10 Manfaat Sayur Lobak Bagi Tubuh, Rambut dan Kulit

Lobak merupakan tanaman berakar kaya akan air dan memiliki rasa manis sedikit pedas. Sayur lobak ini memiliki banyak warna seperti putih, ungu, hitam dan juga merah dengan bentuk panjang dan silindris atau bundar. Lobak ini bisa dimakan mentah atau dimasak dan diolah menjadi acar. Jika anda belum pernah mengkonsumsi lobak, sebaiknya biasakan diri untuk mulai mengkonsumsi sayuran nikmat yang satu ini sebab banyak kandungan nutrisi didalamnya seperti flavonoid, vitamin C, antosianin, asam folat, serat, vitamin B kompleks dan masih banyak lagi vitamin dan mineral lain dalam sayuran ini. Berikut ini akan kami berikan manfaat sayur lobak untuk perawatan atau mencegah penyakit tertentu yang bisa menambah informasi anda sebelum mulai mengkonsumsi sayuran ini.

  1. Menyembuhkan Penyakit Kuning

Lobak adalah sayur yang ramah bagi hati dan perut sekaligus berfungsi sebagai detoksifikasi yang sangat kuat. Lobak bisa memurnikan darah sekaligus mengeluarkan racun dalam tubuh. Lobak sangat baik dikonsumsi untuk penderita sakit kuning atau jaundice dengan cara mengurangi bilirubin dan menjaga kestabilannya. Selain itu, lobak juga akan meningkatkan suplai oksigen ke dalam darah. Selain bagian umbi, daun lobak juga bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan sakit kuning.

  1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Sayur lobak juga dianggap sebagai sebagai sayuran yang memiliki manfaat serat kasar sehingga bisa melancarkan saluran pencernaan, retensi air dan juga mengatasi sembelit yang disebabkan karena penumpukkan dalam usus. Anda bisa mengkonsumsi jus lobak ini untuk menenangkan sistem pencernaan dan ekskretoris.

  1. Mengatasi Gangguan Urin

Sayur lobak juga memiliki sifat deuretik yang sangat baik untuk meningkatkan produksi urine. Jus sayur lobak ini sangat efektif untuk mengatasi peradangan dan sensasi terbakar pada saat buang air kecil sehingga ginjal semakin bersih dan mengurangi infeksi ginjal serta saluran kemih.

  1. Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi lobak akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, sayur lobak juga rendah karbohidrat, tinggi serat dan mengandung air yang tinggi sehingga bisa membantu proses menurunkan berat badan.

  1. Meningkatkan Sistem Kardiovaskular

Dalam sayur lobak mengandung anthocyanin sejenis flavonoid yang memberi warna pada lobak dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Antosianin ini sangat ampuh untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular atau jantung dan bahkan memiliki sifat anti kanker dan anti inflamasi tinggi.

  1. Membunuh Sel Kanker

Lobak juga memiliki manfaat detoksifikasi karena kaya akan vitamin C, asam folat dan juga antosianin sehingga bisa dikonsumsi sebagai makanan solusi kanker khususnya ginjal, usus besar, perut dan kanker mulut. Dalam sayur lobak yang tinggi akan antioksidan ini bisa menyebabkan apoptosis yakni kematian sel kanker.

  1. Mengobati Leucoderma

Anti karsinogenik dan detoksifikasi dalam lobak sangat berguna untuk mengobati leucoderma yakni dengan cara mengaplikasikan jus lobak pada bercak putih yang terdapat di kulit secara teratur.


  1. Mengatasi Gangguan Pernafasan

Lobak juga memiliki sifat anti kongestif yang sangat baik untuk melegakan sistem pernafasan tersumbat seperti iritasi hidung, tenggorokan dan juga paru paru yang disebabkan karena flu, solusi batuk, alergi, infeksi dan berbagai penyebab lainnya. Sayur lobak merupakan disinfektan yang tinggi akan vitamin sehingga bisa melindungi saluran pernafasan dari infeksi.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Dalam sayur lobak mengandung potasium yang berperan aktif dalam menurunkan tekanan darah sebab saat berinteraksi dengan suplai arteri dari vaskular, lobak bisa mengendurkan pembuluh darah sehingga aliran darah semakin lancar sekaligus memperlebar aliran darah dan bukan memaksa darah lewat dari saluran yang sempit.

  1. Mengontrol Diabetes

Lobak juga sudah dikenal sejak lama mempunyai indeks glisemik yang rendah sehingga mengkonsumsi sayur lobak ini tidak akan meningkatkan gula darah. Lobak juga membantu penyerapan gula dalam aliran darah sehingga penderita diabetes tidak perlu takut lonjakan gula darah saat mengkonsumsi lobak ini.

Manfaat sayur lobak ternyata memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi, vitamin dan mineral yang akan membantu proses detoksifikasi tubuh sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit dan masalah pada sistem pencernaan. Konsumsi sayuran renyah nan lezat ini secara rutin untuk mendapatkan seluruh manfaat didalamnya.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran