6 Manfaat Bermain Ice Skating

Bagi Anda yang menyukai olahraga atau permainan berseluncur seperti sepatu roda, ice skating bisa menjadi alternatif lainnya apabila Anda menginginkan sesuatu yang baru. Secara keseluruhan, ice skating memang menyerupai sepatu roda. Yang mana, olahraga atau permainan ini menggunakan sepatu sebagai alat utamanya. Bedanya, pada ice skating posisi roda digantikan oleh selaras besi di tengah yang menjadi tmupuan ketika sedang meluncur. Ditambah lagi, dalam melakukan ice skating digunakan area khusus untuk bisa melakukannya yang disebut ice ring. Ice ring sendiri merupakan area es, entah buatan atau alami, yang merupakan area khusus dalam olahraga atau permainan ice skating sehingga akan diperlukan sarung tangan dan juga jaket apabila Anda tidak tahan terhadap dingin.

Dalam sejarahnya, olahraga atau permainan ice skating sudah ada sejak 400 tahun lalu di Finlandia Selatan. Yang mana, ice skating dulunya merupakan suatu sarana untuk menikmati keindahan seni berjalan di atas es. Namun seiring berkembangnya zaman dan teknologi, ice skating akhirnya juga muncul di dunia olahraga yang merupakam seni beradu ketangkasan, baik berjalan maupun melakukan gaya-gaya tertentu dalam menjaga keseimbangan dan meluncur di atas es, sebagaimana kita ketahui bahwa es itu licin. Perkembangan olahraga es skating sendiri akhirnya terbagi menjadi 3 olahraga musim dingin yang populer, yaitu Speed Skating, Figure Skating, dan Ice Dancing.

Lantas bagaimana dengan Indonesia?

Di Indonesia sendiri, ice skating memang belum menjadi salah satu olahraga pro. Tetapi hanya sebatas permainan biasa yang biasanya dilakukan untuk bersenang-senang bersama teman dan keluarga. Hal ini dikarenakan lokasi ice ring yang sangat terbatas, di mana fasilitas ini hanya bisa ditemui di ibukota Jakarta. Bermain ice skating sendiri sejatinya tidak memerlukan keahlian khusus sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk anak-anak sekalipun. Satu hal yang harus dilakukan hanyalah bagaimana caranya untuk menjaga keseimbangan tubuh ketika berdiri, berjalan, bahkan meluncur di ice ring.

Oleh karena itu, janganlah ragu-ragu bagi yang ingin mencoba bermain ice skating karena permainan ini juga memiliki manfaat tersendiri. Dari beberapa manfaat yang bisa diperoleh ketika bermain ice skating terutama bagi anak-anak, antara lain:

1. Melatih Keseimbangan Tubuh

Satu hal yang pasti dari bermain ice skating ialah menjaga keseimbangan tubuh selama berada di ice ring. Sedemikian sehingga permainan ini akan memaksa Anda untuk menjaga bagaimana caranya menyeimbangkan tubuh di atas permukaan es yang licin. Dengan kata lain, permainan ice skating bermanfaat untuk melatih keseimbangan tubuh Anda.

2. Membantu Perkembangan Sensor Motorik

Khusus bagi anak-anak, manfaat ice skating ini juga akan membantu perkembangan sensor motoriknya. Hal ini dikarenakan setiap gerakan yang dilakukannya untuk menjaga keseimbangan selama bermain ice skating, akan membantu peningkatan sensor motorik di tubuhnya. Sedemikian sehingga apabila seorang anak semakin mampu menyeimbangkan diri di atas ice ring, maka perkembangan sensor motorik berarti semakin baik.

3. Melatih Kinerja Otot-Otot Kaki

Sama hal ketika sedang bermain sepatu roda, bermain ice skating juga akan membantu Anda melatih otot-otot kaki, yaitu mulai dari tumit, betis hingga paha. Hal ini dikarenakan kaki merupakan tumpuan akhir ketika menjaga keseimbangan. Sedemikian sehingga akan mendorong otot-otot kaki untuk berkerja ekstra karena Anda berusaha agar tidak jatuh. Oleh karena itu, kerja ekstra yang dilakukan otot-otot kaki, secara tidak langsung juga akan melatih kinerja dari otot-otot kaki tersebut, mulai dari tumit, betis, hingga paha.

4. Melangsingkan Tubuh

Selaim itu, khusus bagi kaum wanita, permainan ice skating dapat membantu melangsingkan tubuh. Yang mana, sebuah penelitian di Swiss yang menyebutkan bahwa seorang wanita yang rutin bermain ice skating memiliki tubuh lebih langsung daripada wanita yang tidak pernah bermain ice skating. Hal ini dikarenakan ice skating menjadi olahraga yang dua kali lipat lebih bagus daripada fitness dan juga aerobik. Di samping itu, korelasi yang mungkin juga bisa terjadi ialah area yang dipakai untuk bermain ice skating merupakan area dingin sehingga dimungkinkan untuk mudah mengalami berat badan turun.

5. Sarana Refreshing dan Rekreasi

Khusus di Indonesia karena ice skating memang belum menjadi olahraga pro, maka permainan ice skating akan menjadi ajang refreshing dan rekreasi yang bisa dilakukan bersama teman maupun keluarga. Sebagai sarana refreshing karena permainan ini merupakan permainan yang sangat menyenangkan, apalagi bila dilakukan secara beramai-ramai, seperti dengan teman-teman maupun keluarga. Sedangkan sebagai sarana rekreasi karena permainan ini masih tergolong langka di Indonesia, di mana hanya ada di kawasan ibukota Jakarta.

6. Melatih Kehati-hatian

Dalam menjaga keseimbangan saat bermain ice skating, secara tidak langsung Anda juga berusaha agar selalu berhati-hati sehingga tidak terjatuh ketika sedang berdiri, berjalan, bahkan meluncur menggunakan sepatu skate di atas permukaan ice ring yang licin. Sedemikian sehingga dalam bermain ice skating Anda juga melatih kehati-hatian, yaitu menjaga supaya tetap seimbang agar tidak terjatuh.

Demikian beberapa manfaat ice skating yang dapat diperoleh dari olahraga ini. Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum bermain ice skating ialah melakukan pemanasan sebelumnya agar badan tidak terlalu kaku ketika dituntut untuk seimbang di permukaan yang licin seperti es, terutama kaki yang menjadi tumpuan akhir.

Sejumlah manfaat olahraga lainnya yang wajib dicoba :