17 Manfaat Ubi Alabio untuk Kesehatan

Bagi anda yang menggemari jajanan tradisional pasti tahu dengan salah satu bahan pangan ini berbeda jika anda melihat manfaat temulawak untuk maag, banyak sekali makanan ataupun jajanan tradisional yang terbuat dari ubi. Selain itu banyak pula penggemar ubi, ubi sendiri sangat mudah untuk dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Ada berbagai macam jenis ubi seperti ubi jalar, ubi cilembu, ubi talas, dan masih banyak sekali. Kali ini kita akan membahas sedikit mengenai salah satu jenis ubi dengan rasa yang khas. Ubi alabio merupakan salah satu jenis ubi yang saat ini sedang banyak di cari oleh masyarakat, selain itu harganya juga sangat ekonomis.

Secara ilmiah ubi alabio memiliki nama ilmiah Dioscorea alata L, selain itu ubi alabio memiliki nama lain yaitu ubi kelapa atau yam. Sebenarnya nama alabio sendiri merupakan sebutan ubi kelapa dari daerah Kalimantan Selatan. Ciri dari tanaman ubi ini memiliki panjang hingga 10 m dan termasuk dari tumbuhan perdu. Untuk pertumbuhannya sendiri ubi alabio memerlukan tiang panjat agar dapat tumbuh ke atas dengan baik dan daunnya juga dapat melakukan proses fotosintesis dengan baik. Sedangkan untuk bentuk ubinya sendiri lebih cenderung bulat tidak beraturan dengan besar dan berat yang beragam, tidak hanya itu terkadang bentuknya juga panjang dan sedikit bercabang. Adapun warna daging ubi alabio berwarna marah, ungu dan putih. Selain dari harganya yang ekonomis dan rasanya yang enak, adapun kandungan nutrisi yang sangat baik.

Kandungan Nutrisi Ubi Alabio

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Air
  • Pati
  • Serat
  • Glukosa
  • Antioksidan
  • Vitamin A, C, dan E
  • Asam amino

Dengan banyaknya kandungan nutrisi serta rasanya yang cenderung lembut dan manis berbeda jika anda melihat manfaat kunyit asam sirih, ubi alabio banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan dari berbagai jenis jajanan dan pangan. Bahkan sudah banyak sekali orang maupun industri yang berinovasi mengenai makanan ataupun jajanan dari ubi alabio. Berbagai jajanan tersebut diantaranya keripik, mie ubi, roti, kue kering, hingga bahan olahan seperti tepung. Selain sebagai bahan dasar dalam pembuatan makanan ataupun jajanan, ubi alabio memiliki manfaat lain, bagi anda yang penasaran apa saja manfaat ubi alabio berikut penjelasan singkatnya.

Manfaat Ubi Alabio

  1. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan pada ubi alabio sangat baik untuk mencegah kanker, terutama kanker serfiks, kanker usus besar, dan kanker payudara.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika anda mengkonsumsi ubi alabio secara berkala, anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga anda tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat pada ubi alabio sangat baik bagi anda yang sering mengalami susah BAB ataupun sembelit berbeda jika anda melihat manfaat kunyit untuk kesehatan rahim wanita, sehingga pencernaan anda akan lebih lancar.

  1. Mengatasi Diabetes

Kandungan karbohidrat serta glukosa pada ubi alabio sangatlah baik bagi anda yang memiliki riwayat diabetes.

  1. Menstabilkan Tekanan Darah

Bagi anda yang sering mengalami tekanan darah tidak stabil, anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi ubi alabio secara teratur.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Ubi alabio memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata anda, jika anda mengkonsumsinya secara teratur maka mata anda akan selalu terjaga kesehatannya.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain dapat menjaga kesehatan mata berbeda dengan manfaat gula asam, anda juga dapat menjaga kesehatan tulang agar selalu kuat dan tidak mudah mengalami penyakit ataupun gangguan tulang.


  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Ubi alabio sangat bagus bagi anda yang ingin memiliki jantung sehat dan kuat agar tidak mudah terkena gangguan ataupun penyakit.

  1. Mengatasi Kecanduan

Bagi anda yang ingin menghilangkan kebiasaan ataupun rasa kecanduan rokok dan alcohol dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi ubi alabio.

  1. Menghilangkan Mata Panda

Memiliki lingkaran hitam di sekitar mata dapat mengganggu penampilan anda, anda fdapat menghilangkannya dengan mengkonsumsi ubi alabio.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Bagi anda yang sering mengalami gusi berdarah atau ingin memiliki gigi yang sehat dan terhindar dari penyakit gigi, anda bisa memanfaatkan ubi alabio.

  1. Mengatasi Dehidrasi

Ubi alabio memiliki kandungan air yang cukup untuk mengatasi dehidrasi yang anda alami.

  1. Mengatur Kadar Kolesterol

Selain dapat menjaga kadar kolesterol, ubi alabio juga dapat mengatur kadar kolesterol anda agar stabil.

  1. Mencegah Peradangan

Ubi alabio sangat efektif untuk mencehgah peradangan seperti radang tenggorokan dan lambung.

  1. Meredakan Asma

Bagi anda yang memiliki riwayat asma, anda dapat mengatasi dan meredakannya dengan mengkonsumsi ubi alabio setiap pagi.

  1. Mengatasi Nyeri Saat Batuk

Selain mengatasi asma, ubi alabio dapat meredakan rasa nyeri yang anda alami saat batuk.

  1. Memulihkan Penyakit Bronchitis

Ubi alabio juga sangat efektif untuk dijadikan sebagai obat penyakit bronchitis.

Itulah berbagai manfaat dari ubi alabio berbeda pula jika anda melihat manfaat jahe dan sereh, yang sangat baik untuk kesehatan anda. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan