6 Manfaat Tanah Aluvial Bagi Pertanian

Apa yang kamu ketahui tentang tanah aluvial ? asingkah dengan kata-kata tanah aluvial ? baik, sebelum mengenal manfaat tanah aluvial, mari kita urai mengenai tanah aluvial.

Tanah Aluvial

Manfaat tanah aluvial merupakan jenis tanah yang dapat terbentuk karena adanya endapan, endapan-endapan ini terbentuk di daerah sungai atau pun danau, di mana, sungai dan danau ini harus berada di daratan rendah, atau pun berada pada cekungan, dengan demikian akan memungkinkan terjadinya cekungan. Dengan adanya cekungan itu dapat digunakan sebagai tempat endapan bagi tanah untuk menjadi tanah jenis aluvial. Tanah aluvial memiliki berbagai jenis sifat, sifat-sifat yang ada pada tanah aluvial ini tergantung pada bahan apa yang di angkut oleh tanah dan diendapkannya. Tekstur pada tanah aluvial terbagi menjadi dua, yaitu tekstur halus, tanah aluvial yang berada di pinggiran luar paparan banjir akan lebih memiliki tekstur yang lebih halus, sedangkan untuk tanah yang berada pada aliran air akan memiliki tekstur yang lebih kasar dibanding dengan yang berada di dekat pinggiran paparan banjir.  Susunan material pada tanah aluvial pun tergantung pada endapan-endapan yang di endapkan oleh laut atau pun di endapkan oleh sungai saat mengalami pengendapan. (Baca Juga: Manfaat Tanah Organosol , Manfaat Tanah Subur)

Itulah beberapa hal yang terkait dengan tanah aluvial, jika sudah mengetahui apa itu tanah aluvial, dan bagaimana sifat-sifat serta cara pembentukan tanah  aluvial, maka akan lebih mudah memahami apa saja manfaat yang dapat diberikan oleh tanah aluvial bagi kehidupan manusia. Adapun beberapa manfaat dari tanah aluvial bagi kehidupan manusia dapat disimak berikut ini:

(Baca Juga: Manfaat Ilmu Sosial , Manfaat Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui)

Manfaat Tanah Aluvial

  1. Mempermudah Irigasi bagi para Petani

Tanah aluvial merupakan tanah yang memiliki manfaat yang baik untuk pertanian, tanah aluvial sering dijumpai di daerah pantai atau sungai, sebagai contoh di Yogyakarta adalah sungai glagah yang memiliki tanah jenis aluvial ini. Pada dasarnya aluvial memiliki manfaat bagi para petani, yaitu karena adanya endapat oleh tanah aluvial ini menyebabkan jenis tanah aluvial mampu untuk membuat irigasi yang baik untuk keberlangsungan dalam bertani, dengan demikian tanah aluvial memang sangat cocok apabila dilakukan untuk membantu para petani dalam memperbanyak atau memakmurkan proses pertnaian mereka. (Baca Juga: Manfaat Pembangunan Ekonomi , Manfaat Rumah Kaca)

  1. Sebagai lahan pertanian

Tanah aluvial ini memang merupakan tanah yang masih muda, justru karena tanah muda ini mengandung unsur-unsur hara yang masih memiliki nilai atau fungsi yang tinggi sehingga akan lebih baik bila dimanfaatkan. (Baca Juga: Manfaat Air Dalam Bidang Pertanian , Manfaat Air Hujan Bagi Kehidupan Manusia)

  1. Mudah Menyerap Air

Selain merupakan tanah yang paling muda atau tergolong jenis tanah muda karena terjadi akibat endapan pasir dan juga endapan lumpur, tanah ini pun memiliki manfaat yaitu dapat menyimpan air pada tanah, sehingga akan dapat digunakan sebagai cadangan ketika musim kemarau, sifat tanah aluvial yang mudah menyerap air ini biasanya dimanfaatkan oleh akar untuk mengambil sebanyak-banyaknya manfaat air dan menyerap sebanyak-banyaknya air untuk cadangan kehidupan dalam proses tumbuhnya tanaman tersebut. Tanah aluvial ini bisa disebut sebagai tanah yang cocok untuk lahan pertanian, selain tanah ini dapat membantuk irigasi yang membantu para petani, tanah ini pun memilikki daya serap yang baik, sehingga para petani tidak perlu khawatir apabila tanah kekruangan air dan sejenisnya. (Baca Juga: Manfaat Rumah Panggung , Manfaat Bunga Flamboyan)

  1. Sangat bagus untuk di garap

Jenis tanah aluvial memang merupakan jenis tanah yang sangat bagus untuk menjadi lahan garapan, terutama lahan garapan para petani, karena jenis tanah ini mampu untuk menyerap air dan memiliki kandungan tanah yang dapat mempermudah proses dalam melakukan penggarapan pada tanah tersebut. Menggarap tanah aluvial tidak lah mudah memang, namun menggarap tanah aluvial pun tidak bisa dikatakan sulit, karena setiap jenis tanah memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, hal ini tergantung bagaimana seorang mengelolanya. (Baca Juga: Manfaat Sumber Daya Air , Manfaat Mandi Air Dingin)

  1. Baik untuk ditamani berbagai jenis tanaman terutama tanaman pertanian

Seperti yang sudah di jelaskan pada uraian di atas, berulang kali sudah dijelakan bahwa jenis tanah ini sangat cocok bila dimanfaatkan oleh mereka para petani sebagai lahan pertanian mereka, karena jenis tanah ini memiliki kandungan yang memang beramanfaat dan diperlukan pada dunia pertanian. Tidak hanya itu, kandungan-kandungan pada tanah ini tentu akan membantu tumbuhaan atau pun tanaman dalam tanah ini menjadi mudah untuk di rawat tau di garap. (Baca Juga: Manfaat Membuat Kerajinan Tangan , Manfaat Telur Hias)

  1. Sebagai lahan palawija

Selain sebagai lahan pertanian tanah ini pun memiliki manfaat sebagai lahan palawija, sehinga tanah ini sangaat baik dan bahkan sangat disarankan untuk digunakan menanam tanaman palawija.

Itulah beberapa manfaat tanah aluvial dalam kehidupan, cukup membantu bukan dalam melaksanakan kehidupan ini. Selain tanah aluvial, ada beberapa tanah pula yang harus diketahui manfaatnya, yang tentunya pada kesempatan lalu telah di bahas mengenai manfaat tanah tersebut, adapun beberapa manfaat tanah yang lain dalam kehidupan adalah manfaat tanah kapurmanfaat tanah latasol  dan manfaat tanah laterit . Sangat banyak jenis tanah yang bahkan tidak jarang orang tidak mengetahui fungsinya sehingga terkadang kurang tepat dalam memilih tanah terutama ketika akan menanam tumbuhan. Dalam menanam tumbuhan harus membutuhkan tanah yang subur, adakalanya tidak subur pun dapat digunakan untuk menanam tanaman, oleh karena itu semua tergantung tanaman apa yang akan di tanam dan jenis tanah apa yang tepat untuk menanam tanaman tersebut, sehingga hasil yang di hasilkan pun akan memuaskan dan tidak mengecewakan. Selain dari beberapa hal yang telah di bahas, akan ada tambahan pembahasan yaitu ciri-ciri tanah aluvial, berikut ciri-cirinya:

(Baca Juga: Manfaat Tidak Membuang Sampah Sembarangan , Manfaat Sampah Organik )

Ciri-ciri Tanah Aluvial

  1. Tanah aluvial memiliki warna agak kelabu, warna kelabu ini biasanya terletak pada daerah pesawahan, sedangkan untuk warna tanah yang tidak terletak pada daerah pesawahan cenderung memiliki warna yang coklat. (Baca Juga:  manfaat kelapa sawit)
  2. Tanah aluvial cenderung memiliki banyak kandungan mineral yang tersimpan di dalam tanah, karena kemudahannya dalam menyerap air yang menjadikan ia memiliki banyak mineral dalam tanah (Baca Juga:  manfaat cengkeh)
  3. tanah aluvial cenderung mirip dengan tanah liat, meskipun di saat kemarau tanah aluvial ini cenderung terlihat lebih kering
  4. memiliki Ph tanah yang cukup rendah yaitu Ph tanah aluvial adalah dibawah 6 (Baca Juga: manfaat kopi)
  5. kandungan P dan K pada tanah sangat rendah ketika tanah aluvial ini berada pada daerah yag memiliki curah hujan yang sangat rendah pula.

(Baca Juga: Manfaat Jalan Tol Bagi Masyarakat , Manfaat Jalan Cepat Untuk Diet Bagi Kesehatan)

Itulah ciri-ciri dari tanah aluvial yang perlu diketahui pula, pada artikel kali ini telah membahas mengenai tanah aluvial manfaat dan ciri-ciri tanah aluvial, semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Alam