14 Manfaat Tahitian Noni untuk Kesehatan

Mungkin Anda belum popular dengan salah satu obat herbal ini, Tahitian Noni. Tahitian Noni adalah sebuah obat herbal yang dibuat dengan komposisi bahan-bahan alami berupa 89% ekstrak buah noni dan kombinasi buah anggur atau blueberry sebesar 11%. Sebagian masyarakat mungkin masih asing dengan sebutan buah Noni ini. Di Indonesia, buah noni dengan nama latin morinda citrofolia ini lebih banyak dikenal dengan sebutan buah mengkudu. Buah ini telah diklaim oleh bangsa polinesia sebagai buah ajaib karena dianggap mampu mengatasi berbagai penyakit. Di daerah Asia Tenggara, buah noni terkenal mampu mengobati penyakit mulut dan gusi. Tumbuhan noni terbaik di dunia ada di kepulauan French Polynesia. Masyarakat polinesia sudah mengenal dan memanfaatkan buah noni sebagai obat untuk berbagai penyakit sebelum ditemukannya penelitian bahwa buah noni mengandung khasiat yang berlimpah.

Karena terkenal akan khasiatnya, rupanya membuat buah noni tidak bisa dikonsumsi dengan mudah oleh semua orang. Harganya yang relatif mahal membuat orang susah mendapatkannya. Produk Tahitian Noni Juice yang terkenal di pasaran saat ini mampu menguras dompet seseorang hingga 2,9 juta rupiah lebih. Bayangkan saja, demi mendapatkan sebuah kesembuhan total berapa rupiah uang yang harus dikeluarkan untuk konsumsi Tahitian Noni Juice berbulan-bulan. Namun, uang tak ada harganya demi kesembuhan seseorang. Sebenarnya cukup masuk akal jika harga produk dari buah noni seperti Tahitian Noni itu mahal karena bahan baku buah noni sendiri langsung didatangkan dari negara asalnya di Tahiti sehingga membuat biaya produksi di Indonesia menjadi lebih mahal.

Dalam penelitiannya, DR. Ralph M. Heinicke Ph.D menemukan bahwa buah noni ini mengandung 230 nutrisi dan bioaktif yang bermanfaat untuk kesehatan, 157 sumber nutrisi, 11 vitamin, 11 mineral, 17 asam amino esensial. Berikut ini beberapa kandungan Tahitian Noni dan khasiatnya bagi tubuh:

1. Mengandung beberapa vitamin, diantaranya:

  • Vitamin A – berfungsi menjaga kesehatan mata, antioksidan dalam menangkal radikal bebas, mencegah kanker, penyembuhan luka dan membantu pertumbuhan dan perkembangan embrio pada janin.
  • Vitamin B1 – bermanfaat meningkatkan kesehatan sistem saraf, kulit, rambut, hati, membantu melancarkan pencernaan, meningkatkan selera makan, menghambat penuaan dini serta meningkatkan ketahanan tubuh dalam melawan stress.
  • Vitamin B2 – bermanfaat mengatur reproduksi, mencegah jerawat, menjaga kekebalan tubuh, dan lain-lain.
  • Vitamin B6 – berperan penting dalam memperlancar siklus menstruasi dan kehamilan, mencegah penyakit jantung, membentu perkembangan saraf bayi, dan menjaga kadar gula seseorang.
  • Vitamin B12 – bermanfaat membantu produksi energi, membantu pengaturan syaraf yang sehat, menjaga kesehatan kulit, kuku, dan rambut serta mengurangi resiko kanker.
  • Vitamin C – berperan penting dalam menjadI sistem kekebalan tubuh, mengatasi flu, memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit yang rusak, dan melancarkan peredaran darah sehingga kulit tetap sehat.
  • Vitamin E – berfungsi melindungi tubuh dari racun, mengurangi sindrom pramenstruasi, mengobati diabetes, melawan efek negatif akibat penggunaan obat-obat terlarang, dan lain-lain.

2. Kaya akan mineral

Tahitian Noni terkenal akan kandungan mineralnya, mulai dari magnesium, kalsium, besi, selenium, seng, kalium, natrium. Mineral-mineral ini sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti :

  • kalsium yang berperan penting menjaga kesehatan tulang, mencegah osteoporosis, menjaga kesehatan gigi, menopause.
  • Zat besi berfungsi membentuk hemoglobin yang menjamin sirkulasi darah dan oksigen ke segala organ tubuh, mencegah anemia, menjaga metobolisme tubuh, pengangkutan oksigen, mengatur suhu tubuh agar normal.
  • Sedangkan magnesium berperan sebagai mineral yang mencegah asma, kram, serangan jantung, dan lain-lain.
  • Selenium sebagai antioksidan tubuh, mencegah pembentukan radikal bebas serta kalium yang berperan memperbaiki kadar gula darah dalam tubuh, mengatur tekanan darah, meningkatkan aliran darah, dan memastikan oksigen mengalir ke seluruh organ darah.
  • Selain itu, ada mineral seng yang berperan dalam pertumbuhan dan kematangan seksual, sensasi rasa, dan penyembuhan luka.

Begitulah pentingnya mineral bagi tubuh kita, masing-masing mineral memiliki peran dan fungsi yang berbeda bagi kesehatan tubuh kita.

3. Mengandung Asam Amino

Salah satu kehebatan lain Tahitian Nino adalah kandungan asam aminonya. Asam amino ini penting untuk pencegahan degradasi sel, membentuk antibodi, penyusun protein termasuk enzim. Zat ini banyak digunakan untuk memperbaiki otot, kulit, rambut, dan kuku. Beberapa jenis asam amino yang ada pada Tahitian Noni seperti arginine yang berfungsi mendetoksifikasi hati, serta menjaga kesehatan jantung, asam amino glycine yang memecah glikogen menjadi glukosa ketika tubuh memerlukan energi, dll.

4. Mengandung damnacanthal

Damnacanthal adalah salah satu zat yang terkandung di dalam Tahitian Noni. Zat ini memiliki kandungan anti kanker, anti biotik, anti parasit. Zat anti kanker yang ditemukan di buah noni ini terbukti menjadi zat paling efektif melawan sel-sel abnormal.

5. Mengandung nitric oxide

Nitix oxide di dalam Tahitian Noni berfungsi sebagai neuro transmitter yang berperan mentransormasi sinyal dalam metabolism tubuh. Selain itu, nitric oxide juga mengatur elastisitas pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi lancar, melebarkan pembuluh darah paru yang dapat memperbaiki pernapasan dengan baik.

6. Mengandung alizarin

Alizarin adalah zat yang terbukti ada di buah noni atau mengkudu. Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa zat ini memiliki kekuatan melawan bakteri-bakteri infeksi, seperti bakteri salmonella dan shigella yang mematikan. Zat alizarin juga berfungsi sebagai memutuskan hubungan pembuluh darah ke tumor sehingga tumor tidak berkembang, dan efektif melawan leukemia.

7. Kaya akan terpenoid

Terpenoid adalah sejenis senyawa yang banyak membantu tubuh dalam proses sintesa organik. Zat-zat terpen ini memiliki kekuatan sebagai zat anti mikroba, zat yang mampu melawan golongan bakteri, zat yang mampu mencegah pembelahan sel ganas seperti kanker dan leukemia dan mampu membuat sel ganas tersebut untuk bunuh diri, dan juga anti alergi.

8. Mengandung glycoside

Glyside yang ada dalam buah Tahitian Noni memiliki manfaat yang penting bagi organ vital di dalam tubuh manusia, salah satunya merawat kesehatan jantung dan anti radang flavonol glycoside. Selain itu, zat glucoside juga berfungsi menghitamkan rambut dan menyehatkan rambut dari akarnya.

9. Anti mikroba dan anti kanker karena adanya polysacharida

Polysacharida merupakan karbohidrat yang terbuat dari unit gula yang terikat bersama. Lebih tepatnya, polysacharida adalah rantai sederhana dari gula seperti glukosa, fruktosa. Selain sebagai anti mikroba dan anti kanker, zat ini juga berupa glikogen atau pati yang dihidrolisa dalam saluran pencernaan oleh amilase. Sedangkan polisakriba dalam bentuk selulosa merupakan sumber serat dalam makanan.

10.  Ampuh menurunkan tekanan darah, adanya scopoletin

Scopoletin adalah senyawa yang memiliki aktivitas dalam merawat dari berbagai penyakit akibat peradangan. Selain itu zat ini juga memiliki kemampuan menghilangkan gejala akibat alergi, menormalkan dan menurunkan tekanan darah, memperlancar peredaran daarah dengan memperlebar pembuluh darah yang mengalami penyempitan, mengurangi depresi dengan mengatur hormon serotonin dan melawan bakteri dalam tubuh.

11.  Berfungsi meremajakan sel

Ratusan riset yang pernah dilakukan menemukan bahwa khasiat Tahitian Noni yang popular adalah adanya kandungan proxeronine. Zat ini memiliki fungsi yang sangat vital bagi kesehatan sel, mengaktifkan, meremajakan dan meregenerasi sel. Riset menunjukkan bahwa zat ini mampu meregenerasi sel-sel yang sudah mati menjadi berfungsi lagi, meningkatkan kekebalan tubuh manusia karena zat ini mampu memperbaiki sel-sel yang rusak.

Bagi penderita stroke, zat ini jelas mampu merevitalisasi struktur sel yang rusak, mengembalikan nadi koroner pada jantung koroner. Zat proxeronine berfungsi penuh membuka pori-pori sel sehingga dapat mengeluarkan racun secara maksimal dan dengan mudah menyerap nutrisi atau obat.

12.  Adanya anggur dan blueberry sebagai anti oxidant, resveratol, pterostilbene (anti kolesterol).

Antioksidan yan terdapat pada buah anggur dan bluberry mampu melindungi kult dari efek radikal bebas, mencegah penuaan dini, mencegah noda hitam dan flek di kulit, serta membuat kulit tetap sehat dengan memperlancar peredaran darah yang ada di kulit. Zat resveratrol dalam buah anggur dan blueberry berfungsi meremajakan otak, memperbaiki jantung, meningkatkan endotel untuk kesehatan jantung, dan mempengaruhi metabolism lemak agar terjadi pernurunan berat badan secara alami.

Selian itu, resveratrol juga dapat meningkatkan oksigenasi otak yang dpat meningktakan kapasitas memori otak dan kognisi, menghambat pembentukan sel lemak sehingga dapat melawan obesitas. Meringankan peradangan yang disebabkan penyakit kanker, jantung, Alzheimer.

13.  Memiliki kandungan antharaquinone sebagai anti kristal, anti tumor, anti jamur, anti radang.

Dalam Tahitian Noni, antharaquinone berfungsi lebih kuat dibandingkan sulphoraphane yang ada pada buah brokoli dalam membantu menghilangkan bahan kimia penyebab kanker sebelum kanker tersebut merusak DNA manusia, serta mencegah tumor jamur juga peradangan.

14.  Terhindar dari kolesterol

Salah satu kolesterol yang ada pada Tahitian Noni adalah sterol yang memiliki fungsi sebagai anti kolesterol dan pengencer darah.

Itulah beberapa manfaat tahitian Noni. Banyak penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi obat herbal yang terbuat dari buah noni atau mengkudu serta ektrak buah anggur dan blueberry.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal