12 Manfaat Arang Batok Kelapa untuk Kesehatan

Tahukah anda jika arang yang kita kenal selama ini tidak melulu terbuat dari kayu. Arang juga ternyata banyak diproduksi dari batok kelapa, manfaat serbuk gergaji, tanah humus atau terbuat dari tulang. Dan ternyata arang pun tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar, ternyata arang ini bisa digunakan sebagai obat dan juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Arang Murni

Saat ini arang pun sudah dihargai dengan harga yang cukup tinggi. Ada olahan dari arang yang saat ini sudah dikenal dengan istilah “activated charcoal” atau arang murni atau karbon aktif. Ini karena proses pembuatan karbon aktif ini memang menggunakan arang yang dimurnikan dengan proses pemanasan dengan gas hingga arang memiliki struktur yang berpori. Struktur yang demikian juga yang memungkinkan karbon aktif ini untuk menyerapa berbagai unsur seperti zat beracun dan lain sebagainya. Selain itu, karbon aktif ini juga sudah termasuk “food grade” sehingga aman untuk dikonsumsi jika sesuai dengan aturan. Ini membuat arang punya nilai jual yang lebih tinggi dengan manfaat yang banyak pula.

Selain untuk proses pembakaran atau pun sebagai bahan bakar, arang yang sudah diproduksi sebagai aktif karbon memiliki manfaat yang bisa anda dapat yang mungkin belum pernah anda dapatkan sebelumnya. Mari simak uraian di bawah ini untuk mengetahui berbagai manfaat dari karbon aktif dari arang batok kelapa :

1. Sebagai obat anti bisa

Manfaat arang batok kelapa yang sudah melewati proses pemanasan dengan gas sangat efektif digunakan sebagai penawar bisa. Bisa hewan seperti ular, laba-laba atau lebah bisa ditangani dengan menggunakan arang batok kelapa baik yang sudah berbentuk karbon aktif, namun dapat juga dengan menggunakan arang yang masih berbentuk arang biasa. Tetapi memang akan jauh lebih baik dan efektif jika menggunakan karbon aktif karena strukturnya berpori yang mudah untuk menyerap.

2. Sebagai anti racun

Arang batok kelapa merupakan penyerap racun yang sangat efektif. Racun di dalam tubuh ysng anda dapat dari makanan bisa diserap dengan efektif dengan cara mengkonsumsi arang ini. Tetapi akan jauh lebih baik jika anda menggunakan arang yang sudah menjadi karbon aktif. Karena selain jauh lebih efektif, karbon aktif jauh lebih aman karena sudah melewati proses yang memungkinkan salah satu bentuk arang ini aman bagi tubuh kita.

Selain untuk penyerapan racun, arang batok kelapa yang sudah diaktivasi juga bisa digunakan sebagai penawar bagi orang yang mengalami overdosis baik keracunan seperti keracunan pestisida. Lagi-lagi, akan jauh lebih baik jika anda menggunakan karbon aktif daripada arang yang belum melewati proses pemanasan dengan gas.

Manfaat anti racun lainnya terdapat pada :

3. Untuk menurunkan kolesterol

Tidak semua kolesterol harus dihilangkan dari tubuh kita. Apalagi jika kolesterol tersebut merupakan kolesterol baik. Kolesterol jahat dan kolesterol baik sangat diperlukan oleh tubuh kita. Tetapi harus dalam kadar yang normal dan tidak melebihi ambang batas normal tersebut. Untuk mengatasi kolesterol yang tinggi tersebut, karbon aktif bisa menjadi solusi yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi tersebut.

Sejumlah manfaat alami berikut ini juga bisa mengurangi kadar kolesterol :

4. Membersihkan sistem pencernaan

Ingin pencernaan bersih dan lancar? Manfaat arang batok kelapa bisa membantu anda membersihkan usus dan melancarkan sistem pencernaan. Arang batok kelapa bisa digunakan dengan cara dikonsumsi dengan tujuan untuk detoksifikasi atau untuk mengeluarkan kotoran dan toksin yang terdapat di dalam organ-organ pencernaan kita.

Selain arang batok, juga terdapat khasiat bahan alami yang mampu membersihkan pencernaan yaitu :

5. Menjauhkan dari sakit perut

Karbon aktif dapat sangat berguna untuk mengobati sakit perut. Seperti sudah kita ketahui, karbon aktif yang khususnya terbuat dari batok kelapa merupakan media detoks racun yang sangat efektif. Karbon aktif bisa juga digunakan untuk mengobati sakit perut karena karbon aktif ini akan menyerap dan membantu mengeluarkan kotoran maupun toksin pada usus dan sistem pencernaan secara keseluruhan.

Terdapat juga khasiat bahan alami lain yang mampu menghindari masalah sakit perut yaitu :

6. Sebagai obat inflamasi

Selain untuk mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh, arang batok kelapa bisa berguna untuk meredakan peradangan. Karena racun, bakteri serta virus maupun penyebab lain dari inflamasi bisa diserap dengan baik oleh karbon aktif yang berasal dari arang batok kelapa.

Zat anti inflamasi lainnya juga terdapat pada :

7. Menyembuhkan luka

Selain mengobati peradangan, luka yang sudah bernanah sekalipun bisa diatasi dengan menggunakan karbon aktif. Caranya cukup sederhana yakni dengan menempelkan karbon aktif tersebut pada luka. Untuk penggunaan luar anda bisa melakukan langkah seperti yang sudah disebutkan tadi secara teratur hingga luka tersebut sembuh.

Bahan alami lain yang mampu menyembuhkan luka yakni :

8. Untuk menghentikan diare

Karbon aktif yang berasal dari arang batok kelapa bisa juga digunakan untuk menghentikan diare. Seperti sudah dijelaskan, manfaat arang batok kelapa khususnya yang sudah berbentuk karbon aktif bisa membantu mengeluarkan racun penyebab diare dan menyembuhkan diare.

Tidak hanya arang batok, bahan lain yang mampu mengatasi diare seperti :

9. Mencegah mabuk

Arang batok kelapa khusunya yang sudah berbentuk karbon aktif bisa digunakan untuk mencegah mabuk setelah mengkonsumsi bir atau minuman beralkohol lainnya. Hal tersebut sudah banyak dibuktikan. Dan memang sangat dianjurkan untuk mencegah mabuk setelah mengkonsumsi minum-minuman beralkohol.

Untuk pencegahan mabuk alkohol bisa menggunakan manfaat lainnya seperti :

10. Menjernihkan dan memurnikan air

Karbon aktif hang terbuat dari arang batok kelapa bisa dimanfaatkan untuk menyaring berbagai zat berbahaya yang terbawa di dalam air. Karbon aktif juga bisa digunakan untuk memurnikan air minum yang bisa kita konsumsi setiap harinya.

Untuk menjernihkan air dapat menggunakan bahan lainnya seperti :

11. Untuk mempercantik kulit

Lagi-lagi, arang batok kelapa yang digunakan merupakan arang olahan yang sudah melewati proses tertentu hingga menghasilkan arang murni atau karbon aktif. Arang batok kelapa yang biasa kita gunakan untuk pembakaran dikhawatirkan masih mengandung banyak zat kimia berbahaya. Sedangkan karbon aktif bisa digunakan untuk mempercantik kulit yakni digunakan sebagai masker atau scrub. Karbon aktif akan secara efektif mengangkat kotoran yang menempel pada permukaan kulit serta mengangkat kulit-kulit mati dan menjadikan kulit lebih cerah, putih dan cantik.

Selain arang batok, bahan lain yang mampu memelihara kecantikan kulit yakni :

12. Untuk menghilangkan berbagai penyebab penyakit

Adanya toksin di dalam butuh bisa menjadi penyebab berbagai penyakit. Penyakit – penyakit yang bisa disebabkan oleh toksin ini di antaranya sakit liver hingga gagal ginjal. Bahkan toksin yang menumpuk di dalam tubuh ini juga bisa menyebabkan depresi. Mendetoks tubuh dari toksin bisa meminimalisir kemungkinan terkena berbagai penyakit yang tergolong berat tersebut.

Namun perlu diingat jika karbon aktif atau arang murni yang berasal dari arang batok kelapa ini tidak bisa dikonsumsi setiap hari. Efek samping dari konsumsi karbon aktif yang terus menerus atau secara berlebihan bisa mengakibatkan terjadinya penyumbatan di dalam sistem pencernaan.