10 Manfaat Sayur Tunas Bambu Untuk Makanan dan Pengobatan

Tunas bambu yang umumnya tumbuh di samping atau sekitar pohon bambu merupakan jenis sayur yang aman dikonsumsi selain banyak juga manfaat bambu untuk pembangunan, kerajinan tangan dan berbagai keperluan lainnya. Untuk pengolahannya sendiri bisa direbus, ditumis atau untuk isian cemilan seperti lumpia yang sudah biasa dikonsumsi masyarakat Asia seperti Indonesia, Cina, Thailand, Korea, Jepang, India dan sebagainya. Tidak hanya memiliki rasa yang nikmat, namun sayur tunas bambu ini juga memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk tubuh seperti tinggi protein, rendah gula, kalium, fosfor, seng, tembaga, natrium, kalsium, magnesium, zat besi, niasin, asam folat, pantotenat, thiamin, riboflavin, niacin, vitamin A, vitamin B6, vitamin E dan juga serat. Untuk lebih jelas, silahkan simak ulasan dari kami mengenai manfaat sayur tunas bambu selengkapnya seperti berikut ini.

  1. Membantu Program Diet

Kandungan gula, kalori dan karbohidrat dalam tunas bambu sangatlah rendah sehingga menjadi makanan ideal untuk program menurunkan berat badan sekaligus membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga mencegah anda makan terlalu berlebihan.

  1. Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Mengkonsumsi tunas bambu juga sangat berguna untuk menurunkan kolesterol tinggi khususnya kadar kolesterol jahat atau LDL dengan cara menjaga kadar glukosa selalu stabil. Hal ini bisa terjadi karena dalam sayur tunas bambu mengandung kalori dan lemak yang sangat rendah dan bahkan menurut penelitian dari Park dan John di Washington State University membuktikan jika mengkonsumsi sayuran ini memberi efek menguntungkan untuk lipid, kolesterol dan juga meningkatkan fungsi usus.

  1. Meningkatkan Fungsi Usus

Dalam sayur tunas bambu mengandung serat yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan pencernaan sekaligus melancarkan buang air besar. Bahkan kandungan serat tinggi dalam tunas bambu ini juga baik untuk membantu menurunkan berat badan lebih mudah disaat anda sedang tidur.

  1. Melindungi Organ Jantung

Dari penelitian membuktikan jika fitonutrien dan fitosterol yang ada dalam sayur tunas bambu merupakan makanan ideal untuk melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga akan lebih mudah dikeluarkan dari arteri dan akhirnya memperlancar suplai dan pergerakan darah ke seluruh tubuh untuk mencegah penyakit jantung.

  1. Menguatkan Imun Tubuh

Vitamin dan mineral dalam tunas bambu juga sangat ideal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan antioksidan dalam tunas bambu berguna untuk mencegah virus dan kuman serta radikal bebas yang berasal dari luar tubuh.

  1. Menyembuhkan Gangguan Pernafasan

Tunas bambu juga sangat efektif dikonsumsi untuk menyembuhkan berbagai gangguan pernafasan seperti solusi batuk. Rebus tunas bambu ini sebanyak dua kali yakni rebusan pertama selama 5 menit dan rebusan kedua selama 10 menit. Minum rebusan tersebut bersama dengan madu untuk menyembuhkan gangguan pernafasan yang anda derita.


  1. Menyembuhkan Gigitan Hewan Berbisa

Dalam ilmu kedokteran dan juga masyarakat India kuno menggunakan ekstrak tunas bambu ini untuk menyembuhkan gigitan hewan berbisa seperti ular dan kalajengking karena sifat anti bisa yang juga terkandung dalam tunas bambu muda tersebut.

  1. Mengendalikan Mutasi dan Kanker

Dari penelitian mengenai sayur tunas bambu membuktikan jika kandungan fitosterol seperti amilase, flavon dan juga klorofil bisa mengendalikan sifat mutasi dan juga solusi kanker saat dikonsumsi secara teratur.

  1. Mengatasi Darah Rendah

Tunas bambu juga mengandung potassium yang lumayan banyak sehingga bisa dikonsumsi sebagai suplemen obat pada bulan terakhir masa kehamilan dan juga penderita anemia. Dari penelitian yang dilakukan di Universitas Wina juga membuktikan jika tunas bambu adalah salah satu jenis tanaman yang masuk dalam jenis uterotonik.

  1. Mengandung Analgesik dan Anti Inflamasi

Dari sebuah penelitian juga membuktikan jika sayur tunas bambu mempunyai sifat anti inflamasi dan analgesik atau mengurangi rasa sakit. Untuk itu, tunas bambu bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan ulkus atau luka secara topikal atau obat luar.

Berbagai manfaat sayur tunas bambu ini tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai makanan lezat atau camilan, namun juga memberikan banyak nutrisi sebagai penyembuhan penyakit secara alami. Namun memilih tunas bambu juga harus dilakukan secara hati hati sebab sebagian tunas bambu ada yang memiliki rasa pahit dan tidak enak dikonsumsi.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran