16 Manfaat Sodium Bagi Tubuh

Sodium atau yang lebih sering disebut natrium adalah salah satu jenis mineral penting yang ada didalam tubuh. Diproduksi secara alami dan juga terdapat hampir sebagian besar makanan termasuk pada bumbu makanan yaitu garam. Zat Sodium termasuk nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan organ tubuh  manusia.

Sodium juga dapat dinilai sebagai garam alami yang ada pada sayuran, buah, dan jenis daging yang berfungsi untuk :

  • Menjaga kinerja ginjal DAN jantung
  • Menyehatkan otot
  • Mengontrol tekanan darh
  • Melindungi jaringan otak
  • Melancarkan sistem pencernaan

Tahukah anda jika garam yang beryodioum adalah sumber terkaya akan zat sodium. Di dalam dua sendok teh  garam maka akan terdapat 4.600 mg sodium. Jika didalam tubuh terdapat kandungan garam yang berlerbihan maka akan merubah tekanan darah menjadi semakin meningkat. Namun manfaat sodium yang sangat baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan. Berikut ini diantaranya :

1. Sistem pencernaan semakin baik

Pemakaian sodium yang wajar dapat menyehatkan enzim pencernaan, sehingga sistem pencernaan juga menjadi lancar dan tidak mengalami keluhan kesehatan.

2. Meningkatkan kinerja jantung agar tetap sehat

Jika tubuh kekurangan zat sodium maka akan memicu penyakit jantung, Ketidakseimbangan zat sodium di dalam tubuh maka akan terjadi serangan jantung mendadak.

3. Membantu penyerapan nutrisi yang ada pada makanan yang kita konsumsi

Sodium dapat mengikat nutrisi dan menyaring nutrisinya untuk disebarkan keseluruh tubuh. Penyerapan nutrisi akan berjalan dengan lancar.

4. Terhindar dari susah buang air besar (sembelit)

Sodium dapat mencegah pengerasan kotoran dan membuatnya menjadi lunak. Sodium memiliki sifat meluruhkan benda benda atau sisa makanan yang cenderung keras dan padat.

5. Dapat meningkatkan kinerja ginjal

Mengkonsumsi sodium dengan bijak dan tidak berlebihan dapat melindungi kinerja ginjal tetap normal. Jika berlebihan maka kinerja ginjal akan terganggu, karena ginjal bertindak sebagai penyaring zat sodium lalu kemudian dibuang melalui keringat dan air seni. Jika zat sodium terlalu banyak didalam tubuh maka fungsi ginjal menjadi menurun karena kelelhana menyaringnya.

6. Mengontrol asam khlorida dalam lambung

Mengkonsumsi sodium dalam jumlah yang sedang dapat menyeimbangakan asam khrorida di dalam lambung. Lambung akan tetap dalam keadaan sehat dan menghasilkan asam lambung yang seimbang.

7. Meredakan pembengkakan akibat peradangan atau cedera

Kandungan manfaat sodium yang seimbang dalam tubuh, dapat memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat  luka. Meredakan pembengkakan yang muncul disekitar luka agar cepat mengempis dan menghilangkan nyerinya.

8. Terhindar dari kram otot

Kandungan sodium yang seimbang didalam tubuh dapat mencegah dan mengobati kram otot dan menurunkan resiko ketegangan urat saraf. Kemudian mengakibatkan tubuh menjadi tidak nyaman dan terasa nyeri serta pegal diseluruh tubuh.

9. Menstabilkan kadar gula dalam darah

Jika di dalam tubuh terdapat jumlah sodium yang seimbang maka, kadar gula di dalam tubuh akan tetap stabil dan tidak akan mengalami peningkatan.

10. Mencegah keringat yang berlebihan

Zat sodium dapat mengikat air dan keringat dengan kuat sehingga dapat mengurangi kelebihan minyak yang ada pada kelenjar kulit. Mampu mengatur suhu tubuh agar tetap dingin.

11. Dapat meningkatkan nafsu makan

Sodium mampu meningkatkan nafsu makan bagi seseorang yang baru sembuh dari sakit atau bagi anak anak yang sulit sekali untuk makan.

12. Melindungi tubuh dari serangan kejang

Mengkonsumsi zat sodium yang wajar dapat melindungi otot tubuh dari serangan ketegangan dan kejang. Tetapi jika penggunaan sodium sembarangan dapat menyebabkan otot terserang kejang kejang yang dapat mengancam jiwa seseorang.

13. Dapat melindungi otak dari kerusakan permanen

Penggunaan sodium yang benar dan tidak berlebihan mampu melindungi sel otak dan peredaran darah seputar kepal menjadi lancar. Kerusakan otak akibat cedera akibat benturan dan hantaman keras berangsur-angsur akan sembuh jika penggunaan sodium sesuai dengan rekomendasi ahli gizi aau dokter otak yang terkait.

14. Melancarkan metabolisme tubuh

Sodium sangat berperan penting dalam sistem metabolisme dan jaringan tubuh. kekurangan dan kelebihan akan sodium didalam tubuh dapat mengacaukan sistem metabolisme tubuh secara signifikan. Misalnya tubuh mengalami penurunan kekebalan tubuh, tidak dapat gemuk, kerusakan otak dan sulit terjadi penyerapan nutrisi didalam pencernaan.

15. Terhindar dari sakit kepala

Penggunaan sodium yang wajar dan sesuai dengan takaran yang telah ditentukan maka seseorang akan terhindar dari serangan sakit kepala mendadak. Ketegangan otot yag sangat mengganggu disekitar belakang kepala dan leher.

16. Agar tubuh tetap berstamina sepanjang hari

Asupan garam atau sodium yang memadai didalam tubuh dapat mempertahankan kebugaran tubuh sepanjang hari walaupun anda sedang berada pada aktivitas rutin kerja. Manfaat sodium dapat menjadi tenaga cadangan ketika tubuh dalam kondisi capek dan ketika tubuh mendapat asupan air yang memadai maka tubuh akan kembali segar dan bertenaga.

Beberapa contoh makanan yang mengandung tinggi sodium  :

  • Bayam, daun seledri, bit
  • Lobak putih, saos tomat
  • Daging sapi olahan yang ada pada pizza atau humberger
  • Roti dan  beberapa jenis sereal
  • Jenis minuman bersoda yang dinyatakan rendah kalori
  • Makanan dari bahan daging  unggas yang diolah dan dibekukan seperti nugget atau sosis dan lain lain

Kelebihan dan Kekurangan Sodium dalam Tubuh

  • Akibat jika kerlebihan sodium

Mengkonsumsi makanan yang kaya dengan sodium harus diimbangi dengan makanan yang tidak mengandung sodium. Agar tubuh terhindar dari kelebihan zat sodium didalam tubuh, karena jika kelebihan maka kerusakan ginjal tak dapat dihindari.

  • Akibat jika kekurangan sodium

Mengkonsumsi makanan kaya dengan vitamin dan mineral hendaknya juga diimbangi dengan makanan yang mengandung sodium agar tubuh terhindar dari kekurangan zat sodium, karena dapat menyebabkan diare, kadar tekanan darah meningkat, muntah muntah dan menurunkan nafsu makan.

Bagiaman cara menstabilkan zat sodium agar tetap mampu menyehatkan tubuh secara keseluruhan?

  • Melakukan olahraga ringan selama 30 menit setidaknya seminggu 2 kali secara teratur dan konsisten. Olahaaraga yang daapat mestabilkan kadaar sodium dalam tubuh adalah lari pagi, jalan cepat atau berlari ditempat dengan menggunakan tali.
  • Mengkonsumsi minum air putih setidaknya 8 gelas sehari tetapi jika bisa lebih dari itu akan lebih baik, karena air dapat mengikat sodium agar tidak mengalami penumpukan  dialiran darah dan menghambat kerja ginjal.
  • Tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat sodium tinggi sebelum berangkat tidur malam, karena akan terjadi penumpukan sodium didalam tubuh yang hanya akan membuat kerja ginjal menjadi lebih berat dan melelahkan , sehingga dapat merusak ginjal itu sendiri.
  • Tidak menyantap sereal lebih dari dua mangkuk ukuran sedang karena sereal mengandung tinggi zat sodium,  karena sereal yang ada didalam satu mangkuk kecil saja memiliki zat sodium sebanyak 300 mg.
  • Anak anak yang didalam tubuhnya terdapat zat sodium melebihi 1000 mg maka akan mengalami  keluhan penyakit yang biasaa diderita orang dewasa misalnya obesitas atau kegemukan yang tidak sehat dan mengalami tekanan darah tinggi, serangan jantung dan stroke. maka dari itu bijaklah untuk memberinya makanan yang mengandung sodium tinggi dengan membiasakan diri berolahraga seminggu 2 kali dan minum air putih sebanyak yang mereka bisa.
  • Bagi para manula disarankan untuk tidak mengkonsumsi sodium terlalu sering setiap hari karena hanya akan mempercepat terjadinya kerusakan pada ginjal, karena diusia diatas 60 tahun kinerja ginjal secara alami sudah menurun dan mudah terkena iritasi. kandungan sodium yang melebihi 1000 mg pada orang lanjut usia  hanya akan melukai dinding ginjal dan menyebabkan keruskan padaa ginjal itu sendiri.
  • Kurang garam atau zat sodium didalaam tubuh  memang berbahaya bagi kesehatan namun menghindari penggunaan garam sesering mungkin ( tetapi bukan berarti tidak akan menggunakan garam sama sekali) dapat meningkatkan kinerja organ tubuh secara sistematik.

Pada dasarnya didalam tubuh manusia telah tersedia secara alami jumlah sodium atau kadar garam sebanyak 256 mg. Tubuh masih bisa menerima asupan zat sodium minimal sebanyak 300 atau 500 mg lagi agar kondisi atau kadar garam dalam tubuh tetap stabil, tetapi jika melebihi takaran tersebut maka kesehatan ginjal akan mulai terganggu.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Nutrisi