10 Manfaat Makan Sawi Putih Mentah Untuk Penyakit dan Kulit

Sawi putih adalah salah satu jenis sayuran berbentuk lonjong dan besar yang bisa ditemukan dengan mudah di indonesia dan harganya juga sangat terjangkau. Sayuran yang memiliki daun berwarna putih pucat ini memiliki banyak kandungan nutrisi seperti kalium, magnesium, beta karoten, kalsium, potassium, serat, glutamin, vitamin C, sumber antioksidan dan beberapa nutrisi lainnya. Meski mengkonsumsi sawi putih sangat nikmat jika ditumis atau dibuat menjadi masakan lain, namun apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah, maka berbagai nutrisi yang terkandung dalam sayuran ini tidak akan ada yang terbuang. Agar lebih jelas, silahkan simak ulasan kami kali ini tentang manfaat makan sawi putih mentah untuk menambah wawasan anda.

  1. Meningkatkan Tekanan Darah

Manfaat sawi putih mengandung kalium yang sangat penting untuk melindung seluruh tubuh dari peningkatkan tekanan darah sehingga risiko serangan jantung bisa dicegah. Kalium dalam sawi putih mentah ini akan bertindak sebagai vasolidator sehingga pembuluh darah bisa lebih lebar dan aliran darah menjadi lebih lancar.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Sawi putih mentah juga menjadi sumber beta karoten yang sangat tinggi sehingga menjadi jenis sayuran tepat yang bisa dikonsumsi untuk mencegah degenerasi makula, pembentukan katarak dan berbagai penyakit mata lainnya. Bahkan, beta karoten dalam sawi putih juga bertindak sebagai solusi kanker prostat karena efek anti karsinogenik dalam sawi putih mentah tersebut.

  1. Menurunkan Berat Badan

Seperti jenis sayuran lainnya, manfaat serat dalam sawi mentah sangatlah tinggi dan kandungan kalorinya sangat rendah yakni tidak lebih dari 33 kalori. Untuk itulah sawi putih sangat baik dikonsumsi dalam keadaan mentah seperti salad atau dibuat jus untuk menurunkan berat badan secara cepat.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sawi putih mengandung beberapa jenis mineral penting seperti manfaat potassium, kalsium dan juga magnesium dimana ketiga jenis mineral ini sangat penting untuk melindungi tulang dari osteoporosis, kelemahan tulang dan berbagai masalah lainnya.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat serat dalam sawi putih mentah juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pencernaan khususnya usus. Anda hanya perlu mengkonsumsi sawi putih mentah secara teratur untuk mempercepat proses pencernaan sekaligus mengeluarkan racun dalam tubuh bersama dengan tinja.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sawi putih sangat baik dikonsumsi dalam diet sehari hari karena kemampuannya yang bisa menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh. Dalam sawi putih mengandung kalsium dan potassium yang sangat penting untuk mengatur tekanan darah. Sedangkan kandungan natrium dalam sawi putih cukup rendah sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kardiovaskular anda.

  1. Menjaga Sirkulasi Darah

Apabila anda ingin melancarkan sirkulasi darah, maka makan sawi putih mentah menjadi salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan. Sawi putih efektif dalam menghilangkan hambatan dalam pembuluh darah sehingga aliran darah bisa kembali normal dalam waktu cepat.


  1. Menjaga Kecantikan Kulit

Sawi putih mentah juga banyak dikonsumsi karena dianggap menjadi solusi kecantikan kulit alami. Makan sawi putih mentah dengan teratur akan meminimalisir jerawat dan iritasi kulit dengan cara melancarkan aliran darah di seluruh tubuh agar kulit bisa mendapatkan nutrisi penting.

  1. Agen Anti Inflamasi

Sawi putih mentah juga bisa mengurangi rasa sakit akibat peradangan. Kandungan glutamin dalam sawi putih ini bisa mengatasi berbagai jenis radang, alergi, nyeri persendian, iritasi, sakit kepala, demam dan bahkan berbagai gangguan kulit.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat berikutnya yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi sawi putih dalam keadaan mentah adalah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa terjadi karena kandungan vitamin C dalam sayuran ini sangat tinggi sehingga imun tubuh akan semakin diperkuat untuk menangkal banyak jenis penyakit berbahaya.

Ada begitu banyak manfaat makan sawi mentah selain yang sudah kami jelaskan diatas sehingga biasakan diri anda untuk mengkonsumsi sayuran ini agar bisa mendapatkan manfaat luar biasa yang terkandung didalamnya.  Pastikan anda mencuci bersih sayuran lebih dulu sebelum menyantapnya dalam keadaan mentah.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran