10 Manfaat Kol Untuk Payudara Yang Jarang Diketahui

Kol atau kubis memiliki manfaat luar biasa selain makanan yang sehat dan nikmat. Kubis juga sudah sejak lama dikonsumsi sebagai obat arthritis, kudis, konstipasi, maag dan penyakit kekurangan vitamin C lainnya sebab kol menjadi salah satu sayuran yang tinggi akan kandungan vitamin C. Mengkonsumsi kol sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh seperti penyembuhan luka dan jaringan rusak, mengatur sistem saraf dan pencernaan sekaligus menjaga berat badan supaya tetap stabil. Selain itu, mengkonsumsi kol ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk payudara khususnya jika dikonsumsi wanita sesudah persalinan khususnya manfaat kol untuk payudara seperti yang akan kami ulas berikut ini.

  1. Mengatasi Nyeri Saat Menyusui

Saat sedang menyusui, wanita seringkali merasa tidak nyaman dan sakit karena payudara membengkak dan membesar. Hal ini bisa terjadi kapanpun namun paling sering terjadi beberapa hari atau minggu pertama dan sesudah berhenti menyusui. Saat melahirkan, tubuh akan mulai menghasilkan ASI sebagai makanan utama untuk bayi dan kol merupakan sayur yang sudah digunakan sejak lama untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri pada payudara karena bisa menenangkan otot otot di payudara selama menyusui tersebut.

  1. Mengandung Antioksidan

Dalam kol mengandung sinigrin, glucosinolate yang merupakan komponen alami. Dua zat ini akan melepaskan manfaat antioksidan untuk menyembuhkan rasa sakit yang terjadi di area payudara anda.

  1. Mengatasi Payudara Bengkak

Kegunaan lain dari kol untuk payudara adalah mengatasi pembengkakan payudara. Untuk cara menggunakannya adalah menghaluskan kol memakai blender lalu balurkan kol tersebut pada payudara selama 30 menit dan ulangi setiap 4 hingga 6 jam sehingga bengkak payudara bisa berkurang.

  1. Mengatasi Fibrokistik

Gejala utama yang terjadi pada fibrokistik adalah timbulnya benjolan pada payudara sehingga kelainan terjadi antara kedua payudara sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri saat disentuh. Dalam kol mengandung vitamin E yang sangat baik untuk mengendalikan pertumbuhan payudara sekaligus mengatasi gejala perubahan fibrokistik.

  1. Mengendalikan Hormon Estrogen

Salah satu hormon yang mengatur pertumbuhan payudara adalah estrogen yakni memicu proliferasi sel yang membentuk jaringan kelenjar pada payudara. Kandungan vitamin E dalam kol sangat baik untuk mengatur sel sel payudara dalam merespon estrogen sehingga pertumbuhan payudara bisa dijaga dengan baik.

  1. Mencegah Kanker Payudara

Dalam kol juga mengandung vitamin A yakni beta karoten yang sangat baik untuk solusi kanker payudara. Beta karoten sangat efektif untuk pencegahan kanker payudara, selain itu kandungan vitamin C dan vitamin E dalam kol juga akan menghasilkan kombinasi sinergis untuk membunuh sel kanker payudara tersebut.


  1. Menambah Kekebalan Tubuh

Vitamin E yang terkandung dalam kol juga merupakan sumber sistem kekebalan tubuh yang hebat untuk mencegah sel kanker dengan cara menghancurkan radikal bebas. Ini sangat baik untuk mengurangi gejala PMS dan juga penyakit fibrostik yakni mengurangi rasa nyeri yang disebabkan karena produksi prolaktin yang terlalu berlebihan.

  1. Mengatur Keseimbangan Progesteron dan Estrogen

Kol juga sangat ampuh untuk menjaga keseimbangan antara progesteron dan estrogen sehingga kista payudara bisa dicegah sekaligus meminimalisir gejala yang ditimbulkan dari kista payudara tersebut.

  1. Meningkatkan Pertumbuhan Jaringan Payudara

Dalam sayuran kol ini juga mengandung asam folat yang sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan payudara baru dan juga mencegah gejala kista payudara sekaligus menjaga kadar estrogen yang berhubungan dengan kanker payudara.

  1. Menonaktifkan Enzim Kanker Payudara

Resverartol merupakan antioksidan polifenol non flavonoid yang juga terkandung pada kol dalam kadar sedikit. Kegunaan resveratrol ini juga menjadi zat penting untuk mencegah kanker payudara sehingga sangat baik dikonsumsi cukup sering oleh para wanita karena juga bisa mengatasi lelah dengan cepat.

Manfaat kol payudara tidak hanya baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan, solusi kecantikan kulit dan berbagai penyakit lainnya, namun juga memiliki manfaat penting untuk menjaga kesehatan payudara wanita khususnya sesudah melahirkan dan masa menyusui. Konsumsi kol ini secara teratur agar khasiat dari kol bisa didapat secara maksimal.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran