4 Manfaat Bulu Bebek Bagi Manusia

Bebek merupakan hewan ternak yang paling banyak dikembangbiakkan. Hewan ini berkembangbiak dengan cara bertelur. Selain itu bebek juga merupakan hewan ternak yang bersih dan rapi. Lihatlah kebiasaan bebek sehari-hari mereka senang mandi karena pandai berenang untuk membersihkan diri. Juga bebek saat berjalan mereka biasanya selalu teratur dan tertib.

Baca juga :

Bebek bisa dimanfaatkan baik telur, daging hingga bulunya sendiri. Selama ini belum banyak yang tahu bahwa ternyata bulu bebek bukanlah limbah yang tidak bisa dimanfaatkan sama sekali. Ditangan para peneliti dan keratif bulu bebek dapat disulap untuk dijadikan sebagai berikut ini :

1.Makanan ternak

Bulu bebek mengandung senyawa bernama asam amino yang baik untuk ternak. Kandungan asamamino dalam bulu bebek bisa diambil dengan menggiling terlebih dahulu bulu bebek hingga hancur. Setelah itu campurkan dengan makanan ternak yang biasanya diberi. Aduk hingga merata baru diberikan keternak. Jadi bulu bebek bukanlah limbah yang dibuang begitu saja. Namun manfaatkan juga sebagai pelengkap makanan ternak.

Artikel terkait :

2. Kerajinan tangan

Ditangan para kreatif industri kecil dan menengah bulu bebek yang biasa saja bisa menjadi suatu karya yang bernilai harganya. Salah satu contoh karya yang terbuat dari bulu bebek adalah kerajinan tangan yang jika dijual bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Pernahkah Anda mengunjungi suatu tempat kemudian melihat suatu sovenir yang diatasnya ditempeli bulu seperti bulu bebek.

Sovenir ini merupakan ciri khas suatu daerah dan merupakan pemikat para wisatawan baik yang berasal dari dalam negeri maupun wisatawan yang berasal dari luar negeri. Harga sovenir yang terbuat dari bulu bebek juga bervariasi dijual tergantung bentukda tingkat kerumitan dari pembuatan kerajinan tangan tersebut. Usaha dari para kreatif usaha kecil dan menengah ini patut untuk dikembangkan agar semakin meluas dan berkembang sehingga ikut memberikan kontribusi bagi tempat wisata didaerahnya.


Artikel terkait :

3. Mengisi bantal dan kasur

Bantal dan kasur merupakan kelengkapan untuk tidur yang nyaman setelah seharian berkaktifitas. Biasanya didalam kasur atau bantal terdapat kapas yang membuat bantal ataupun kasur menjadi empuk sehingga tidurpun menjadi nyaman. Seiring dengan waktu keberadaan kapas dapat mengempis sehingga kenyamanan saat tidur diatas kasur atau saat menggunakan bantak menjadi berkurang. Kadang untuk mengembangkan kapas yang ada didalamnya kasur ataupun bantal dijemur dibawah sinar matahari dan sesekali dipukul-pukul dengan menggunakan kayu. Namun ada masanya tindakan tersebut tidak berhasil lagi. Sehingga ksur dan bantal tidak memberikan kenyamanan.

Sebagian orang ada yang memanfaatkan bulu bebek untuk menambah volume kapas didalam kasur dan bantal. Caranya juga cukup mudah Anda tinggal membuka jahitan bantal atau kasur kemudian pilihlah bulu bebek yang berada disekitar dada atau bulu halusnya yang bersih. Setelahnya sisipkan kedalam kapas hingga permukaan bantal dan kasur kembali empuk. Setelah dirasa empuk jahit kembali jahitan bantal dan kasur tersebut.

(Baca juga : Manfaat tidur tanpa bantal)


4. Membuat kemoceng

Manfaat selanjutnya dari bulu bebek adalah sebagai bahan alami untuk membuat kemoceng. Kemoceng digunakan untuk membersihkan debu-debu yang menempel diatas meja dan lemari. Pada era tahun 90-an penggunaan kemoceng yang memang terbuat dari bulu bebek asli sangat banyak diminati. Ini karena kemoceng dari bulu bebek terasa lembut dan membersihkan benda dengan sempurna.

Cara untuk membuat kemoceng dari bulu bebek Anda tinggal sediakan bulu bebek yang halus dan masih mudah. Bulu tersebut kemudian diikatkan pada setangkai kayu dan dihiasi dengan baik sehingga dapat digunakan. Saat sekarang cara untuk membersihkan benda-benda atau perabot rumah sudah lebih beragam ada juga yang menggunakan kemoceng namun bukan berasal dari bulu bebek dan ada juga yang menggunakan lap meja.

Itulah beberapa manfaat dari penggunaan bulu bebek yang dapat di buatkan sebagai kerajinan tangan asli karya negeri sendiri, kemoceng dan sebagai pakan ternak.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 23rd, February 2017 / 03:27 Oleh :
Kategori : Hewan