20 Manfaat Peterseli untuk Ginjal yang Sehat dan Terpelihara

Tumbuhan peterseli atau parsley mungkin tidak terlalu familiar bagi orang Indonesia. Namun tanaman yang memiliki nama latin petroselinum crispum ini banyak digunakan oleh masyarakat Eropa sebagai campuran dalam masakan. Daun dan akarnya merupakan bagian yang sering diolah menjadi makanan. Daunnya biasanya dicincang dan ditabur di atas makanan sementara akarnya dijadikan campuran semur atau sup. Peterseli termasuk keluarga wortel dan memiliki bentuk daun yang mirip dengan seledri.

Selain sebagai campuran masakan peterseli juga sangat baik diolah menjadi obat-obatan herbal karena diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan salah satunya kesehatan ginjal. Kandungan berbagai nutrisi seperti manfaat fosfor, kalsium, manfaat seng, manfaat potasium, lisin, asam amino, manfaat asam folat, manfaat vitamin A, manfaat vitamin C, antioksidan, manfaat zat besi, dan manfaat vitamin K pada peterseli menjadikannya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut selengkapnya manfaat peterseli untuk ginjal:

1. Meningkatkan kinerja ginjal

Konsumsi herbal dari peterseli secara teratur dapat meningkatkan kinerja ginjal sehingga dapat melaksanakan berbagai fungsinya dengan baik. Tugas penyaringan darah pun berjalan optimal sehingga darah yang mengalir dalam tubuh lebih berkualitas dan terbebas dari berbagai zat-zat racun. Kinerja ginjal juga dapat ditingkatkan dengan manfaat petai untuk ginjal dan manfaat binahong untuk ginjal.

2. Membersihkan ginjal

Tugas ginjal dalam menyaring berbagai kotoran dan zat racun dari darah menjadikan sebagian atau sisa-sisa kotoran tersebut tertinggal di ginjal dan lama-kelamaan mengendap. Untuk itu ginjal perlu dibersihkan dan dirawat salah satunya dengan mengonsumsi daun peterseli sehingga ginjal dapat bekerja kembali secara optimal.

3. Membantu ginjal dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Seperti yang diketahui tugas ginjal adalah menyaring kotoran dan zat racun dari darah sehingga darah menjadi bersih. Peterseli yang dikonsumsi secara teratur ternyata dapat membantu ginjal untuk membuang atau mengeluarkan kotoran dan racun tersebut sehingga tubuh terbebas dari zat-zat racun yang berbahaya bagi tubuh. Zat-zat racun juga dapat dikeluarkan dari dalam tubuh dengan manfaat mandi uap dan manfaat kinoki detox.

4. Menetralisir racun pada ginjal dan organ tubuh lainnya

Ramuan daun peterseli yang mengandung berbagai nutrisi dan senyawa penting bagi tubuh juga dapat membantu menetralisir racun di dalam tubuh termasuk yang berada di ginjal. Dengan ini kesehatan ginjal dan organ tubuh lainnya terpelihara sehingga dapat bekerja secara maksimal.

5. Mencegah kanker ginjal

Sebagai penyakit mematikan kanker dapat menyerang berbagai organ tubuh termasuk ginjal. Untuk itu lebih baik mencegah penyakit ini sebelum terlambat. Konsumsi daun peterseli diketahui dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker sehingga anda terhindar dari penyakit kanker ginjal. Cara lain untuk mencegah kanker ginjal adalah dengan manfaat kulit manggis untuk ginjal dan manfaat kunyit untuk ginjal.

6. Mencegah batu ginjal

Gangguan ginjal lainnya yang juga dapat dicegah dengan mengonsumsi ramuan daun peterseli adalah batu ginjal. Penyakit ini merupakan bentuk pengendapan dan pengerasan dari sisa-sisa racun atau kotoran yang berhasil disaring ginjal. Sisa-sisa zat racun atau kotoran yang tidak terbuang sempurna ini mengendap di ginjal dan lama-kelamaan mengeras hingga menjadi batu ginjal. Selain itu anda juga bisa menggunakan manfaat daun alpukat untuk mengatasi batu ginjal.


7. Mencegah gagal ginjal

Rajin mengonsumsi ramuan daun peterseli secara tidak berlebihan sangat baik bagi kesehatan ginjal. Ginjal terhindar dari berbagai penyakit sehingga tidak terjadinya yang namanya gagal ginjal. Yaitu suatu kondisi dimana penyakit ginjal berlangsung lama sehingga fungsi ginjal mengalami penurunan secara bertahap.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat peterseli untuk ginjal yang juga berperan penting dalam kesehatan adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan kekebalan tubuh yang baik menjadikan pertahanan tubuh lebih baik sehingga tidak mudah terinfeksi oleh virus atau bakteri penyebab penyakit yang dapat menyerang tubuh termasuk organ ginjal. Ginjal pun terpelihara kesehatannya dan terhindar dari serangan penyakit. Kekebalan tubuh juga dapat ditingkatkan dengan manfaat tauge dan manfaat remayung.

9. Menurunkan kadar kolesterol

Tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya termasuk gangguan pada ginjal. Untuk itu penting bagi kita menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Salah satunya dengan mengonsumsi ramuan daun peterseli yang dicampur dengan jeruk nipis sehingga kadar kolesterol jahat bisa diturunkan.

10. Mengatasi hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah seseorang berada di atas normal. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi salah satunya gangguan pada ginjal. Seperti yang diketahui tugas ginjal berhubungan erat dengan aliran darah di pembuluh darah sehingga hipertensi turut berpengaruh pada kesehatan ginjal. Konsumsi jus peterseli secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga kesehatan ginjal tetap terjaga. Selain itu anda juga bisa menggunakan manfaat daun beluntas untuk hipertensi dan manfaat pete untuk darah tinggi.

11. Membersihkan darah

Peterseli juga bermanfaat untuk membersihkan darah dari berbagai macam racun sehingga darah menjadi lebih bersih. Hal ini tentu dapat meringankan tugas ginjal sehingga ginjal tidak bekerja terlalu berat dan dipaksakan.

12. Menurunkan berat  badan

Faktor risiko penyakit atau gangguan ginjal lainnya adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Oleh karena itu untuk mendapatkan ginjal yang sehat kita perlu menjaga berat badan agar tidak berlebihan. Diantaranya dengan manfaat olahraga dan mengonsumsi makanan sehat seperti jus peterseli.

13. Mencegah anemia

Penyakit ginjal juga berhubungan erat dengan penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah dimana kebanyakan penderita gagal ginjal mengalami anemia akibat kekurangan EPO. Untuk mencegah dan mengatasi anemia penderita gagal ginjal disarankan mengonsumsi peterseli secara rutin sehingga dapat menigkatkan asupan zat besi yang diperlukan untuk mencegah dan mengatasi anemia.

14. Mencegah infeksi kandung kemih

Konsumsi peterseli secara teratur juga sangat baik untuk mencegah infeksi pada kandung kemih yang memiliki hubungan erat dengan ginjal sehingga turut berpengaruh pada kesehatan ginjal. Cara lain untuk mencegah infeksi kandung kemih adalah dengan manfaat daun kingkilaban dan manfaat daun bengang.

15. Menghambat perkembangan radikal bebas

Peterseli kaya akan berbagai antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh dalam memerangi radikal bebas. Dengan konsumsi peterseli secara teratur dapat menghambat perkembangan radikal bebas sehingga tidak mengganggu atau menyerang sel-sel tubuh termasuk sel-sel pada ginjal.

16. Merangang produksi urin

Sifat diuretik pada peterseli bermanfaat untuk merangsang produksi urin sehingga urin dapat dikeluarkan secara optimal. Lancarnya pengeluaran urin berhubungan erat dengan kesehatan ginjal karena dapat mencegah penumpukan urin yang dapat berakibat buruk pada kesehatan ginjal. Kelancaran produksi urin juga dapat dirasakan dengan manfaat daun afrika kering dan manfaat teh hijau.

17. Melancarkan peredaran darah

Peredaran darah berhubungan erat dengan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan lancarnya aliran darah menjadikan distribusi oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh termasuk ginjal menjadi lancar pula sehingga kesehatan ginjal terpelihara.


18. Anti inflamasi

Peterseli juga memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan sehingga dengan konsumsi tumbuhan ini secara teratur dapat mencegah dan mengatasi berbagai radang pada organ tubuh termasuk radang pada ginjal. Selain itu anda juga dapat mengonsumsi manfaat kunyit untuk ginjal dan manfaat klorofil bagi tubuh untuk mencegah dan mengatasi inflamasi.

19. Baik untuk kesehatan jantung

Sebagai organ vital yang berfungsi memompa darah yang membawa oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh jantung memiliki peranan penting bagi kesehatan berbagai organ tubuh termasuk ginjal. Konsumsi daun peterseli dapat membuat jantung lebih sehat sehingga dapat memompa darah secara optimal dan kesehatan ginjal pun terpelihara.

20. Sumber antioksidan alami

Konsumsi daun peterseli secara teratur juga dapat memberi asupan antioksidan alami pada tubuh sehingga tubuh memiliki antioksidan yang cukup untuk melakukan tugasnya dalam menghambat perkembangan radikal bebas dan berbagai organ tubuh termasuk ginjal terlindungi dari efek berbahaya radikal bebas. Manfaat bunga rosella merah dan manfaat belimbing juga bisa dijadikan sumber antioksidan alami bagi tubuh.

Itulah diantara manfaat peterseli untuk ginjal sehingga kesehatan ginjal terpelihara dan terhindar dari berbagai penyakit. Tentu saja konsumsi makanan sehat saja tidak cukup, diperlukan pola hidup sehat seperti mengatur pola makan, menjaga berat badan, menghindari minuman beralkohol, dan rajin berolahraga sehingga kesehatan ginjal dan berbagai organ tubuh lainnya terpelihara dengan baik.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan