5 Manfaat Terapi Komplementer Pada Kesehatan Tubuh

Terapi komplementer merupakan teknik terapi yang tidak menggunakan teknik bedah atau medis dalam prosesnya atau biasanya terapi komplementer ini juga lebih dikenal sebagai pengobatan alternatif. Jika mendengar pengobatan alternatif mungkin anda sudah terbiasa mendengarnya bukan? Ya, inilah yang disebut sebagai terapi komplementer dimana pengobatannya memadukan dari sentuhan seperti pijat, obat herbal dan peralatan lainnya namun bukan peralatan pengobatan dalam medis.

artikel terkait:

Menurut penelitian yang dilakukan keberhasilan dari terapi komplementer ini lebih ditekankan pada sugesti pasien karena tindakan medis tidak dilakukan didalamnya. Namun teknik yang digunakan dalam terapi komplementer juga bermanfaat bagi tubuh. hal yang perlu diwaspadai dari terapi komplementer adalah tidak adanya standarisasi teknik yang digunakan dalam terapi pada setiap terapis sehingga tidak bisa dilacak mana terapis yang benar-benar baik dan paham dengan terapi dan mana yang tidak.

Manfaat terapi komplementer

Berikut ini adalah manfaat terapi komplementer dari beberapa teknik terapi komplementer yang paling banyak diminati oleh masyarakat.

  1. Akupuntur

menurut struktur bahasa, akupuntur berarti tusuk jarum dalam bahasa Indonesia. akupuntur merupakan salah satu teknik terapi komplementer yang sudah ada sejak zaman dahulu. Teknik terapinya adalah dengan menusukkan jarum pada bagian titik saraf tertentu di tubuh manusia. Terapi akupuntur ini tidak boleh dilakukan sembarangan dan terapis harus sangat paham dengan titik syaraf tubuh manusia karena jika tidak dapat menyebabkan kegagalan terapi bahkan menimbulkan penyakit baru. Berbagai penyakit yang dapat diatasi oleh  terapi akupuntur adalah:

  • Nyeri, seperti nyeri kepala, nyeri sendi, nyeri lambung, nyeri lutut dan nyeri punggung.
  • Gangguan fungsional tubuh seperti asma, mual, sembelit, gangguan haid, telinga berdenging, tekanan darah tinggi, iritasi usus besar, insomnia, morning sickness, dan vertigo.
  • Penyakit saraf, misalnya kelumpuhan saraf, saraf terjepit, hemiparesis, kesemutan, dan lainnya.
  • Serta berbagai gangguan kesehatan lainnya seperti kecanduan rokok, meningkatkan stamina, disfungsi ereksi dan obesitas.

artikel terkait: manfaat sabun govemanfaat terapi ozon

  1. Chiropractic

Chiropractic merupakan terapi yang ditujukkan untuk memperbaiki tulang belakang. Terapi komplementer jenis ini dapat menggunakan tangan atau alat terapi khusus namun tujuan utamanya sama. Seluruh tubuh manusia dilindungi oleh tengkorak dan tulang belakang sehingga sering terjadi sublukasi atau gangguan posisi pada tulang belakang. Ini cukup berbahaya karena dapat menyebabkan gangguan pada syaraf seluruh tubuh. berbagai gejala dari adanya kelainan tulang belakang ini yang dapat dikoreksi dengan terapi chiropractice antara lain adalah:

  • Sakit kepala terutama yang terasa pada bagian tengkuk dan dahi
  • Sakit pinggang
  • Migraine
  • Nyeri punggung
  • Lutut sakit
  • Kesemutan
  • Pegal saat hamil

artikel terkait: manfaat daun binahong untuk lovebirdmanfaat daun salam bakar


  1. Terapi medan magnet

Terapi komplementer selanjutnya adalah terapi medan magnet. Seperti namanya terapi ini memang menggunakan benda magnet sebagai alatnya. Sejak zaman dahulu orang percaya bahwa medan magnet mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan yang dialami oleh manusia seperti masalah kebotakan sampai asam urat. Belum lama ini juga ditemukan alat magnet yang mampu menyembuhkan penyakit stroke.

artikel terkait: manfaat daun salam kojamanfaat daun kelor untuk kanker

  1. Terapi energi

Terapi energi dilakukan dengan menggabungkan beberapa jenis energi yang berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh. energi merupakan hal penting dalam tubuh sehingga terkadang perlu dimanipulasi supaya keberadaannya tetap stabil dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat daun sirih hitammanfaat daun oregano

  1. Reiki

Terapi reiki dilakukan dengan cara mentransferkan energi dari satu orang ke orang lainnya. ini dilakukan oleh para ahli yang sudah berpengalaman. Saat ini banyak pasien telah membuktikan bahwa terapi reiki cukup ampuh dan mampu menyembuhkan lebih cepat.

artikel terkait: manfaat muncangmanfaat jengkol tua

Itulah ulasan mengenai manfaat dari terapi komplementer. Anda bisa mencoba salah satu dari terapi yangg ada supaya tubuh anda tetap sehat dan bugar.

Terima kasih dan semoga bermanfaat

, ,
Post Date: Sunday 09th, July 2017 / 16:15 Oleh :
Kategori : Solusi Kesehatan