9 Manfaat Rebusan Daun Srikaya bagi Kesehatan

Hampir setiap tanaman buah ternyata memiliki manfaat lain dari daun atau bagian lainnya, begitu juga dengan bauah srikaya. Sebelumnya telah diulas mengenai manfaat buah srikaya , ternyata daun srikaya juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan herbal untuk kesehatan. Sebelum dibahas tentang manfaatnya lebih lanjut, berikut ini adalah cara yang tepat untuk membuat air rebusan daun srikaya untuk mengatasi masalah kesehatan:

  • Cuci bersih daun srikaya sebanyak 15 lembar sampai bersih.
  • Masukkan ke dalam panci bersama dengan 5 gelas air.
  • Didihkan dan tunggu sampai air tinggal tersisa sekitar 3 gelas, matikan api.
  • Tunggu dingin dan air rebusan siap dikonsumsi.

Selain bisa dikonsumsi begitu saja air rebusan juga dapat ditambahkan bahan alami lain seperti madu, jahe, gula jawa atau lainnya baik untuk menambah kenikmatan maupun menambah khasiatnya. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat rebusan daun srikaya untuk kesehatan tubuh, yaitu:

1. Menyembuhkan penyakit cacingan

Rebusan daun srikaya memiliki manfaat seperti manfaat daun dlingo, salah satunya yaitu untuk mencegah dan menyembuhkan cacingan. Air rebusan dapat dikonsumsi untuk membasmi cacing yang menyerang tubuh, baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

2. Membantu pengobatan diabetes

Penderita diabetes juga dianjurkan untuk mengkonsumsi air rebusan daun srikaya, sebagai pengobatan tambahan. Khasiat di dalam daun srikaya bisa membantu menurunkan sekaligus dapat mengontrol kadar gula darah secara alami.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Beberapa indikasi yang menandakan adanya gangguan pencernaan adalah munculnya sakit perut, diare maupun sembelit. Untuk mengatasinya bisa mengkonsumsi rebusan daun srikaya ini dua kali sehari seperti menggunakan manfaat daun handeuleum .

4. Membantu mengatasi anemia

Salah satu manfaat rebusan daun srikaya lainnya adalah untuk meningkatkan produksi darah merah dalam tubuh. Mengkonsusmi rebusan daun srikaya dapat menjadi alternatif lain yang lebih alami selain mengkonsumsi suplemen penambah darah, yang cocok untuk penderita anemia.

5. Menyembuhkan penyakit kulit

Manfaat lainnya adalah untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti borok, gatal-gatal, eksim atau lainnya seperti manfaat sirih merah untuk penyakit kulit. Namun cara menggunakannya bukanlah diminum, melainkan digunakan untuk membasuh kulit atau bisa digunakan sebagai kompres.

6. Mencegah penyakit jantung

Berbagai zat yang ada di dalam daun srikaya juga bisa berkhasiat untuk mencegah terserang penyakit jantung. Minum air rebusan dari daun srikaya secara teratur, memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi jantung juga mencegah penyakit.

7. Menyembuhkan batuk dan pilek

Gejala flu seperti pilek maupun batuk juga dapat dibantu diatasi dengan meminum air rebusan daun srikaya. Di dalam daun srikaya terkandung senyawa antioksidan yang bisa membantu menangkal infeksi, juga bisa meningkatkan sistem imun.

8. Mengatasi gejala peradangan

Peradangan di tenggorokan, gigi, sendi atau pembengkakan juga dapat diatasi dengan air rebusan daun srikaya. Hal ini disebabkan karena salah satu manfaat daun srikaya adalah kandungan zat anti inflamasi yang bisa mengatasi peradangan.

9. Menurunkan kadar asam urat

Selain menurunkan kadar gula darah, air rebusan daun srikaya juga bisa membantu menurunkan kadar asam urat. Asam urat yang bisa menyebabkan badan terasa pegal dan ngilu ini bisa ditangani dengan minum rebusan daun srikaya dengan teratur.

Demikian ulasan dari khasiat rebusan daun srikaya untuk membantu penanganan berbagai penyakit, serta cara membuat air rebusan daun srikaya yang benar.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal