16 Manfaat Rendaman Air Kurma Untuk Kesehatan

Air rendaman kurma atau air naqi’ merupakan kurma yang di rendam dalam air matang selama satu malam di dalam wadah tertutup yang kemudian akan di minum keesokan paginya. Air rendaman kurma ini pada dasarnya sama dengan infuse water, akan tetapi bukan aneka jenis buah yang digunakan namun memakai kurma berkualitas baik. Dengan mengkonsumsi air rendaman kurma secara rutin, maka akan banyak khasiat yang anda dapatkan.

Kandungan Air Rendaman Kurma

Seperti yang kita ketahui, dalam kurma sendiri sudah memiliki begitu banyak kandungan gizi bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit dari mulai yang ringan sampai berat. Dalam buah kurma terdapat nutrisi penting seperti energi, air, protein, serat, karbohidrat, gula, lemak, kolesterol, vitamin B5, vitamin B9, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin K, zat besi, magnesium, kalium, fosfor, sodium dan juga seng.

Manfaat Air Rendaman Kurma

Sesudah mengetahui apa saja nutrisi yang terkandung di dalam buah kurma, berikut ini akan kami berikan beberapa kegunaan dari air rendaman kurma untuk kesehatan dan berbagai penyakit.

  1. Menyembuhkan Masalah Pencernaan

Air rendaman kurma atau air naqi’ ini merupakan minuman yang mengandung alkali sehingga bisa membuang kelebihan asam yang ada pada perut sekaligus menyembuhkan masalah pada pencernaan.

  1. Membantu Proses Detoksifikasi

Minuman ini juga berguna untuk meningkatkan proses detoksifikasi tubuh sehingga berbagai racun yang menumpuk di dalam tubuh bisa disingkirkan lewat urine dan juga tinja secara mudah.

Artikel terkait:

  1. Menstabilkan Tekanan Darah

Karena terdapat kandungan kalium di dalam air rendaman kurma, maka minuman ini bisa digunakan untuk membuat tekanan darah menjadi stabil dan juga menjaga kinerja jantung lebih baik lagi. Kalium merupakan salah satu zat penting yang dibutuhkan tubuh sehingga akan terus berada dalam keadaan prima dan tidak mudah lelah sehingga air rendaman kurma ini juga sangat cocok untuk di konsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

  1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Dalam air rendaman kurma ini juga mengandung kadar serat tinggi yang berasal dari buah kurma sehingga sangat baik menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kamu. Konsumsi minuman ini secara rutin agar anda bisa terbebas dari segala macam penyakit berbahaya yang diakibatkan dari kolesterol jahat tersebut.

  1. Baik Untuk Ibu Hamil

Air kurma juga sangat baik untuk dikonsumsi ibu yang sedang hamil. Kandungan di dalam kurma ini sudah dipercaya dalam memperkuat otot rahim serta meningkatkan kualitas ASI. Minuman ini juga baik dikonsumsi ibu hamil di saat bulan puasa.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dalam air rendaman kurma mengandung zat besi yang berguna untuk menjaga stabilnya metabolisme protein, menjaga produksi hemoglobin serta sel darah merah dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Mencegah dan Meringankan Sembelit

Kurma juga sudah dikenal sebagai obat pencahar yang bisa meringankan masalah pencernaan yakni sembelit. Kegunaan dari air rendaman kurma lainnya adalah membuang segala macam limbah atau kotoran di dalam tubuh. Untuk membuatnya juga sama seperti cara lain yakni dengan merendam kurma pada air matang selama 1 malam.


  1. Mencegah Masalah Jantung

Berbagai gangguan serta masalah jantung juga bisa diatasi dengan dengan cara minum air rendaman kurma. Caranya adalah dengan merendam kurma dalam air matang selama 1 malam dan esok paginya air rendaman tersebut bisa di minum. Lakukan cara ini secara teratur sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatan jantung dari berbagai penyakit berbahaya.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Kanker Perut

Tidak hanya bermanfaat sebagai suplemen alami yang memiliki nilai gizi tinggi, namun kurma juga bisa mengobati salah satu jenis kanker yakni kanker perut dan air rendaman kurma ini juga bisa di konsumsi semua orang tanpa batasan umur dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya.

  1. Menguatkan Sistem Saraf

Dalam air rendaman kurma juga tinggi akan kandungan serat serta asam amino dan juga kandungan kalium yang sangat baik untuk menguatkan sistem saraf.

  1. Meningkatkan Gairah Seksual

Anda juga bisa memanfaatkan air rendaman kurma ini sebagai ramuan alami untuk membangkitkan gairah seksual. Caranya adalah dengan merendam kurma di dalam susu kambing selama 1 malam kemudian blender rendaman kurma dan tambahkan dengan madu serta bubuk kapulaga. Minum campuran ini secara rutin supaya daya tahan seksual anda bisa lebih meningkat.

  1. Menyehatkan dan Menguatkan Tulang

Dalam kurma juga mengandung beberapa mineral penting seperti magnesium, tembaga, selenium dan juga mangan yang tinggi. Ini semua sangat dibutuhkan tubuh khususnya tulang yang akan mencegah terjadinya masalah pada tulang seperti osteoporosis. Selain itu, kurma juga mengandung vitamin K yakni koagulan darah sehingga bisa membantu metabolisme tulang. Semua kandungan dalam kurma ini membuat air rendaman kurma bisa sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Air rendaman kurma juga akan memberikan perlindungan otak terhadap stre oksidatif serta pembengkakan di organ otak. Dengan megkonsumsi air rendaman kurma secara teratur, maka penurunan resiko penyakit yang berhubungan dengan neurodegeneratif serta kognitif diturunkan baik pada anak-anak ataupun orang dewasa. Sementara dalam sebuah studi di Oman membuktikan jika air rendaman kurma ini akan sangat membantu untuk mencegah peradangan pada otak.

Artikel terkait:

  1. Menambah Berat Badan

Memang sebagian besar orang sangat ingin menurunkan berat badan agar bisa mencapai berat tubuh yang ideal. Akan tetapi untuk sebagian orang lain yang sangat kurus ingin menambah berat badan mereka. Untuk menambah berat badan ini, anda bisa memanfaatkan air rendaman kurma yang bisa menaikan berat badan hingga mencapai 30 persen.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Dalam buah kurma mengandung vitamin C dan vitamin D yang sangat baik untuk mempertahankan tingkat elastisitas kulit. Buah kurma juga berperan aktif untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit sehingga akan sangat baik untuk minum air rendaman kurma ini dalam jangka panjang. Buah kurma juga memiliki sifat anti penuaan, mencegah akumulasi melanin serta mencegah berbagai masalah kulit yang sangat mengganggu. Senyawa fitohormon yang terdapat di dalam kurma ini akan membuat tampilan kulit anda terlihat awet muda secara alami sehingga meminimalisir keriput, kulit wajah kusam dan berbagai masalah kesehatan kulit lainnya.

  1. Mencegah Rambut Rontok

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, namun air rendaman kurma juga memiliki khasiat penting untuk mencegah terjadinya kerontokkan pada rambut secara alami. Kandungan zat besi yang kaya dalam minuman ini akan melancarkan sirkulasi darah ke kulit kepala sekaligus meningkatkan dan menguatkan pertumbuhan rambut sehingga akhirnya masalah rambut rontok bisa dicegah dengan cara yang aman.

Artikel terkait:

Kandungan berkhasiat dari air rendaman kurma sudah terbukti sangat ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan, menyembuhkan penyakit, menyehatkan kulit bahkan mengatasi segala masalah pada rambut anda. Oleh karena itu, perbanyaklah mengkonsumsi air berkhasiat ini setiap hari untuk mendapatkan manfaat rendaman air kurma yang maksimal.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal