15 Manfaat Wudhu untuk Kecantikan Wanita

Berbicara mengenai wudhu, tentunya bagi semua umat muslim kata tersebut sudah tidak asing lagi. Wudhu adalah salah satu tahapan wajib yang harus dilakukan sebelum hendak melaksanakan sholat. Wudhu bertujuan untuk mensucikan diri dari hadas besar maupun hadas kecil. Namun, tahukah kalau ternyata wudhu memberikan manfaat lain di segi kecantikan? Simak beberapa manfaat wudhu untuk kecantikan yang akan anda dapatkan berikut ini:

1. Mengecilkan Pori-Pori

Bagi setiap perempuan, memiliki wajah yang berpori-pori besar adalah salah satu  masalah penampilan. Pori-pori membesar membuat wajah tampak lebih mudah berminyak dan membuat makeup yang anda gunakan lebih mudah luntur. Wajah dengan pori-pori yang besar juga lebih berpotensi terkena jerawat dan muncul flek hitam. Namun, ada hal mudah untuk mengatasi hal ini. Wudhu membuat intensitas anda membersihkan wajah semakin banyak, apabila wajah sering terkena air secara rutin maka akan menurunkan suhu pada wajah. Suhu yang normal pada wajah akan secara otomatis membuat pori pori anda mengecil dengan sendirinya. Sehingga anda tidak perlu khawatir dengan kemungkinan produksi minyak berlebih. Baca juga: Manfaat Nanas untuk Wajah.

2. Mencegah Penuaan Dini

Menggosok bagian wajah saat melakukan wudhu ternyata dapat membuat urat urat wajah tidak tegang dan menyehatkan. Hal ini termasuk sebagai salah satu olahraga wajah yang dapat mencegah penuaan dini atau memperlambat terjadinya pengeriputan kulit wajah. Baca juga: Manfaat Es Batu Bagi Kesehatan.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran yang lancar adalah kunci dari kesehatan tubuh. Peredaran darah yang lancar menunjang suplai oksigen didalam tubuh dabat mengalir secara stabil pula. Selain itu, Peredaran darah yang lancar juga dapat membantu mempercepat regenerasi kulit. Regenerasi kulit berguna untuk mengganti sel-sel kulit lama yang sudah mati (biasanya ditandai dengan munculnya flek hitam) dengan sel kulit baru yang masih segar dan sehat. Hal ini tentunya dapat membuat penampilan jauh lebih cantik dan membuat kulit wajah tampak lebih bersih dan bersinar. Simak pula: Mencegah Pembekuan Darah.

4. Mencegah Bau Mulut

Jangan biarkan bau mulut mengganggu penampilan anda. Bau mulut bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti adanya jamur dan bakteri dalam mulut ataupun sehabis memakan makanan yang memiliki aroma yang tajam. Tentunya hal ini akan sangat  mengganggu bagi anda yang mempunyai lingkup kerja yang harus terus menerus berinteraksi dengan banyak orang. Anda bisa mencegah hal ini terjadi dengan berwudhu, karena pada saat berwudhu anda akan berkumur dengan air hingga bersih. Pada saat berkumur, bakteri dan jamur yang ada didalam mulut akan ikut terbuang dan keluar dari mulut. Sehingga dapat mengurangi kemungkinan anda mengalami masalah mulut. Baca juga: Manfaat Rebusan Daun Kemangi.

5. Mencerahkan Kulit

Untuk menjaga kecerahan kulit tentunya dapat anda lakukan dengan berwudhu. Dengan berwudhu, secara tidak langsung akan mengusir sisa sisa kotoran yang menempel di kulit. Sisa kotoran tersebut bisa berasal dari sisa make up ataupun dari polusi yang terkandung di udara. Jika sisa kotoran itu dibiarkan, maka akan menimbulkan flek hitam, membuat kulit kusam, dan memicu pertumbuhan jerawat. Simak pula: Manfaat Bawang Putih Untuk Kulit.

6. Membuat Otot Rileks

Kesibukan bekerja yang sangat padat dan deadline yang menanti terkadang menimbulkan stress. Pekerjaan yang terlalu diforsir juga dapat membuat badan mudah lelah karena sebenarnya otot sedang dalam keadaan yang tegang. Otot yang tegang membuat wajah tidak nyaman dipandang, selain itu otot yang terbiasa tegang dalam waktu yang lama dapat mempercepat kulit menjadi keriput. Oleh karena itu, berwudhu adalah salah satu cara yang efektif bagi anda untuk merilekskan otot wajah. Simak pula: Menyehatkan Otot dan Saraf.


7. Mencegah Bakteri Menempel di Kulit

Bakteri yang berpotensi menimbulkan permasalahan di kulit wajah anda akan teratasi dengan rutinnya anda berwudhu disetiap hendak melaksanakan sholat. Membasuh muka juga akan membuat wajah anda tampak jauh lebih segar dan enak dipandang. Baca pula: Manfaat Tomat Untuk Kulit Dan Kecantikan.

8. Memancarkan Inner beauty

Kecantikan yang hakiki tidak hanya ditunjukkan atau ditentukan dari kecantikan fisik yang tampak terlihat dari luar saja. Namun, kecantikan sesungguhnya adalah kecantikan yang berada dalam diri atau hati seorang manusia. Dengan rajin berwudhu, rajin sholat, dan rajin beribadah, Allah SWT dengan sendirinya akan memancarkan kecantikan anda yang tidak ternilai harganya. Kecantikan tersebut pun tidak hanya menguntungkan didunia saja, namun kecantikan tersebut juga bermanfaat dan akan menyelamatkanmu di akhirat nanti. Jadikan lah ibadah sebagai salah satu kebutuhan pokok diri sendiri, adapun manfaat diluar itu yang bisa anda dapat, maka itu hanyalah bagian dari bonus. Baca pula: Manfaat Teh Melati Untuk Kecantikan.

9. Mencerahkan dan Menyehatkan Mata Anda

Mata adalah salah satu organ tubuh yang memiliki tingkat kesensitifan yang cukup tinggi. Apabila terkena debu, atau terlalu lelah mata dapat terlihat memerah ataupun timbul kantong mata. Istirahatkan mata anda sejenak dengan berwudhu. Di dalam wudhu, mata akan terbasuh oleh air yang akan membersihkan mata dari debu dan berbagai macam kotoran dan juga dapat menyegarkan dan merilekskan otot mata. Wudhu juga dapat menghapus dosa yang dilakukan oleh mata, sesungguhnya memiliki mata yang bersih dan bersinar adalah salah satu dari kecantikan pula. Baca pula: Manfaat Tomat untuk Mata.

10. Memiliki Hidung yang Bersih

Siapa bilang hidung bersih tidak menunjang kecantikan penampilan anda? Kecantikan seseorang juga dapat dinilai dari seberapa penting dia menjaga kebersihan tubuhnya. Baca pula: Manfaat Sholat.


11. Mencegah Penyakit Kulit

Tentunya tidak ada yang ingin kan memiliki penyakit kulit dibagian wajah atau dimanapun yang dapat terlihat oleh orang? Ya karena pastinya itu akan mengurangi kecantikan dan membuat anda tidak percaya diri. Wudhu bermanfaat untuk mencegah penyakit kulit, karena pada saat berwudhu bakteri dan jamur yang melekat pada kulit anda terusir dengan bersih. Sehingga memperkecil kemungkinan anda terkena penyakit kulit. Baca pula: Manfaat Sholat Hajat.

12. Memperindah Gigi dan Gusi

Gigi dan gusi yang bersih adalah salah satu keindahan tersendiri yang terpancar dari kecantikan penampilan anda. Hal ini tentunya akan memperindah pula senyum yang terpancar dari wajah anda. Baca juga: Manfaat Anggur untuk Gigi.

13. Membuat Tangan Bersih

Tangan yang selalu bersih akibat berwudhu tidak akan menjadi sarang dari bakteri untuk menempel, sehingga anda tidak perlu risau apabila sewaktu waktu ingin menyentuh bagian wajah anda atau kulit anda yang sensitif.

14. Melembabkan Kulit

Kulit yang lembab karena berwudhu akan terlihat tampak lebih kenyal dan tidak mudah kusam. Baca pula: Manfaat Bunga Sepatu untuk Kecantikan.

15. Mencegah Jerawat

Membersihkan wajah secara rutin dengan berwudhu adalah salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi timbulnya jerawat di wajah anda. Karena jerawat biasanya timbul akibat wajah yang dipenuhi sisa sisa kotoran dari polusi udara maupun kotoran dari sisa make up. Simak pula: Manfaat Batu Es untuk Wajah Bopeng.

Banyak bukan manfaat wudhu untuk kecantikan para wanita? Jadi bagi wanita muslim, jangan pernah tinggalkan sholat ya, agar aura kecantikannya semakin terpancar. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Saturday 23rd, September 2017 / 07:03 Oleh :
Kategori : kecantikan