7 Manfaat Rebusan Kulit Petai untuk Kesehatan Tubuh

Pete merupakan tanaman biji-bijian yang selain digunakan sebagai bahan makanan, diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya biji pete saja, kulit pete juga bisa dijadikan sebagai bahan pengobatan herbal yang cukup ampuh.

Apabila artikel sebelumnya dibahas tentang manfaat rebusan kulit pete untuk penyakit dan tanaman, kali ini akan dibahas mengenai beberapa manfaat rebusan kulit petai untuk kesehatan yang tidak banyak diketahui orang. Di dalam kulit pete banyak mengandung senyawa aktif seperti antioksidan berupa fenolik dan khasiat lain untuk tubuh, seperti berikut ini:

1. Mengatasi trauma pada otot persendian

Cedera pada otot dan sendi bisa mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan untuk bergerak, terasa ngilu dan lain sebagainya. Biasanya hal ini bisa terjadi setelah kecelakaan, pada atlet atau benturan keras lainnya. Terapi dengan rebusan air  pete bisa membantu merilekskan trauma otot sendi, sehingga lama kelamaan bisa digerakkan dan rasa nyeri bisa berkurang.

2. Meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh

Seperti halnya dengan manfaat pete untuk kesehatan tubuh rebusan kulit pete juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini akan berdampak positif terhadap proses pencernaan, sehingga masalah pencernaan dapat dicegah dan zat tidak penting yang menumpuk dalam sistem pencernaan bisa dikeluarkan dengan baik.

3. Menurunkan kadar gula darah di tubuh

Khasiat air rebusan kulit pete ini sangat bermanfaat untuk penderita diabetes, karena bisa menurunkan kadar gula darah secara alami. Pastikan mengkonsumsi air rebusan secukupnya secara rutin dan tidak berlebihan agar kadar gula darah tinggi dalam tubuh bisa diatasi dengan optimal.

4. Menjaga kesehatan jantung

Senyawa fenolik dalam kulit pete tenyata juga ampuh sebagai agen anti inflamasi  juga anti pembekuan. Khasiat inilah yang membuat manfaat kulit pete rebus untuk kesehatan jantung bisa diperhitungkan, karena dengan khasiat tersebut bisa membantu menyehatkan dan melancarkan kerja organ jantung dalam menyuplai oksigen ke seluruh tubuh melalui darah.

5. Memulihkan penyakit asam urat

Manfaat rebusan kulit pete lainnya adalah untuk membantu asam urat agar cepat sembuh dan pulih. Dengan air dari rebusan kulit pete juga bisa mengurangi peradangan dan rasa panas pada persendian yang biasanya dialami penderita asam urat. Sehingga dengan mengkonsumsi air rebusan kulit pete dengan telaten bisa menyembuhkan dan mengurangi gejala asam urat.

6. Menyembuhkan gejala impotensi pada pria

Manfaat air rebusan kulit pete ini sama dengan manfaat kayu ular  untuk pria dalam kejantanan yaitu untuk mengatasi impotensi. Secara tidak langsung khasiat dalam kulit pete bisa meningkatkan hormon dalam tubuh pria, juga bisa meningkatkan stamina dan kekuatan pria jika rutin mengkonsumsi air rebusan sebagi terapi.

7. Membantu pemulihan pasca stroke

Khasiat dalam kulit pete juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi gejala dan pemulihan setelah pengobatan stroke. Pada umumnya, pasca stroke penderita bisa mengalami gangguan menggerakkan anggota tubuh. Seperti halnya manfaat daun kersen untuk stroke, air rebusan daun pete dapat membatu mengatasi gangguan bergerak jika dkonsumsi secara teratur.

Dengan mengetahui manfaat rebusan kulit petai di atas, tentunya bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan herbal untuk mengatasi penyakit yang dimiliki. Kuncinya jangan berlebihan dalam mengkonsumsi air rebusan agar khasiatnya bisa diperoleh dengan maksimal, bukan malah membahayakan tubuh. Demikian ulasan tentang khasiat rebusan kulit pete bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran