9 Manfaat Norelut untuk Mengatasi Gangguan Menstruasi dan Kehamilan

Haid atau menstruasi merupakan siklus bulanan yang rutin terjadi pada kebanyakan wanita sebagai akibat dari tidak adanya pembuahan sel telur sehingga jaringan rahim atau endometrium yang sudah terlanjur terbentuk dan menebal akan meluruh dan menjadi darah haid. Sel telur ini dihasilkan setiap bulan oleh indung telur sehingga haid juga normalnya terjadi sekali dalam sebulan. Sementara jika sel telur ini dibuahi oleh sperma maka terjadilah kehamilan.

Baca juga: manfaat temu putih untuk wanita – manfaat pembalut avail

Dalam siklus haid dan kehamilan ada beberapa hormon yang mempengaruhi seperti estrogen dan progesteron. Jika produksi atau kadar hormon ini tidak normal di dalam tubuh maka akan turut mempengaruhi siklus haid seorang wanita. Siklus haid sesekali bisa terganggu dan itu masih termasuk normal. Namun jika berlangsung cukup lama maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Baca juga:

Biasanya dokter akan meresepkan obat hormon salah satunya merek norelut. Obat ini mengandung norethindrone atau yang dikenal juga dengan norethisterone yang merupakan bentuk sintetis dari hormon progesteron yang berperan dalam menstruasi dan kehamilan. Oleh karena itu norelut kerap juga disebut obat hormon dan dengan resep dokter dapat membantu mengatasi berbagai gangguan haid dan gangguan kesehatan wanita lainnya. Berikut selengkapnya manfaat norelut untuk kesehatan wanita:

1. Mengatasi siklus haid yang tidak teratur

Umumnya siklus haid seorang wanita adalah 28 hari atau sekitar itu. Namun ada juga yang lebih pendek atau lebih panjang. Haid dikatakan teratur jika terjadi sesuai siklus tersebut atau paling tidak melenceng 1 atau 2 hari. Namun jika siklus haid menyimpang dari biasanya, tidak teratur, serta terjadi dalam waktu cukup lama maka mengonsumsi norelut dapat menjadi pilihan untuk mengatasinya. Namun sebaiknya tetap periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan mendapatkan resep yang tepat.

Baca juga: manfaat asam jawa saat haid – manfaat kiranti

2. Mengatai amenorea (tidak mendapat haid)

Ada dua jenis kondisi amenorea yaitu primer dimana sama sekali belum pernah mendapat haid sebelumnya dan sekunder yaitu sudah pernah haid namun tidak datang-datang lagi dalam beberapa lama. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kelainan genetik, adanya tumor, gangguan metabolisme, dan lain-lain. Gangguan kesehatan ini juga bisa diatasi dengan mengonsumsi norelut tentunya dengan pemeriksaan dan resep dari dokter.

Baca juga: manfaat obat lutenyl – manfaat daun sirsak untuk tumor

3. Menunda haid sementara waktu

Norelut juga bisa dimanfaatkan untuk menunda haid sementara waktu. Ini biasanya dilakukan oleh para wanita saat akan bepergian ke tempat yang jauh dalam waktu cukup lama seperti perjalanan dinas atau berangkat umroh dan haji.

4. Mencegah kehamilan

Manfaat norelut lainnya adalah untuk mencegah terjadinya kehamilan sehingga bisa difungsikan sebagai alat kontrasepsi meskipun demikian seperti alat kontrasepsi lainnya obat ini tidak bisa mencegah kehamilan 100%. Untuk mencegah kehamilan biasanya norelut digunakan dalam dosis rendah.

Baca juga: manfaat kiranti untuk mencegah kehamilan – manfaat kb

5. Meringankan PMS

Setiap menjelang haid umumnya para wanita akan merasakan beberapa keluhan atau sindrom yang disebut juga  PMS atau sindrom pramenstruasi. Keluhannya berupa sakit kepala, payudara terasa nyeri atau tidak nyaman, emosi yang tidak stabil, migrain, dan lain-lain. Konsumsi norelut juga dapat membantu meringankan PMS ini.

Baca juga: manfaat pete – 17 manfaat meditasi untuk kesehatan fisik dan mental

6. Mengatasi perdarahan yang berat selama haid

Lazimnya wanita yang sedang haid akan mengeluarkan darah namun ada kasus dimana terjadi perdarahan berat sehingga darah yang dikeluarkan lebih banyak dan periode haid pun lebih lama dari biasanya. Hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran sehingga sebaiknya diperiksakan ke dokter. Salah satu obat yang biasanya direkomendasilkan untuk mengatasi hal ini adalah norelut karena mengandung norethisterone yang berperan seperti hormon progesteron yang diketahui berpengaruh dalam proses menstruasi dan kehamilan.

7. Mengatasi perdarahan rahim abnormal

Selain itu norelut juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi perdarahan rahim abnormal di luar siklus menstruasi. Banyak kemungkinan penyebab timbulnya perdarahan ini diantaranya kehamilan, adanya polip di dalam rahim, kanker rahim, masalah tiroid, dan lain sebagainya. Oleh karena itu sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter terkait terlebih dahulu.

Baca juga: manfaat daun inai untuk rahim – manfaat anggrek hitam

8. Mengatasi nyeri haid

Sebelum dan selama haid umumnya wanita akan merasakan nyeri di perut bagian bawah yang levelnya berbeda-beda. Ada yang ringan, sedang, bahkan berat hingga menyebabkan ia tidak bisa beraktivitas sama sekali. Jika nyeri yang dirasakan cukup berat anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri haid salah satunya norelut.

Baca juga: manfaat mefentan – manfaat fenamin

9. Mengatasi endometriosis

Norelut juga kerap menjadi obat yang diresepkan oleh dokter untuk mengatasi penyakit endometriosis dimana jaringan terdalam rahim justru tumbuh di luar rahim sehingga ketika menstruasi dan jaringan ini luruh dapat berpengaruh seperti menimbulkan radang pada organ-organ yang ada di sekitarnya.

Kontraindikasi

Meskipun sangat bermanfaat namun norelut tidak bisa dikonsumsi sembarangan dan sebaiknya dengan rekomendasi dokter. Selain itu norelut juga tidak boleh dikonsumsi oleh orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu diantaranya:

  • Alergi terhadap norethisterone atau bahan-bahan lain yang terkandung pada norelut
  • Wanita yang sedang menyusui
  • Mengalami nyeri dada, batuk, dan sesak napas serta gejala-gejala lain akibat pembekuan darah
  • Pernah mengalami migrain hingga menyebabkan gangguan penglihatan
  • Penderita kencing manis dimana pembuluh darahnya mengalami kerusakan
  • Mengidap hiperplasia endometrium
  • Wanita yang sedang atau diduga hamil
  • Pernah mengalami gangguan sirkulasi darah seperti stroke, serangan jantung, serta pembekuan darah yang tidak normal di paru-paru atau kaki
  • Wanita dengan risiko tinggi mengalami pembekuan darah
  • Wanita yang memiliki keluhan berhubungan dengan organ hati
  • Mengidap jenis kanker yang terpengaruh oleh hormon seks wanita seperti kanker payudara.

Efek Samping

Seperti obat lain pada umumnya norelut juga memiliki efek samping bagi orang yang mengonsumsinya diantaranya:

  • sakit kepala
  • Pembengkakan dan rasa sakit pada payudara
  • Mengalami perubahan gairah seks
  • Gatal
  • Ruam pada kulit
  • Merasa pusing dan lelah
  • Kenaikan kadar gula darah
  • Merasa bingung dan tertekan
  • Sembelit
  • Mulut terasa kering
  • Demam
  • Sakit perut
  • Timbul bercak gelap pada kulit
  • Timbul jerawat
  • dan lain-lain.

Meskipun efek sampingnya cukup banyak namun pengaruhnya berbeda-beda pada tiap orang. Untuk itu sebaiknya memang berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan obat ini sehingga mendapat resep yang tepat dan meminimalisir efek samping yang ditimbulkan.

Baca juga: