5 Manfaat Teh Basi untuk Kesehatan Mata dan Kecantikan Wajah

Meminum teh memberi kenikmatan tersendiri. Selain ada banyak manfaat teh bagi kesehatan mengonsumsi teh juga cocok dilakukan saat bersantai untuk menyegarkan dan merilekskan pikiran. Namun terkadang setelah menyeduh teh kita lupa mengonsumsinya sehingga teh dibiarkan semalaman dan menjadi basi. Meskipun tidak bisa diminum lagi namun jangan buru-buru membuang teh yang sudah basi karena di dalamnya masih terkandung berbagai nutrisi baik untuk kesehatan dan kecantikan sehingga teh ini masih bisa dimanfaatkan. Diantaranya untuk perawatan mata dan wajah. Untuk apa dan bagaimanan penggunaan teh yang sudah basi untuk mata dan wajah? Berikut beberapa manfaat teh basi untuk mata dan perawatan wajah:

1. Menyehatkan dan menyegarkan mata

Sehari-hari aktivitas kita bisa dikatakan tidak lepas dari menatap monitor baik monitor handphone, komputer, atau televisi. Terlalu lama fokus menatap monitor dapat menyebabkan mata menjadi lelah bahkan mengalami gangguan. Untuk mengatasi hal ini anda dapat menggunakan air teh yang sudah basi untuk mencuci mata. Caranya dengan mencelupkan wajah dan mata ke dalam air teh selama beberapa detik. Setelah melakukan ini mata anda akan kembali segar. Cara ini dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata selain mengonsumsi makanan seperti wortel yang dikenal memiliki banyak manfaat wortel untuk mata.

2. Menghilangkan mata panda

Kondisi mata dengan lingkaran hitam di bagian bawahnya sering disebut dengan mata panda. Hal ini dapat disebabkan karena beberapa faktor seperti mata yang telalu lelah, dehidrasi, atau kurang tidur. Untuk mengatasi hal ini anda dapat memanfaatkan teh basi dengan cara mencelupkan mata ke dalamnya selama beberapa saat. Dengan melakukan hal ini mata panda akan berangsur menghilang dan mata cantik bersinar pun akan kembali jadi milik anda. Mata panda juga dapat dihilangkan dengan mengonsumi buah seperti manfaat tomat untuk mata.

3. Menghilangkan jerawat

Air teh yang sudah basi juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Meskipun telah tersedia berbagai obat seperti manfaat acnol untuk mengatasi jerawat membandel namun sebagian orang lebih menyukai cara yang alami salah satunya menggunakan air teh basi. Ini dilakukan dengan membasuh wajah menggunakan air teh basi yang sudah diendapkan semalaman. Dengan melakukan hal ini secara rutin wajah anda akan terbebas dari jerawat dan terlihat lebih kinclong.

4. Sebagai pembersih wajah

Manfaat teh basi lainnya adalah untuk membersihkan wajah dari berbagai kotoran dan bakteri sehingga kesehatan dan kecantikan kulit wajah tetap terjaga. Ini dilakukan dengan cara membasuh wajah menggunakan air teh basi yang sudah dibiarkan semalaman atau beberapa lama. Dengan sifat anti bakterinya teh basi akan membantu membersihkan dan membuang berbagai bakteri yang ada di wajah. Untuk memaksimalkan hal ini anda juga dapat membasuh wajah dengan air hangat sebelum tidur karena ada banyak manfaat mencuci muka dengan air hangat yang bisa anda dapatkan.

5. Menyejukkan kulit wajah

Paparan sinar matahari dan berbagai faktor lainnya dapat membuat kulit wajah mengalami peradangan. Untuk mengatasi hal ini dan membuat kulit wajah lebih sejuk anda dapat memanfaatkan teh basi yang diketahui memiliki sifat antiinflamasi. Cara mengaplikasikannya sangat mudah yaitu dengan mengompres wajah menggunakan kain yang sebelumnya telah dicelupkan pada air teh basi yang telah mengendap semalaman. Setelah melakukan hal ini kulit wajah anda akan terasa lebih sejuk dan segar.

Lihat, ada begitu banyak manfaat teh basi yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan mata dan kecantikan wajah. Jadi jika anda lupa meminum teh yang sudah terlanjur diseduh dan sudah dibiarkan semalaman maka jangan langsung dibuang. Air teh ini masih bisa dimanfaatkan seperti yang dijelaskan di atas. Selain air teh basi manfaat ampas teh dan manfaat teh bekas juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan mata dan wajah.