3 Manfaat Olahan Bekicot untuk Konsumsi

Bekicot merupakan salah satu hewan dalam bagian hewan molusca dan masuk ke dalam genus Gastrophoda. Bekicot atau keong banyak dianggap sebagai hama tanaman, karena seringkali merusak tanaman sawah dan juga perkebunan. Bekicot merupakan salah satu jenis hewan dengan populasi yang sangat banyak dan dapat berkembang biak dengan mudah. Anda dapat menemukan bekicot dengan sangat mudah pada daerah persawahan dan juga daerah-daerah yang berlumpur dan berlumut, seperti di pinggiran kolam ikan.

Memiliki nama latin Achatina Fulica, bekicot pada awalnya berasal dari daratan Afrika yang tersebar ke seluruh penjuru dunia melalui kapal-kapal selama proses perdagangan berlangsung. Dengan sifatnya yang banyak mengganggu tanaman dan juga daerah perkebunan, maka wajar saja bahwa bekicot banyak dibenci dan dibasmi oleh para petani, agar kondisi panennya tidak mengalami penurunan.

Hasil Olahan bekicot

Meskipun seringkali dianggap sebagai hama tanaman, namun ternyata bekicot memiliki sisi lain yang bermanfaat bagi manusia. Salah satu manfaat bekicot bagi manusia adalah olahan dari bekicot itu sendiri. Saat ini, banyak daerah yang memasarkan hasil olahan dari bekicot untuk dikonsumsi. Konsumsi dari olahan bekicot ternyata sudah terjadi dari sejak jaman dulu kira-kira pada jaman Romawi kuno, daging bekicot seringkali dikonsumsi dan diolah menjadi bentuk konsumsi. Saat ini di Perancis, terdapat pula olahan bekicot, yang dikenal dengan nama “Escargot”.

Tak mau kalah, di Indonesia pun sudah banyak sekali produk olahan bekicot. Berikut ini adalah beberapa olahan bekicot yang banyak dipasarkan di Indonesia :

  • Sate bekicot
  • Sup dan gulai bekicot
  • Keripik Bekicot
  • Sambal goreng bekicot
  • Air rebusan bekicot

Hasil olahan bekicot, seperti yang sudah disebutkan di atas, ternyata selain unik dan juga menantang, juga memilki beberapa manfaat bagi tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat olahan daging bekicot :

1. Sebagai bahan pengobatan

Hal ini belum dapat dipastikan secara medis, karena belum ada penelitian yang benar-benar mengungkap bahwa daging bekicot mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun demikian, saat ini banyak kepercayaan di lingkungan masyarakat yang menyebutkan bahwa hasil olahan bekicot mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa dicegah dan juga disembuhkan oleh olahan bekicot, terutama daging bekicot :

Tidak hanya olaan daging bekicot yang bermanfaat untuk mengobati penyakit, namun juga lender dari bekicot pun dipercaya dapat menjadi salep dan dan juga obat yang ampuh untuk :

  • Menyembuhkan luka
  • Sakit gigi
  • Penyakit TBC

2. Kaya akan protein

Manfaat lainnya dari olahan bekicot adalah nilai gizinya. Daging bekicot memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, yang mampu untuk membantu memperkuat tubuh anda dan berpengaruh terhadap ketahanan otot dan perkembangan otot tubuh anda. Kira – kira, pada 100 gram daging olahan bekicot, terdapat kurang lebih 12 gram manfaat protein.

Konsumsi makanan berikut ini juga mampu mengoptimalkan sistem imun tubuh :

3. Kaya Zat Gizi

Selain memilki kandungan protein yang sangat tinggi, olahan bekicot juga diketahui memiliki banyak kandungan gizi lainnya. Berikut ini adalah beberapa kandungan gizi lainnya yang tedapat pada daging bekicot :

  • Lemak sebanyak 1%
  • Hidrat arang sebanyak 2%
  • Manfaat kalsium sebanyak 237 mg
  • Fosfor sebanyak 78 mg
  • Fe sebanyak 1,7 mg
  • Dan kandungan vitamin B12

Dengan kandugnan gizi seperti itu, maka sepertinya sangat wajar apabila olahan bekicot dinilai sebagai salah satu daging olahan yang emmiliki nilai gizi tinggi dan sangat baik untuk dikonsumsi siapa saja.

Namun demikian, sebelum mengkonsumsi olahan dari bekicot, pastikan dulu apabila proses pembersihan racun dan juga keseluruhan bekicot sudah benar-benar bersih. Yang terpenting adalah dalam pengolahannya, bekicot juga harus dimasak hingga benar-benar matang dan aman untuk dikonsumsi.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan