulai dari mencabut atau mewarnai ulang rambut. Semua pilihan ini tergantung pada setiap indivudi.

Penyebab Uban

Laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan uban ketika usia semakin tua. Berbagai jenis perawatan pada rambut juga bisa menjadi alasan kerusakan sel pigmen pada rambut. Dibawah ini adalah berbagai macam penyebab uban.


1. Usia Semakin Tua

Ketika usia semakin tua maka uban akan muncul secara otomatis karena sel pada kulit kepala yang memberikan pigmen sudah mengalami kerusakan. Sel pigmen tidak bisa bekerja dengan baik sehingga warna rambut akan berubah. Bahkan uban bisa terlihat sangat kaku atau seperti rambut yang kekurangan nutrisi. Uban antara usia 50 an sangat wajar, namun tidak normal untuk anak muda yang baru berusia belasan tahun. Meskipun kondisi ini juga sangat sering terjadi.


2. Pengaruh Etnis Tertentu

Dibandingkan dengan orang-orang di barat seperti Australia, Amerika dan Eropa sebenarnya orang-orang di Asia memiliki uban dalam usia yang lebih tua. Pigmen rambut asli orang Asia adalah hitam dan warna ini sangat kuat dibandingkan warna rambut orang-orang barat yang lebih banyak berwarna cerah. Orang-orang etnis barat banyak memiliki warna rambut cerah seperti pirang, orange atau warna lain. Perubahan uban akan lebih mudah terjadi pada rambut dengan warna dasar pigmen seperti itu.


3. Gaya Hidup

Pengaruh gaya hidup terhadap perkembangan uban juga sangat besar. Kebiasaan merokok dan minum alkohol bisa membentuk uban yang lebih cepat dibandingkan untuk orang yang memiliki gaya hidup lebih sehat. Kebiasaan merokok dan minum alkhol akan menekan penyerapan vitamin B12 yang penting untuk menjaga pigmen rambut dan kulit kepala yang sehat. Jadi jika Anda ingin melindungi rambut dari uban maka sebaiknya Anda juga mulai dari kebiasan hidup sehat.


Kebiasaan Merubah Warna Rambut

Kebiasaan merubah warna rambut dengan berbagai jenis cat rambut yang mengandung bahan kimia juga sangat buruk untuk mempertahankan warna asli rambut. Berbagai jenis bahan kimia bisa merusak rambut ketika nutrisi rambut mulai tidak seimbang dan rambut kekurangan perlindungan karena serangan berbagai bahan kimia pada rambut.


Stres

Jika Anda stres dan tertekan maka akan membuat kesehatan rambut terus menurun. Selain masalah rambut rontok maka Anda juga bisa mengalami perubahan rambut menjadi uban dalam waktu yang sangat cepat. Uban akan bertahan dalam beberapa bagian rambut dan terkadang menyebar dengan sangat cepat.


Banyak orang yang ingin mencabut uban karena malu terutama ketika orang yang masih muda dan sudah memiliki uban. Banyak pertimbangan yang dilakukan sebelum mencabut uban. Dari semua masalah dan manfaat mencabut uban, maka sebenarnya hanya sedikit manfaat dari mencabut uban. Berikut ini adalah beberapa manfaat mencabut uban dalam jangka pendek.

1. Membuat Lebih Percaya Diri

Orang-orang banyak yang tidak ingin terlihat memiliki uban. Uban menjadi masalah pada penampilan. Semua orang mungkin akan memperhatikan uban yang Anda miliki. Ketika Anda datang ke tempat umum maka semua orang akan melihat kepala Anda dipenuhi dengan uban. Jadi mencabut uban bisa membuat penampilan menjadi lebih percaya diri. Namun mencabut uban sebaiknya hanya dilakukan ketika uban ada dalam jumlah yang sedikit.

2. Mengurangi Rasa Gatal

Pertumbuhan uban atau perubahan warna rambut normal menjadi uban terkadang membuat kulit kepala dekat rambut yang beruban menjadi sangat gatal. Mencabut uban akan meninggalkan sensasi yang sedikit sakit dan nyaman untuk kulit kepala. Bahkan sensasi rasanya bisa mencapai bagian dalam dan membuat seseorang menjadi sangat nyaman.

3. Mencegah Rambut Mati

Rambut yang beruban juga terkadang menyebabkan pertumbuhan rambut mati disekitarnya. Rambut mati adalah istilah dari rambut yang memang sudah tidak hidup terlihat dengan ciri-ciri, kaku, warna yang pudar, berdiri dan sangat kusam. Mencabut uban bisa mengurangi potensi tumbuhnya rambut mati.

4. Membuat Rambut Tampak Lebih Sehat

Banyak orang yang menilai bahwa mencabut uban juga bisa membuat penampilan rambut menjadi lebih sehat. Hal ini bisa terjadi karena rambut akan terlihat dengan satu warna saja. Namun jika Anda memiliki banyak uban tentu sangat sulit untuk mencabut semua uban yang ada dalam di atas kulit kepala.

Efek Samping Mencabut Uban

Mencabut uban mungkin akan menjadi kebiasaan Anda ketika Anda menemukan satu uban di kepala. Anda mulai akan mencari uban-uban lain dan kemudian akan merasakan keinginan untuk terus menemukan uban dan mencabutnya. Tindakan mencabut uban juga memiliki efek samping yang cukup serius. Berikut ini adalah beberapa masalah dari akibat mencabut uban.

1. Mencabut uban akan membuat jumlah rambut diatas kepala terus berkurang.

Jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus maka Anda akan merasa rugi karena jumlah rambut yang berkurang dan membuat rambut menjadi lebih tipis. Bahkan jika Anda memiliki uban dalam jumlah yang banyak maka mencabut uban akan membuat kerugian ini.

2. Kebiasaan mencabut uban juga bisa merusak jaringan sehat pada bagian dalam kulit kepala.

Mencabut uban memang biasanya dilakukan dengan tekanan sehingga semua akar akan tercabut. Namun kebiasaan ini ternyata juga bisa merusak folikel rambut dan saraf rambut di sekitarnya. Bahkan jika kerusakan sangat parah maka bisa menyebabkan jumlah uban akan semakin banyak.

3. Kebiasaan mencabut uban juga bisa menjadi infeksi pada bagian dalam kulit kepala.

Infeksi mungkin tidak akan terlihat secara langsung karena biasanya akan terasa setelah beberapa waktu. Kebiasaan mencabut uban dengan alat yang tidak bersih juga bisa meninggalkan masalah untuk kesehatan kulit kepala.

4. Pertumbuhan rambut dan kebiasaan mencabut uban memang tidak seimbang.

jika kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus maka mencabut uban akan menyebabkan rambut lebih tipis dan juga botak.

Tips Mencegah Rambut Uban

Pertumbuhan uban memang tidak dapat dicegah jika hal itu disebabkan karena masalah pertambahan usia. Namun jika Anda masih muda dan ingin mendapatkan rambut yang terus sehat, maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini.

1. Gunakan minyak kepala sebagai minyak alami atau pelembab sebelum mencuci rambut.

Anda bisa menggunakan manfaat minyak kelapa seperti tonik alami karena minyak kepala juga bisa berfungsi menambah volume rambut, membuat rambut tetap hitam, membantu rambut mempertahankan warna, dan membuat kulit kepala tetap sehat.

2. Gunakan Manfaat air lemon sebagai masker rambut.

Anda bisa menggunakan air lemon sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah rambut beruban. Caranya adalah dengan menggunakan air lemon sebelum mencuci rambut. Tinggalkan di rambut dan kulit kepala sekitar 30 menit, kemudian cuci bersih.

3. Gunakan Manfaat minyak almond untuk membuat kulit kepala dan mempertahankan warna rambut asli.

Bahan minyak almond banyak mengandung bahan –bahan alami yang diolah dari kacang almond. Kandungan protein dalam minyak almond juga bisa membantu pertumbuhan rambut yang sehat.

Jadi, jika Anda memiliki uban maka ada dua pilihan yaitu mencabutnya atau membiarkan secara alami. Anda juga bisa tetap melakukan perawatan agar rambut tetap sehat dan mencegah uban agar tidak tumbuh dengan cepat.

,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan