12 Manfaat Ubi Rambat Selain Sebagai Pengganti Nasi

Ubi rambat yang sudah mulai dibudidayakan sejak 50 ribu SM di Afrika dan juga Asia sudah menjadi makanan pokok termasuk juga di wilayah Amerika Selatan, Afrika, Kepulauan Pasifik dan juga Hindia Barat. Ada lebih dari 200 jenis ubi rambat dari mulai variasi warna seperti gading, ungu dan kuning serta bentuk ubi rambat yang panjang dan juga silindris. Ubi rambat merupakan sumber energi tinggi khususnya karbohidrat kompleks dan juga serat larut. Selain itu, ubi rambat juga mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin BB, vitamin B1, asa, folat, riboflavin, asam pantotenat dan juga vitamin C. Sedangkan beberapa kandungan mineralnya adalah magnesium, fosfor, kalsium, besi, tembaga dan juga kalium. Tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, namun ternyata juga banyak manfaat ubi rambat yang mungkin beberapa diantaranya belum anda ketahui selama ini dan akan kami ulas selengkapnya untuk anda.

  1. Mengatasi Penyakit Kulit dan Pernapasan

Ubi rambat sudah digunakan sebagai obat tradisional di Korea, Cina dan juga Jepang sejak dulu. Kandungan allantonin yakni sel berprofilerasi dalam ubi rambat bisa mempercepat proses penyembuhan ketika dioles pada bisul, jerawat dan beberapa penyakit kulit lainnya. Selain itu, ramuan yang terbuat dari ubi rambat juga bisa merangsang sekaligus meringankan iritasi sebagai solusi batuk, masalah pernapasan dan juga bronkus.

  1. Mencegah Serangan Jantung

Ubi rambat mengandung vitamin B6 yang sangat tinggi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam memecah zat bernama homocysteine yang bisa merusak dinding pembuluh darah. Dengan menurunnya tingkat homocysteine tersebut, maka serangan jantung bisa dicegah sekaligus mengurangi risiko berbagai penyakit jantung lainnya.

  1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Dalam ubi rambat juga mengandung kalium yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk mengontrol denyut jantung sekaligus tekanan darah sehingga hipertensi bisa dicegah. Sedangkan dioscorin yakni protein penyimpanan yang juga ada dalam ubi rambat juga sekaligus bisa meningkatkan aliran darah menuju organ ginjal, menurunkan kadar kolesterol tinggi sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Mendukung Sistem Endokrin Wanita

Ubi rambat juga sangat baik dikonsumsi untuk wanita menopause karena mengandung enzim penting sebagai alternatif alami pengganti hormon pada wanita sesudah menopause. Tidak hanya itu, vitamin B6 dalam ubi rambat juga sangat penting sebagai suplemen premenstrual syndrome atau PMS wanita sehingga bisa mengurangi rasa sakit serta depresi selama menstruasi.

  1. Sumber Antioksidan

Ubi rambat merupakan sumber antioksidan yang juga memiliki sifat anti inflamasi. Beta karoten serta vitamin C dalam umbi ini bisa menyingkirkan berbagai radikal bebas yang bisa merusak tubuh dalam reaksi bersama DNA sehingga sangat direkomendasikan sebagai makanan sehat indeksi glikemik rendah sekaligus sebagai solusi kanker.

  1. Melancarkan Buang Air Besar

Manfaat serat yang terkandung dalam ubi rambat sangat baik dikonsumsi untuk mengurangi sembelit dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam aliran darah. Ubi rambat juga mengandung manfaat potasium sehingga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan, merangsang kontraksi otot polos pada perut untuk melancarkan buang air besar.

  1. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Mengkonsumsi ubi rambat yang dibuat menjadi jus setiap hari bisa meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Ini juga bisa melindungi berbagai enzim berharga yang sangat dibutuhkan tubuh untuk melindungi sel sekaligus mempertahankan kondisi tubuh lebih baik. Dengan minum jus ubi rambat secara teratur, maka semua vitamin sekaligus nutrisi bisa dengan mudah diserap dalam tubuh berbentuk cairan.

  1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Ubi rambat memiliki kemampuan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas memori otak manusia. Dari penelitian pada orang yang mengkonsumsi ubi rambat dalam 6 minggu secara teratur dibuktikan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan kognitif subjek. Hal ini juga didukung dengan manfaat antioksidan sehingga bisa menyembuhkan penyakit alzheimer.

  1. Mendukung Fungsi Metabolisme

Manfaat vitamin A yang ada dalam ubi rambat juga sangat penting dalam mendukung segala fungsi metabolisme dalam tubuh. Karoten nantinya bisa mengubah vitamin A sehingga bisa mempertahankan selaput lendir dan kulit yang sehat. Ini juga tentunya sangat dibutuhkan untuk penglihatan. Sedangkan manfaat vitamin C dalam ubi rambat berguna sebagai peningkat imunitas, menyembuhkan luka dan membantu pertumbuhan tulang.


  1. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Mineral yang terkandung dalam ubi rambat memiliki peran paling utama dalam tubuh yakni memproduksi sel darah merah sekaligus meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Sedangkan manfaat zat besi dalam ubi rambat bisa meningkatkan sirkulasi darah serta mangan yang akan dipakai tubuh sebagai pendukung enzim antioksidan.

  1. Mencegah Tanda Tanda Penuaan

Tidak hanya penting untuk mencegah berbagai penyakit, namun mengkonsumsi ubi rambat juga sangat baik sebagai solusi kecantikan kulit. Ubi rambat memiliki kandungan anti penuaan yang sangat kuat dan mengandung beberapa nutrisi ramah kulit seperti vitamin C, beta karoten, vitamin B6 dan antioksidan untuk mencegah kerutan, garis halus dan tanda penuaan lainnya.

  1. Merangsang Produksi Kolagen

Ubi rambat mengandung antioksidan tinggi yang bisa melindungi kulit dari sengatan matahari dan bahaya lingkungan lain. Umbi ini juga bisa merangsang produksi kolagen kulit sekaligus menjaga elastisitas kulit, memperbaharui kulit yang rusak dan memperbaiki penampilan kulit serta mengeluarkan racun dalam tubuh.

Manfaat ubi rambat yang sering digunakan sebagai makanan alternatif pengganti nasi ini ternyata juga memiliki segudang nutrisi yang sangat penting untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit yang bahkan juga baik untuk kesehatan kulit anda. Konsumsi ubi rambat ini setiap hari untuk mendapatkan khasiat maksimal dari umbi umbian ini.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan