10 Manfaat Norit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Norit merupakan merek dagang dari zat arang atau karbon aktif yang dikemas dalam bentuk pil berwarna hitam dan dapat dengan mudah ditemukan di toko obat bahkan minimarket. Obat ini berasal dari zat arang atau karbon yang didapat dari berbagai sumber di alam dimana zat arang dikenal memiliki kemampuan menyerap yang baik.  Kemudian zat arang tersebut diaktifkan dengan mencampurnya bersama beberapa zat kimia sehingga ia memiliki luas permukaan yang lebih besar dan sebagian tindakan juga menyebabkan kemampuan penyerapannya menjadi lebih tinggi.

Baca juga:

Kemampuan menyerapnya yang baik serta luas permukaannya yang luas menjadikan karbon aktif banyak dimanfaatkan untuk menyerap dan mengikat zat-zat racun yang berada di dalam tubuh dan kemudian dibuang bersama kotoran. Norit boleh dikonsumsi dan bisa juga diaplikasikan pada bagian tubuh tertentu untuk mengatasi berbagai penyakit sehingga dapat digunakan untuk mengatasi keluhan kesehatan dan kecantikan. Berikut beberapa manfaat norit untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Melancarkan pencernaan

Sebagai karbon aktif norit mampu mengikat berbagai zat-zat racun atau zat berbahaya dalam saluran pencernaan sehingga saluran pencernaan menjadi bersih dan dapat berproses dengan lancar. Makanan dapat diproses dan diserap dengan baik serta zat sisa dari proses pencernaan tersebut juga dapat dibuang dengan lancar.

Baca juga: manfaat vegeta – manfaat yakult

2. Memutihkan gigi

Kebiasaan mengonsumsi kopi dan teh serta merokok dapat menyebabkan gigi menjadi kuning sehingga membuat sebagian orang merasa tidak percaya diri. Untuk mengembalikan warna asli gigi anda dapat menggunakan norit yang langsung diaplikasikan pada bagian gigi yang menguning menggunakan sikat gigi yang telah dibasahi sebelumnya.

Baca juga: memutihkan gigi – manfaat strawberry untuk gigi

3. Memutihkan ketiak

Norit juga bisa dimanfaatkan untuk memutihkan ketiak yang menghitam. Caranya dengan mengaplikasikan norit yang dicampur dengan madu murni hingga menjadi pasta pada ketiak. Diamkan sekitar 10 hingga 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Baca juga: manfaat kapur sirih – manfaat tawas untuk ketiak

4. Menjaga kesehatan mulut

Selain itu penggunaan norit juga dapat membantu menjaga mulut tetap sehat diantaranya dengan menjaga keseimbangan kadar keasaman dalam mulut, menghilangkan bau mulut, menjaga gigi agar tetap kuat dan terhindar dari gigi berlubang, serta meredakan penyakit gusi.

Baca juga: manfaat albothyl – manfaat air garam untuk mulut

5. Meredakan perut kembung

Manfaat norit lainnya adalah untuk mengatasi perut kembung yang mengindikasikan adanya gas berlebih di dalam perut. Hal ini biasanya terjadi karena ada bakteri tertentu yang berkembang di dalam usus atau sehabis mengonsumsi makanan yang mengandung sulfur, produk susu, atau mengonsumsi minuman bersoda. Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi norit dan diikuti minum air yang banyak.

Baca juga: manfaat kunyit – manfaat sagu untuk lambung

6. Penawar racun

Kemampuan karbon aktif yang terkandung di dalam norit untuk mengikat zat-zat racun bisa dimanfaatkan sebagai penawar racun. Sebaiknya norit segera dikonsumsi setelah diketahui ada racun yang masuk ke dalam tubuh sehingga lebih cepat diserap dan dibuang bersama feses. Meskipun demikian tidak semua jenis racun bisa diatasi dengan norit. Racun sianida, litium, atau keracunan alkohol tidak dapat diatasi dengan norit sehingga dibutuhkan bantukan medis dengan segera.

Baca juga: manfaat daun sambiloto – manfaat degan wulung

7. Menghilangkan bau badan

Timbulnya bau badan terutama ketika berkeringat berkaitan dengan adanya kandungan racun atau toksin pada keringat yang kita keluarkan sehingga membuat seseorang tidak percaya diri. Salah satu solusinya adalah dengan mengonsumsi norit yang akan menyerap zat racun atau toksin tersebut dan dibuang bersama feses sehingga kandungan toksin dalam tubuh bisa dikurangi dan bau badan pun akan berangsur membaik.

Baca juga: manfaat deodorant – manfaat daun beluntas untuk bau badan

8. Mengatasi gigitan serangga

Gigitan serangga bisa menyebabkan kulit menjadi gatal, kemerahan, perih, hingga bengkak. Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan mengaplikasikan norit yang telah digerus dan dicampur minnyak kelapa pada bagian kulit yang terkena gigitan. Perbaharui olesan ramuan ini setiap setengah jam agar bekas gigitan serangga segera membaik.

Baca juga: manfaat minyak but but – manfaat daun daruju

9. Mengobati jerawat

Jerawat berasal dari kotoran dan bakteri yang menumpuk di wajah sehingga untuk mengobatinya adalah dengan membuang kotoran atau bakteri tersebut dari wajah. Dengan menggunakan norit dapat mengikat dan mengangkat kotoran dan bakteri tersebut sehingga wajah bersih dan terbebas dari jerawat. Caranya dengan mengaplikasikan campuran norit dan gel lidah buaya pada wajah secara langsung selama beberapa saat dan kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga: manfaat acnol – manfaat natur e

10. Mencegah penuaan dini

Menjadi tua adalah hal yang wajar namun anda tentu tidak ingin menua sebelum waktunya. Berbagai kotoran dan polusi di sekitar kita serta gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan tubuh terkontaminasi berbagai zat racun atau zat kimia berbahaya lainnya sehingga memaksa kerja ginjal dan hati untuk menetralisirnya. Untuk mencegah kedua organ ini bekerja terlalu keras sehingga menyebabkan tubuh mengalami penuaan dini maka anda dapat mengonsumsi norit yang dapat membantu mengikat dan membuang berbagai racun dan zat kimia berbahaya yang sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: manfaat olahraga untuk awet muda – manfaat wudhu untuk kecantikan

Meskipun dapat menyerap dan mengikat zat racun namun norit atau karbon aktif belum mampu membedakan dengan baik mana zat yang berbahaya dan mana yang tidak sehingga terkadang nutrisi yang baik bagi tubuh pun juga diserap olehnya. Hal ini tentu kurang baik bagi tubuh sehingga sebaiknya jangan mengonsumsi norit terlalu sering. Hanya gunakan ketika dibutuhkan seperti ketika mengalami keracunan. Selain itu sebaiknya jangan dikonsumsi setelah mengonsumsi makanan atau minuman bergizi karena dikhawatirkan akan diserap terlebih dahulu oleh norit sebelum sempat diserap oleh tubuh. Norit juga dapat menyebabkan dehidrasi sehingga sebaiknya perbanyak minum air putih setelah mengonsumsinya.

Demikianlah manfaat norit sebagai karbon aktif yang dapat membantu menyerap zat racun dan berbahaya dari dalam tubuh. Oleh karena itu obat ini banyak digunakan untuk mengatasi ganguan kesehatan akibat kontaminasi racun atau zat kimia berbahaya. Norit juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan. Jadi tidak ada salahnya menyimpan cadangan obat satu ini di dalam kotak obat anda sehingga dapat langsung digunakan ketika dibutuhkan.