8 Manfaat Sabun Kopi untuk Kecantikan Kulit

Siapa yang tidak tahu dengan kopi? Minuman berwarna hitam yang amat terkenal dan disukai di berbagai penjuru dunia. Minuman ini dipercaya mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk terus terjaga sehingga menjadi salah satu alternatif bagi orang yang senang begadang atau melakukan pekerjaan-pekerjaan malam hari seperti ronda, kerja shift malam, atau mengejar deadline skripsi. Kopi yang selama ini kita minum berasal dari tanaman kopi yang diambil bijinya. Biji kopi ini disangrai atau dipanggang dan kemudian digiling hingga menjadi bubuk. Bubuk inilah yang nantinya kita seduh dengan air panas hingga menjadi minuman.

Artikel terkait:

Selain sebagai minuman kopi juga terkenal akan manfaatnya untuk kecantikan kulit. Ada begitu banyak resep dan ramuan kopi yang beredar di internet, buku, atau tersebar dari mulut ke mulut untuk pemeliharaan kulit seperti lulur, scrub, atau masker. Hal ini didukung dengan berbagai kandungan bermanfaat dalam kopi seperti kafein, asam buah, potasium, zat besi, magnesium, lemak alkolid, dan asam organik. Sehingga kita akan dengan mudah menemukan berbagai produk kecantikan yang berbahan dasar kopi seperti lulur kopi, scrub kopi, sabun kopi, dan lain sebagainya dari berbagai merek.

Artikel terkait:

Salah satunya yang akan kita bahas pada artikel ini adalah sabun kopi beserta manfaatnya bagi kecantikan kulit. Sesuai namanya sabun kopi merupakan sabun yang bahan utamanya berupa kopi. Untuk menambah manfaatnya biasanya produsen sabun kopi menambahkan berbagai bahan bermanfaat seperti minyak sawit, minyak kelapa, dan minyak zaitun. Menurut penelitian minyak sawit mengandung asam lauric serta vitamin A dan E yang jelas sangat bermanfaat bagi kulit sehingga penambahan bahan ini dalam pembuatan sabun kopi akan sangat bermanfaat bagi kulit. Terutama sekali untuk mengurangi kerusakan kulit akibat berbagai polusi dan sengatan matahari yaitu dengan membantu dalam meregenerasi sel-sel kulit dan mencegah proses oksidasi.

Artikel terkait:

Bahan campuran lainnya yang juga sering ditambahkan dalam pembuatan sabun kopi adalah minyak kelapa. Minyak ini sejak lama telah dimanfaatkan untuk perawatan kulit yang sangat bermanfaat untuk melembabkan dan mengencangkan kulit. Dan yang tak kalah bermanfaatnya adalah minyak zaitun yang sangat sering kita jumpai dalam berbagai produk kecantikan. Minyak zaitun dikenal kaya antioksidan sehingga dipercaya mampu menghindarkan kulit dari berbagai gejala-gejala penuaan dini. Selain itu minyak zaitun juga bersifat antiinflamasi sehingga mampu melindungi kulit dari segala jenis peradangan.

Manfaat Sabun Kopi

Dengan segala kandungannya sabun kopi memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit diantaranya:

  1. Mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati

    Sel-sel kulit kita memiliki siklus kehidupan layaknya manusia. Pada siklus tertentu ia akan mati dan digantikan oleh sel kulit yang baru. Sel-sel kulit mati ini dapat rontok sendiri namun ada juga yang mesti kita angkat secara manual diantaranya dengan cara membersihkan wajah dengan air atau menggunakan scrub. Jika tidak maka sel-sel kulit mati ini akan menumpuk sehingga membuat kulit terlihat kusam, kering, serta berjerawat. Sabun kopi merupakan salah satu produk kecantikan yang dapat digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati sehingga kulit menjadi bersih dan bercahaya kembali.

    Artikel terkait: manfaat baking soda – manfaat sabun zaitun

  2. Menghilangkan flek-flek hitam, noda, dan bekas jerawat di wajah

    Memiliki wajah yang bersih dan bebas dari segala noda dan flek adalah dambaan setiap orang terutama kaum wanita. Kandungan kopi dan bahan-bahan lain seperti minyak sawit pada sabun kopi sangat baik untuk menghilangkan berbagai noda, flek, dan bekas jerawat di wajah sehingga wajah anda terlihat bersih dan cerah.

    Artikel terkait: manfaat uap nasi untuk kecantikan – manfaat melanox cream

  3. Mengatasi iritasi dan peradangan pada kulit

    Sabun kopi juga sangat baik untuk mengatasi berbagai jenis iritasi dan peradangan pada kulit yang ditandai dengan gatal-gatal, kemerahan pada kulit, kulit terasa perih, dan lain sebagainya. Iritasi dan peradangan ini biasanya terjadi karena suhu dan kelembaban udara, alergi terhadap bahan-bahan kimia pada sabun yang digunakan, alergi makanan, atau gigitan serangga. Kandungan kopi dan minyak zaitun pada sabun kopi sangat bermanfaat untuk mengatasi peradangan pada kulit.

    Artikel terkait: manfaat puasa untuk kulit – manfaat kulit pisang untuk kesehatan tubuh

  4. Membantu menghilangkan bau badan

    Aroma kopi terkenal sangat khas dan harum. Tidak hanya pada minumannya saja, berbagai produk kecantikan yang berbahan dasar kopi juga memiliki aroma harum yang sama. Begitu pula dengan sabun kopi. Penggunaan sabun kopi untuk membersihkan tubuh juga dapat membantu mengusir bau badan yang tidak enak.

    Artikel terkait: manfaat daun beluntas untuk bau badan – manfaat deodorant

  5. Membuat kulit lebih sehat, cerah, lembab, dan halus

    Artikel terkait: manfaat nourish skin

  6. Membantu menghilangkan kantung mata atau mata panda

    Kantung mata pada area wajah merupakan sesuatu yang cukup merusak penampilan. Meskipun wajah sudah oke namun kehadiran mata panda dapat merusak kecantikan wajah anda. Sabun kopi juga dapatdimanfaatkan untuk menghilangkan mata panda ini. Sabun kopi dapat memperbaiki dan memelihara kulit di bagian bawah mata yang sangat tipis sehingga anda terbebas dari kantung mata.

    Artikel terkait: manfaat teh untuk mata

  7. Mengurangi selulit dan stretchmark

    Sabun kopi juga sangat ampuh menanggulangi selulit dan stretchmark yang sangat mengganggu penampilan. Kandungan kafein pada sabun kopi dapat menghancurkan penumpukan kantong-kantong lemak yang menekan pembuluh darah yang menjadi penyebab timbulnya selulit.

    Artikel terkait: 4 manfaat ampas kopi untuk kecantikan

  8. Melindungi kulit dari UVA dan UVB

    Sinar matahari merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh makluk hidup. Namun kulit tubuh kita juga sangat rentan terhadap radiasi sinar matahari baik UVA maupun UVB jika terpapar terlalu lama. Ditambah lagi dengan semakin menipisnya lapisan ozon yang membuat sinar matahari yang sampai ke bumi kurang terfilter dan menjadi semakin berbahaya. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk melindungi kulit dari UVA dan UVB, salah satunya dengan menggunakan sabun kopi.

    Artikel terkait: manfaat sunblock untuk kulit

Dapat kita lihat betapa bermanfaatnya sabun kopi untuk memelihara, merawat, serta melindungi kulit wajah dan tubuh. Daripada menggunakan sabun biasa yang kebanyakan membuat kulit menjadi kering lebih baik menggunakan sabun kopi yang sangat bermanfaat bagi kulit. Ada beragam merek sabun kopi di pasaran yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan. Agar manfaat sabun kopi ini benar-benar maksimal pilihlah produk yang telah mendapat izin dari Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) sehingga telah terjamin keamanannya.