Manfaat Pete untuk Mengatasi Darah Tinggi (Hipertensi)

Pete atau dikenal juga dengan petai merupakan salah satu bahan makanan yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pete sering disandingkan dengan jengkol sebagai makanan yang memiliki aroma khas dan menyengat namun rasanya sungguh nikmat serta dapat diolah dengan berbagai cara. Bisa dilalap, digoreng, digulai, dan lain sebagainya. Tidak hanya nikmat bahan makanan yang memiliki nama latin parkia speciosa ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ada banyak manfaat pete yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi penyakit dan gangguan kesehatan.

Berbagai manfaat tersebut dihasilkan dari beragam nutrisi yang terkandung pada pete diantaranya manfaat karbohidrat, manfaat protein, manfaat vitamin A, vitamin B6, manfaat fosfor, manfaat zat besi, dan manfaat kalium. Pete juga mengandung 3 jenis gula alami yang diperlukan oleh tubuh yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat sehingga dapat menghasilkan energi secara lebih cepat namun dapat bertahan cukup lama. Selain kaya nutrisi pete juga dapat dijadikan sumber energi bagi tubuh. Hal ini bisa dilihat dari 100 gram pete terkandung kalori sebanyak 142 kcal. Jumlah yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan kalori tubuh.

Salah satu manfaat pete yang sangat luar biasa adalah untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan kondisi dimana tekanan darah mengalami peningkatan dari kondisi normalnya sehingga membebani dinding pembuluh darah dan jantung yang berperan sebagai pemompa darah. Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan berbagai komplikasi yang sangat berbahaya bagi kesehatan seperti serangan jantung, kerusakan pada pembuluh darah kecil di ginjal, sindrom metabolik, serta aneurisme. Sama seperti penyakit diabetes, yang membahayakan dari hipertensi adalah berbagai komplikasi yang menyertainya.

Manfaat pete untuk darah tinggi ditunjang oleh kombinasi menguntungkan yaitu kalium yang tinggi dan garam yang rendah. Kombinasi ini sangat baik untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya agar tetap stabil. Seperti diketahui konsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah sehingga penderita hipertensi dibatasi dalam konsumsi garam. Dengan kandungan garam yang rendah dan kalium yang tinggi maka tekanan darah akan terjaga kestabilannya. Meskipun demikian bukan berarti setelah makan pete anda dapat konsumsi garam seenaknya, tetap harus dibatasi dalam jumlah yang wajar.

Manfaat pete untuk darah tinggi juga didukung oleh kemampuan pete untuk menghilangkan stres yang merupakan salah satu penyebab hipertensi. Hal ini disebabkan oleh kandungan triptofan pada pete yang bermanfaat untuk mengendurkan saraf-saraf otak sehingga dapat menghilangkan stres serta menimbulkan perasaan tenang dan bahagia. Merasa kurang yakin? Coba saja makan pete dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan mental anda.

Selain pete ada beberapa jenis makanan lain yang juga sangat baik untuk mencegah dan mengatasi tekanan darah tinggi. Diantaranya manfaat daun beluntas untuk hipertensi, manfaat daun ciplukan untuk hipertensi, manfaat mengkudu untuk hipertensi, manfaat melon untuk hipertensi, manfaat jipang untuk hipertensi, manfaat buah naga bagi penderita darah tinggi, manfaat buah okra, manfaat melinjo bagi kesehatan, manfaat daun alpukat, serta berbagai jenis buah, sayuran, atau tanaman herbal lainnya..

Meskipun manfaat pete untuk darah tinggi dan beragam buah, sayur, atau tanaman herbal lain baik untuk mengatasi hipertensi namun mencegah lebih baik daripada mengobati. Lebih baik memulai gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan kaya serat dan rendah lemak, menghindari konsumsi garam berlebihan, rajin berolahraga, serta menghindari minuman keras dan rokok. Dengan melakukan hal ini tidak hanya hipertensi yang bisa dicegah namun juga berbagai penyakit berbahaya lainnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran