8 Manfaat Daun Andong Merah untuk Pengobatan

Andong Merah merupakan tanaman setinggi 2 hingga 4 m yang seringkali ditemui di area perumahan. Bentuknya yang indah dan warna daun yang berbeda dari daun kebanyakan menjadikan tumbuhan ini cukup banyak diminati sebagai hiasan pagar atau taman, tanda pembatas tanah bahkan juga di area pemakaman. Saking populernya tumbuhan ini, ia bahkan memiliki nama yang beragam di berbagai wilayah. Selain itu, meski ia seringkali dianggap sebagai Cordyline Fruticosa, ada banyak nama ilmiah lain yang disandingkan padanya sebab ia pernah digolongkan dalam kategori bakung kemudian berbagai kategori tumbuhan lain.

Keberadaan Daun Andong Merah

manfaat daun andong merahKonon, tumbuhan ini berasal dari Asia Timur namun telah tumbuh dan dibudidayakan di berbagai belahan dunia. Alasan utama mengapa tumbuhan ini bisa hidup di banyak tempat adalah karena ia tahan terhadap kekeringan dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Selain itu, fungsinya pun beraneka ragam, mulai dari pengusir roh jahat hingga sebagai bahan obat. Khasiat daun Andong Merah terbilang cukup beragam karena mengandung berbagai zat penting yang dibutuhkan untuk penyembuhan sekian macam penyakit.

Zat-zat tersebut di antaranya adalah saponin, streoida dan polisakarida. Andong juga memiliki efek farmakologis menyejukkan, membunuh bakteri, menghentikan pendarahan, mencairkan darah beku serta mencegah tumbuhnya sel tumor dan kanker. Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan ramuan daun Andong Merah disertai cara singkat mengolahnya :

1. TBC dan Batuk Darah

Keluhan TBC dan atau batuk darah dapat diatasi dengan memanfaatkan satu di antara berbagai bagian yang dimiliki Andong Merah, yakni daun kering, bunga kering atau akar keringnya. Bahan tersebut cukup dicuci sampai bersih kemudian direbus hingga air susut. Ekstrak rebusannya diminum tiga kali sehari.

Agar batuk tidak menjadi parah hingga menyebabkan TBC, lakukan perawatan dengan herbal berikut ini :

2. Nyeri Lambung dan Ulu Hati

Hampir sama dengan cara meracik ramuan untuk mengatasi TBC, ada tiga bagian Andong Merah yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan ini, yakni akar, daun atau bunga. Hanya saja, ketiga bahan tersebut tidak boleh kering. Proses dan cara masaknya pun tidak berbeda dengan ramuan untuk mengobati TBC, hanya saja porsi konsumsinya adalah 2 X sehari.

3. Gangguan Menstruasi

Daun atau akar segar Andong direbus kemudian ekstrak airnya dikonsumsi dua kali sehari. Ini berguna untuk membantu mengatasi menstruasi yang tidak lancar (dengan fungsi menghancurkan darah beku) atau keluarnya sangat banyak darah ketika menstruasi (menghentikan pendarahan).

4. Air Kemih Berdarah

Untuk mengobati keluhan ini, Anda bisa memilih antara daun dan akar Andong. Porsi daun Andong yang sesuai adalah 60 hingga 100 g, sedang untuk akar adalah 30 hingga 60 g. Rebus satu di antara bahan tersebut dengan tiga gelas air hingga volume air menyusut dan bersisa satu takaran gelas. Saring kemudian takar untuk dua porsi konsumsi.

5. Radang Gusi

Bagian Andong Merah yang dijadikan bahan dalam ramuan ini bukanlah daun, akan tetapi kulit kayunya. Kikisan kulit kayu andong yang dicampur garam dapat dioleskan pada bagian gusi yang tengah meradang untuk meredakan sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

6. Diare

Cara meracik ramuan untuk diare tidak berbeda dengan langkah-langkah membuat ramuan Andong Merah untuk mengatasi air kemih berdarah. Hanya saja, jika tiga gelas air yang kemudian direbus dan diekstrak menjadi 1 gelas air dijadikan dua porsi untuk mengobati air kemih berdarah, pengobatan untuk diare dilakukan dengan membagi satu gelas air ramuan tersebut menjadi tiga porsi. Selain itu, bahan baku daun Andong bisa juga diganti dengan bunga andong kering dalam porsi yang lebih sedikit.

Pengobatan untuk diare lainnya, juga bisa diperoleh dari :

7. Bekas Gigitan Hewan Berbisa

Bekas gigitan hewan berbisa dapat disembuhkan salah satunya dengan ramuan daun Andong Merah, akan tetapi Anda tidak perlu meramu minuman kemudian mengonsumsinya. Cukup sediakan beberapa helai daun Andong segar, giling, lalu panaskan di atas api dan tambahkan sedikit garam kemudian oleskan pada bagian tubuh yang digigit. Ganti olesan tiga kali sehari dan bekas gigitan tersebut akan perlahan sembuh.

8. Wasir

Wasir dapat diobati dengan ramuan dari tiga daun andong segar yang dicampur dengan tujuh helai daun wungu. Potongan daun-daunan tersebut kemudian direbus dengan tiga gelas air dan diambil sarinya dengan menyusutkan air hingga bersisa satu gelas.

Manfaat daun Andong Merah amat beragam dalam menjaga kesehatan Anda sekeluarga sebab ia ampuh mengatasi berbagai penyakit. Untuk itu, tak ada salahnya menambahkan tanaman satu ini di pekarangan rumah. Informasi di atas menunjukkan bahwa tumbuhan Andong Merah tidak hanya sedap dipandang dan dijadikan penghias pekarangan, akan tetapi juga memiliki khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda menyalurkan hobi berkebun dengan menanam jenis tanaman ini di pekarangan rumah.

Selain perawatannya yang tidak merepotkan, cara menanamnyapun tergolong sederhana. Anda tinggal membeli bibit tanaman ini atau mencari tunasnya. Setelah itu, Anda bisa memanfaatkan Andong Merah untuk menjaga kesehatan Anda sekeluarga dengan cara yang murah, mudah, aman dan tentunya sehat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 30th, November 2015 / 08:31 Oleh :
Kategori : Herbal