4 Manfaat Pete untuk Jantung yang Sehat

Pete memiliki nama latin yaitu Parkia speciosa. Tanaman ini termasuk kedalam suku olong- polongan. Dan tanaman ini tersebar banyak diseluruh wilayah nusantara barat. Tanaman pete bisa dikonsumsi baik biji dan kulitnya. Kulit pete memiliki warna hijau dan buahnya panjang – panjang. Untuk pohonnya sendiri pete memiliki tinggi 20 meter. Untuk bunganya terletak diujung ranting dan satu bongkol terdapat beberapa buah didalamnya. Sedangkan untuk bijinya sendiri pete rata – rata berjumah sebanyak 20 tabung.

Dalam fungsinya manfaat pete untuk jantung telah terbukti sebagai salah satu obat herbal. Sedangkan manfaat kulit pete rebus juga memiliki manfaat yang sama untuk jantung dan melancarkan sistem peredaran darah. Didalam manfaat pete untuk jantung terkandung nutrisi sebagai berikut :

  • Protein dimana manfaat protein untuk kesehatan adalah memelihara sel tubuh dan mendukung metabolisme tubuh.
  • Lemak dimana manfaat lemak berguna untuk penyerapan vitamin dan menunjang fungsi otak.
  • Karbohidrat dimana manfaat karbohidrat adalah untuk mengendalikan berat badan dan sebagai sumber energi bagi tubuh.
  • Vitamin c dimana manfaat vitamin c adalah untuk melawan kanker dan memperbaiki jaringan kulit.
  • Vitamin e dimana manfaat vitamin e adalah untuk mencegah kanker dan masalah kewanitaan.

Manfaat pete untuk jantung ini dapat mencegah beberapa penyakit yang berhubungan dengan jantung antara lain sebagai berikut :

1. Gagal jantung

Gagal jantung disebabkan karena jantung tidak dapat berfungsi secara normal untuk memompa darah keseluruh tubuh. Akibatnya kinerja organ tubuh lainnya menjadi terganggu.

2. Jantung korener

Jantung koroner disebabkan karena penumpukkan lemak pada aliran pembuluh utama pada jantung. Penyakit ini merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Jantun koroner banyak disebabkan karena merokok dan terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak tanpa di imbangi olahraga.

3. Jantung bawaan

Jantung bawaan merupakan penyakit yang ada sejak lahir terutama saat masih menjadi janin. Adapuun ciri – ciri dari jantung bawaan ini adalah nafsu makan dan berat badan menurun serta mudah sekali untuk merasa lelah.

4. Otot jantung

Otot jantung adalah penyakit yang membuat kinerja otot jantung menjadi tidak sempurna. Penyakit ini membuat kinerja jantung menjadi tidak optimal dalam menjalankan tugasnya.

Itulah beberapa jenis penyakit yang berhubungan dengan jantung secara langsung. Dan selain manfaat pete untuk jantung terdapat bahan alami lainnya yang bermanfaat untuk jantung antara lain manfaat omepros, manfaat kalsium bagi jantung dan manfaat coklat untuk jantung.

Adapun cara untuk mengolah pete sebagai salah satu manfaat pete untuk jantung yang baik adalah sebagai berikut ini :

  • Pete yang dikosumsi adalah bagian bijinya saja sehingga kulitnya harus di kupas terlebih dahulu.
  • Jika kulit pete sudah di kupas hendaknya disimpan dalam wardah tertutup kemudian hindari dari sinar matahari secara langsung. Kena sinar matahari dapat mengakibatkan pete menjadi kering.
  • Selanjutnya pete yang akan direbus di cuci terlebih dahulu dan di masukkan ke dalam panci.
  • Beri tambahan air sekitar 3 gelas dan tunggu hingga mendidih.
  • Setelah mendidih biarkan hingga air hanya tersisa dua gelas saja.
  • Jika sudah baru diangkat dan di dinginkan airnya.
  • Lalu baru kemudian di minum air dari rebusan tempe tersebut.

Nah, itulah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengolah pete tesebut. Manfaat pete untuk jantung tersebut airnya rebusannya dapat rutin diminum sebanyak satu kali sehari namun dalam satu minggu berturut – turut. Jika sudah baru kemudian diminum satu kali seminggu untuk mencegah penyakit jantung.