22 Manfaat Muncang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Muncang atau biasa dikenal sebagai kemiri sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan, namun Tahukah anda bahwa di dalam kemiri memiliki kandungan asam oleat asam linoleat asam linolenat dan kandungan-kandungan lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Selain digunakan sebagai bumbu dalam masakan kemiri juga sering digunakan sebagai minyak namun kemiri juga memiliki manfaat lain yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan. Adapun berbagai manfaat yang akan kita dapatkan dari Muncang atau kemiri adalah:

Baca Juga:

Manfaat Muncang

  1. Menghitamkan rambut

Dengan menggunakan minyak Muncang atau kemiri pada rambut dapat bermanfaat untuk membuat rambut menjadi lebih hitam dan berkilau. Untuk itu bagi Anda yang menginginkan rambut hitam dan berkilau anda dapat menggunakan minyak Muncang atau kemiri ini sebagai cara untuk mengatasinya. Selain memanfaatkan muncang, anda dapat memanfaatkan manfaat daun sirsak untuk menjaga kesehatan rambut anda, selain itu manfaatkan pula manfaat hair tonic untuk menjaga kelembaban rambut.

Baca Juga:

  1. Mencegah kerontokan rambut

Kandungan yang terdapat di dalam Muncang bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut, sehingga kita dapat terhindar dari kerontokan rambut. Untuk itu bagi Anda yang ingin terhindar dari kerontokan rambut Anda dapat menggunakan Muncang sebagai obatnya.

  1. Mempercepat pertumbuhan rambut

Menceng atau kemiri memang terkenal untuk membantu kesehatan dan kesuburan rambut untuk itu kandungan terdapat di dalam Muncang dapat mempercepat pertumbuhan rambut. (Baca Juga: Manfaat Mewarnai Rambut)

  1. Digunakan sebagai bumbu masakan

Dengan mencampurkan Muncang atau kemiri dalam masakan akan membuat masakan menjadi wangi dan memiliki rasa yang sedap. Sehingga rasa yang sedap dan bau yang nikmat membuat seseorang yang akan menikmatinya lebih berselera. (Baca Juga: Manfaat semangka kuning , Manfaat semangka untuk asam urat)

  1. Digunakan sebagai bahan kosmetik

Kandungan asam linoleat yang terdapat di dalam Muncang dapat digunakan untuk anti radang, mengurangi resiko timbulnya jerawat, serta melembabkan kulit. sehingga Muncang atau kemiri sering digunakan sebagai bahan kosmetik. Kosmetik cenderung digunakan untuk mempercantik. Cantik dapat diperoleh secara alami seperti memanfaatkan manfaat cengkeh untuk kecantikan dan manfaat wortel untuk kecantikan pula.

  1. Sebagai obat gosok

Minyak Muncang dapat digunakan sebagai obat gosok untuk menghilangkan masuk angin dan juga pegal-pegal. Cara menggunakannya sama seperti minyak kayu putih atau minyak gosok lainnya.

  1. Digunakan sebagai bahan bakar industri

Ngunjang juga dapat digunakan sebagai bahan bakar industri, karena memang banyak sekali berbagai manfaat dari kandungan Muncang. (Baca juga : Manfaat ketumbar untuk darah tinggi , Manfaat daun alpukat bagi hipertensi)

  1. Mengatasi rambut beruban

Saat ini rambut beruban tidak hanya tumbuh pada usia tua namun dapat tumbuh pada usia muda, untuk mengatasi rambut beruban anda dapat menggunakan minyak dari Muncang ini. (Baca Juga: Manfaat komatsuna merah , Manfaat belimbing untuk hipertensi)

  1. Mengobati sakit diare

Salah satu manfaat dari Muncang adalah dapat digunakan untuk mengobati sakit diare, Muncang atau biasa disebut kemiri memiliki berbagai manfaat untuk pencernaan. Diare juga dapat diatasi pula dengan memanfaatkan manfaat daun jambu biji. (Baca Juga: Manfaat jus strawberry jeruk , Manfaat buah kokosan )

  1. Mengobati sariawan

Kandungan yang terdapat di dalam Muncang sangat banyak manfaatnya salah satunya kandungan yang terdapat di dalam Muncang sangat baik digunakan untuk mengatasi sariawan. Dapat mengatasi sariawan dengan baik karena banyak mengandung manfaat vitamin C. sehingga tak hanya baik untuk sariawan saja tetapi juga menjaga kesehatan kulit dan lain sebagainya. (Baca Juga: Manfaat mengkudu untuk hipertensi)

  1. Mengatasi infeksi jamur

Salah satu manfaat dari Muncang adalah untuk mengatasi infeksi jamur, infeksi jamur seperti panu memang tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kematian namun infeksi jamur seperti panu akan membuat seseorang menjadi tidak nyaman bahkan membuat seseorang menjadi minder.  (Baca Juga: Manfaat Buah Naga Bagi Kulit , Manfaat Kulit Sapi)

  1. Mengobati demam

Untuk mengobati demam dengan muncang adalah mengambil minyak Muncang secukupnya lalu tambahkan lah 15 gram akar Pulutan dan rebuslah kedua bahan tersebut menggunakan air secukupnya biarkan sampai mendidih selanjutnya saring dan minumlah selagi ramuan tersebut masih hangat. (Baca Juga: Manfaat vitamin A untuk mata , Manfaat teh untuk kesehatan mata)

  1. Mengobati disentri

Kemiri dapat digunakan untuk mengatasi atau mengobati disentri caranya adalah dengan membuat ramuan menggunakan kemiri, serta campuran bahan-bahan lainnya.  (Baca Juga: Manfaat buah ranti , Manfaat buah cupuacu)

  1. Mengobati sakit gigi

Sakit gigi dapat diobati dengan menggunakan getah pohon Muncang caranya adalah dengan mengambil getah pohon Muncang menggunakan kapas selanjutnya tempelkan pada gigi yang terasa sakit. sakit gigi dapat diatasi pula dengan manfaat air garam 

  1. Digunakan sebagai urus-urus

Urus-urus merupakan salah satu cara untuk membersihkan usus dari berbagai macam zat racun yang dimana zat tersebut dibawa menuju usus besar yang akhirnya akan dibuang bersama kotoran. Kemiri dapat digunakan untuk urus-urus caranya adalah dengan mengambil dua buah daging biji kemiri dicuci lalu ditumbuk sampai halus kemudian setelah dengan seperempat gelas air matang yang panas saringlah satuan tersebut dan minumlah ramuan huruf-huruf untuk membersihkan usus dari berbagai racun. (Baca Juga: Manfaat Olahraga Bowling  , Manfaat Terapi Hiperbarik)

  1. Mencerahkan kulit

Kulit yang cerah adalah idaman setiap wanita, kandungan yang terdapat di dalam Muncang akan membantu untuk mencerahkan kulit anda sebab kandungan tersebut akan membantu untuk mengangkat sel kulit mati. (Baca Juga: Manfaat Buah Naga Bagi Kulit)

  1. Membuat awet muda

Awet muda menjadi idaman setiap wanita, Tahukah anda bahwa ternyata Muncang dapat digunakan untuk membuat anda terlihat lebih muda.

  1. Menghaluskan kulit kusam

Muncang juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit kusam sebab kandungan yang terdapat di dalam Muncang sangatlah bermanfaat untuk kesehatan kulit. (Baca Juga: Manfaat buat pir hijau , Manfaat afolat)

  1. Mengatasi jerawat dan flek hitam

Kemiri dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dan flek hitam caranya adalah dengan membuat kemiri menjadi masker untuk wajah.

  1. Mencegah kolesterol jahat

Zat fitosterol yang terdapat di dalam Muncang akan merusak enzim pembentuk kolesterol jahat sehingga Muncang sangatlah bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembentukan kolesterol jahat di dalam tubuh. (Baca Juga: Manfaat kacang tanah untuk kesehatan jantung , Manfaat alpukat untuk kesehatan jantung)

  1. Mencegah penyakit tumor

Kandungan yang terdapat di dalam daging kemiri dapat digunakan untuk mengatasi penyakit tumor, sehingga bagi Anda yang ingin terhindar dari berbagai penyakit tumor anda dapat menggunakan kemiri untuk mengatasinya.

  1. Mengatasi insomnia

Kandungan melatonin yang terdapat di dalam Muncang akan membuat Anda rileks dan membantu untuk Anda cepat tertidur sehingga dengan menggunakan Muncang Anda dapat mengatasi insomnia. (Baca Juga: Manfaat renang bagi wanita , Manfaat vitamin calcimega)

itulah berbagai manfaat yang akan kita dapatkan dari Muncang, Muncang memang memiliki berbagai manfaat karena kandungan kandungan yang terdapat di dalam Muncang sangatlah berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh anda, Anda dapat mengkonsumsi berbagai makanan yang banyak mengandung vitamin serta nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 19th, May 2017 / 01:07 Oleh :
Kategori : Herbal