15 Manfaat Cumi Cumi Bakar untuk Kesehatan Tubuh

Cumi-cumi merupakan salah satu makanan laut yang digemari banyak orang. Rasanya yang enak dan gurih serta dagingnya yang agak kenyal membuat berbagai olahan cumi lezat untuk dinikmati. Baik digoreng, digulai, ditumis, atau dibakar semuanya memiliki cita rasa yang berbeda namun tetap enak. Yang lebih menarik lagi seluruh bagian tubuhnya boleh dikonsumsi karena cumi-cumi tidak memiliki tulang.

Satu bagian tubuhnya yang dibuang oleh kebanyakan orang adalah tintanya yang jika pecah dapat menyebarkan warna hitam sehingga daging cumi dan kuah masakan turut menjadi hitam. Namun oleh sebagian yang lain seperti orang Jepang tinta cumi justru dimanfaatkan sebagai pewarna alami makanan sehingga tidak perlu dibuang. Dan menurut penelitian tinta cumi memiliki manfaat yang sangat baik untuk melawan tumor dan kanker sehingga sayang untuk dibuang.

Selain enak cumi-cumi bakar juga kaya akan kandungan nutrisi seperti riboflavin, selenium, protein, yodium, vitamin B, vitamin E, seng, tembaga, dan omega 3. Berbagai nutrisi ini sangat penting untuk memelihara kesehatan tubuh diantaranya:

  1. Melancarkan pembentukan sel darah merah Cumi-cumi bakar mengandung mineral yang baik bagi tubuh seperti tembaga. Dalam kadar yang cukup tembaga diperlukan oleh tubuh salah satunya untuk membantu dalam produksi sel darah merah. Sel darah merah sendiri penting sekali peranannya di dalam tubuh salah satunya sebagai pembawa oksigen ke seluruh jaringan dan organ tubuh. (Baca juga artikel: manfaat kol)
  2. Mencegah perkembangan radikal bebas Kandungan tembaga pada cumi-cumi bakar juga bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh sehingga dapat membantu menghambat berkembangnya radikal bebas di dalam tubuh yang menjadi penyebab beberapa penyakit berbahaya dan penuaan dini. (Baca juga artikel: manfaat astria)
  3. Menjaga sistem kekebalan tubuh Mineral jenis tembaga turut berperan penting untuk memelihara kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit. Untuk mendapat asupan mineral tembaga yang cukup salah satunya dengan mengonsumsi cumi-cumi bakar. (Baca juga artikel: manfaat air kelapa)
  4. Mengatasi tumor Seluruh tubuh cumi-cumi boleh dan enak untuk dikonsumsi. Satu-satunya yang biasa dibuang orang adalah tintanya yang jika pecah akan menyebar dan membuat daging cumi-cumi berwarna hitam. Tapi mulai sekarang sebaiknya tinta cumi-cumi tetap anda konsumsi karena menurut para ahli tintanya dapat membantu mengaktifkan sel darah putih yang berperan dalam mengatasi tumor. (Baca juga artikel: manfaat daun sirsak untuk tumor)

  5. Melawan kuman penyakit di dalam tubuh Sel darah putih yang diaktifkan oleh tinta cumi-cumi juga sangat bermanfaat untuk melawan berbagai kuman penyakit sehingga tubuh terlindungi dari berbagai penyakit. (Baca juga artikel: manfaat buah yuzu)
  6. Mencegah perkembangan sel kanker Kandungan tinta pada cumi juga dapat mencegah perkembangan sel-sel tumor sehingga tidak menjadi tumor ganas yang berujung pada kanker. (Baca juga artikel: manfaat daun belalai gajah)
  7. Menyehatkan sistem pencernaan Sistem pencernaan merupakan aktivitas penting di dalam tubuh sehingga harus dijaga kesehatan dan kelancaran prosesnya karena berhubungan dengan penyerapan sari-sari makanan ke dalam tubuh. Cumi-cumi bakar yang dikonsumsi dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan diantaranya menyehatkan usus dan lambung. (Baca juga artikel: manfaat yakult – manfaat apel)
  8. Meningkatkan nafsu makan Siapa sih yang tidak tergiur melihat cumi-cumi bakar di meja makan? Selain rasanya yang enak mengonsumsi cumi-cumi bakar dapat membantu meningkatkan nafsu makan sehingga anda lebih berselera untuk makan dan terhindar dari kekurangan nutrisi. (Baca juga artikel: manfaat buah naga – manfaat kunyit)
  9. Menghilangkan bekas cacar Meskipun tidak berbahaya bekas cacar di kulit dapat mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya kita dapat mengonsumsi cumi-cumi bakar sehingga kulit bersih kembali.(Baca juga artikel: manfaat buah pala)
  10. Menurunkan kadar kolesterol Selain enak cumi-cumi bakar juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Meskipun kolesterol diperlukan oleh tubuh namun kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam tubuh juga tidak baik bagi kesehatan. Apalagi diolah dengan cara dibakar sehingga meminimalisir penggunaan minyak goreng yang dapat memicu naiknya kadar kolesterol dalam darah. (Baca juga artikel: manfaat daun binahong untuk kolesterol – manfaat daun kelor untuk kolesterol)
  11. Menguatkan tulang Cumi-cumi bakar mengandung kalsium yang bermanfaat untuk kekuatan tulang. Asupan kalsium sangat diperlukan terutama bagi orang yang sudah berumur dimana kepadatan tulangnya sudah mulai menurun sehingga tulang menjadi keropos dan mudah sekali mengalami retak. (Baca juga artikel: manfaat cdr – manfaat sinar matahari pagi)
  12. Memelihara kesehatan jantung Mengonsumsi cumi-cumi bakar dapat menambah asupan nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral. Nutrisi-nutrisi ini sangat penting bagi kesehatan jantung karena membantu penyerapan di dalam tubuh, meningkatkan metabolisme, serta membantu pembentukan sel darah merah. Dengan semua manfaat ini turut memelihara kesehatan jantung sehingga jantung dapat berfungsi secara optimal tanpa perlu bekerja keras. (Baca juga artikel: 42 manfaat kulit manggis bagi kesehatan – manfaat kacang tanah untuk jantung)
  13. Baik untuk pertumbuhan tulang/kerangka janin Mengonsumsi cumi-cumi bakar sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena kandungan nutrisinya seperti protein dan mineral sangat baik untuk perkembangan tulang/kerangka janin secara optimal. Karena seperti yang kita ketahui fase perkembangan janin di dalam rahim merupakan fase yang sngat penting agar nantinya bayi dapat lahir dengan normal dan sehat. (Baca juga artikel: manfaat ofsit dha)
  14. Membantu program diet Cumi-cumi ternyata tidak mengandung karbohidrat sama sekali dan rendah kalori terutama yang diolah dengan cara dibakar sehingga sangat cocok dijadikan menu diet. Jadi siapa bilang makanan diet itu selalu tidak enak? (Baca juga artikel: manfaat beras merah)
  15. Meningkatkan kesuburan Salah satu kandungan dalam cumi-cumi bakar adalah vitamin E dan selenium yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan. (Baca juga artikel: manfaat semangka)

Tips Memasak Cumi-cumi Bakar

Meskipun cumi-cumi bakar kaya manfaat namun untuk mendapatkan semua manfaat tersebut dan terhindar dari penyakit lainnya cumi-cumi bakar harus diolah dengan benar. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengolah cumi-cumi bakar adalah:

  1. Jangan mengoleskan bumbu terlalu tebal sehingga dapat menyebabkan bagian daging cumi menjadi gosong. Meskipun rasanya enak namun daging yang gosong karena terbakar tidak baik dikonsumsi karena dapat meningkatkan resiko kanker.
  2. Sebelum dibakar sebaiknya cumi diolah terlebih dahulu seperti direbus atau dikukus sehingga sudah agak matang. Hal ini menyebabkan cumi-cumi tidak perlu terlalu lama dibakar sehingga meminimalisir efek buruk  pembakaran namun tetap mendapatkan rasanya.
  3. Sebelum dibakar cumi-cumi sebaiknya dilapisi aluminium foil atau dibakar pada jarak sekitar 15 cm dari api sehingga tidak menimbulkan gosong. Atau kalaupun gosong tidak berlebihan.
  4. Dan yang terakhir jangan terlalu sering mengonsumsi cumi-cumi bakar karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Lagi pula anda pasti akan bosan memakan makanan yang sama terlalu sering.

Dengan pengolahan yang tepat dan konsumsi yang tidak berlebihan cumi-cumi bakar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk memelihara kesehatan tubuh. Lidah terpuaskan dan manfaat pun didapatkan.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.