Manfaat Sumber Daya Tambang Bagi Kehidupan Manusia

Indonesia yang terkenal sebagai negara agraris, tidak hanya menyediakan tanah subur tetapi juga menyediakan berbagai bahan tambang. Sumber daya tambang yang melimpah di Indonesia banyak digunakan di dalam maupun di ekspor ke luar negeri. Sebelum menjadi bahan yang dapat dimanfatkan, sumber daya tambang perlu diolah dan dikelola oleh perusahaan tambang terlebih dahulu. Sumber daya tambang yang telah diolah dan menjadi suatu produk, dapat dengan mudah ditemukan dan dimanfaatkan sesuai dengan masing-masing jenisnya untuk kehidupan sehari-hari maupun untuk keperluan tertentu.

artikel terkait:

Jenis Bahan Tambang Dan Manfaatnya

  1. Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan salah satu jenis bahan tambang yang diperoleh dengan cara pengeboran. Minyak bumi bisa diperoleh dari permukaan bumi baik di darat maupun di laut. Sebelum dapat dimanfaatkan, minyak mentah ditampung dan dilakukan proses kilang minyak agar dapat digunakan sebagai bahan bakar. Minyak bumi yang telah diolah dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar berbagai jenis kendaraan serta sebagai sumber energi untuk beberapa jenis mesin.

Minyak bumi memiliki beberapa jenis, dan setiap jenis minyak bumi memiliki fungsinya masing-masing untuk kendaraan atau mesin tertentu. Selain sebagai bahan bakar kendaraan, minyak bumi juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi seperti pada mesin diesel dan beberaa jenis mesin lainnya.

artikel terkait: manfaat jahe dicampur madu

  1. Gas Bumi

Hasil dari pengeboran tambang minyak bumi juga menghasilkan gas bumi atau gas alam. Gas bumi yang semula berbentuk gas kemudian diubah menjadi bentuk cair agar dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Hasil dari gas bumi yang sangat dikenal masyarakat yakni Liquefied Natural Gas atau disebut dengan LPG atau orang menyebutnya gas elpiji. Gas bumi yang diperolah di Indonesia tidak hanya dinikmati warga Indonesia,tetapi juga di ekspor di beberapa negara seperti Jepang dan Korea Selatan.

artikel terkait: 29 manfaat timah hitam dan putih  bagi industri

  1. Batu Bara

Sumber tambang berupa batu bara merupakan jenis bebatuan yang mudah terbakar karena dulunya berasal dari tanah gambut yang tertimbun selama ratusan tahun. Beberapa wilayah di Indonesia yang memiliki persediaan tambang batu bara di antaranya Sumatra Selatan, Sumatera Barat, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur dan Irian Jaya.

Batu bara dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga uap, industri semen dan bahan bakar untuk peleburan biji logam. Pemanfaatan batu bara di Indonesia semakin lama menurun karena pemakaian batu bara diganti dengan minyak bumi.

artikel terkait: manfaat daun aren

  1. Mineral

Sumber daya tambang mineral memiliki ragam yang sangat banyak dibandingkan dengan jenis tambang lainnya. Beragam sumber tambang mineral, maka semakin beragam pula manfaat yang dihasilkan dari sumber daya tambang mineral ini. Beberapa manfaat mineral tambang diantaranya:

  • Bahan Bangunan. Sumber daya tambang yang dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan diantaranya besi, tras, asbes, batu gamping, pasir kuarsa, marmer, dan alumunium.
  • Peralatan Rumah Tangga dan Kantor. Beberapa jenis bahan tambang mineral lainnya dapat dimanfaatkan sebagai perabot rumah tangga maupun peralatan kantor dan berbagai jenis peralatan lainnya. Beberapa bahan mineral tambang yang dimanfaatkan sebagai peralatan rumah tangga dan kantor biasanya adalah mangan, alumunium, wolfram, grafit, dan nikel.

artikel terkait: manfaat pohon enau

Tembaga, alumunium serta timah dapat dimanfaatkan sebagai bahan membuat kawat telepon, body kendaraan dan juga untuk peralatan elektronik.

  • Tidak hanya digunakan untuk membuat bangunan dan isi bangunan, bahan mineral juga dapat dimanfaatkan sebagai perhiasan, diantaranya yakni emas, perak, platina, batu akik, intan dan beberapa jenis batu mulia lainnya.
  • Pemanfaatan sumber daya mineral tidak hanya digunakan dalam bentuk bangunan, peralatan dan perhiasan, namun juga untuk tanah. Mineral berupa fosfat dapat dijadikan pupuk yang menyuburkan tanah.
  • Bahan Farmasi. Mineral tambang juga memiliki manfaat dalam bidang farmasi, seperti pengolahan belerang.

artikel terkait: manfaat yarositmanfaat limbah batubaramanfaat menuntut ilmu

Sumber daya tambang di Indonesia memiliki jumlah yang sangat banyak. Namu,  jumlah yang banyak ini lambat laun akan mulai berkurang karena semakin bertambahnya kebutuhan masyarakat. untuk itu, meskipun masih memiliki jumlah yang banyak dan memiliki beragam manfaat. Sumber daya tambang harus digunakan secara bijak agar dapat bertahan lama.