5 Manfaat Sayur Asem untuk Ibu Hamil yang Sangat Penting

Salah satu makanan tradisional yang hingga kini masih digemari orang dan selalu ludes di pasa yaitu sayur asem. Sayur asem sendiri merupakan salah satu masakan yang mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini tentunya terkait dengan rasa dan cara pembuatannya berbeda jika anda melihat manfaat lari bagi wanita, sebenarnya ada banyak sekali variasi sayur asem tentunya ini terkait dengan daerah ataupun kota di Indonesia. Dari banyaknya variasi sayur asem, ada jenis sayur asem Jakarta, sayur asem Jawa Tengah, sayur asem Tegal, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya banyaknya variasi jenis sayur asem tersebut tergantung dari selera orang – orang di daerahnya. Pada dasarnya sayur asem memiliki rasa yang hampir sama yaitu rasa sedikit asam, asin dan tentunya segar karena seperti yang anda tahu sayur asem memiliki air yang banyak. Berbeda dengan sayur pada umumnya, sayur asem sangat mudah dibuat, anda hanya perlu menyediakan bahan- bahan yang sangat mudah didapatkan.  Adapun bahan dasar dalam pembuatan sayur asem seperti kacang tanah, melinjo, belimbing wuluh atau belimbing sayur, labu siam, kacang panjang dan asam jawa.

Hal terpenting yang harus ada ketika memasak sayur asem yaitu asam jawa dan anda juga bisa menambahkan jagung manis untuk menambah bahannya. Jagung manis sangat cocok digunakan dalam pembuatan sayur asem karena rasanya yang cocok jika dipadukan dengan kuah sayur asem. Sering juga ditambahkan dengan gorengan dadar jagung ataupun sambal untuk menambah nikmatnya sayur asem. Tidak hanya baik untuk dikonsumsi anak- anak saja berbeda dengan manfaat daun gambas, sayur asem sendiri ternyata juga sangat baik bagi ibu hamil.

Hal ini tentunya karena sayur asem selain memiliki kandungan air yang cukup juga berbahan dasar sayuran yang kaya akan serat dan nutrisi. Dan seperti yang kita ketahui, ibu hamil sangat dianjurkan untuk menjaga asupan meraka. Bagi anda yang sedang hamil, anda bisa mengkonsumsi sayur asem secara berkala. Selain sangat baik untuk kesehatan anda juga sangat baik untuk janin anda. Cara memasaknya sendiri cukup mudah, setelah anda menyiapkan berbagai bahan sayur asem seperti yang telah disebutkan, anda bisa mulai mendidihkan sepanci air.

Dan cuci bersih terlebih dahulu bahan- bahan sayur asem tersebut lalu potong- potong kecil dan masukkan ke dalam air mendidih tersebut. Terakhir sebagai penambah rasa agar sayur anda memiliki rasa yang lezat, anda bisa menambahkan garam, sedikit merica, bawang goreng dan sedikit gula. Untuk konsumsi yang baik bagi ibu hamil berbeda dengan manfaat akupuntur untuk kolesterol, anda bisa mengkonsumsinya dengan nasi atau tanpa nasi. Terkait dengan banyaknya nutrisi yang ada pada sayur asem, berikut kami sampaikan informasi seputar apa saja manfaat dari sayur asem bagi anda yang sedang hamil.

Manfaat Sayur Asem untuk Ibu Hamil

  1. Melancarkan Pencernaan

Bagi anda yang sedang hamil sangat lumrah jika anda sering mengalami gangguan pencernaan seperti susah BAB. Apalagi jika usia kehamilan anda menginjak 5 bulan ke atas, untuk itu biasanya anda akan disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah ataupun sayur. Salah satu jenis masakan yang bisa anda konsumsi yaitu sayur asem, sengan mengkonsumsinya secara berkala dengan begini gangguan pencernaan anda bisa teratasi. Hal ini karena sayur asem berbahan dasar dari berbagai macam jenis sayur dengan serat yang tinggi.


  1. Mengatasi Anemia

Selain sering mengalami gangguan pencernaan, ibu hamil kebanyakan juga sering mengalami anemia. Adapun tanda- tanda munculnya anemia yang biasa dialami ibu hamil yaitu pusing, mudah lelah, lemas dan mudah mengantuk. Jika tidak diatasi tentunya ini berbahaya bukan hanya untuk ibu hamil saja tetapi juga kandungannya. Untuk itu anda bisa mengatasinya ataupun mencegah dengan mengkonsumsi sayur asem.

  1. Mencegah Kecacatan Pada Janin

Sayur asem mengandung banyak sekali sayur yang memiliki kandungan asam folat dan vitamin. Ini merupakan nutrisi penting bagi janin anda berbeda dengan manfaat air kelapa untuk kolesterol, karena dengan kandungan nutrisi tersebut maka janin akan terhindar dari kecacatan. Anda bisa mengkonsumsi sayur asem secara berkala agar janin anda menjadi bayi yang sehat nantinya.

  1. Merangsang Tumbuh Kembang Janin

Selain mencegah kecacatan pada janin, sayur asem yang mengandung banyak sekali nutrisi mulai dari mineral, asam, hingga vitamin lengkap dapat merangsang tumbuh kembang janin anda. Tentunya setiap ibu ingin agar anaknya memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang baik dan cepat, untuk itu anda bisa mulai mengkonsumsi sayur asem.

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kandungan vitamin lengkap pada sayur asem terutama kadar vitamin yang tinggi mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh anda yang sedang hamil. Tidak hanya sistem imun tubuh anda saja berbeda dengan manfaat daun gempur batu, begitupun dengan janin anda. Dengan begini tidak hanya anda saja yang sehat tetapi janin dalam kandungan anda pun juga akan terlahir sehat dan baik.

Itulah berbagai informasi mengenai apa saja manfaat dari sayur asem bagi anda yang sedang hamil, konsumsilah secara berkala untuk mendapatkan semua manfaatnya. Semoga informasi yang dapat kami sampaikan di atas bermanfaat dan menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan