8 Manfaat Fenamin untuk Anti Nyeri

Pernahkah anda menggunakan asam mefemanat? Jika iya, tentunya anda sangat mengenal dengan istilah fenamin. Jika anda belum familiar, anda dapat membaca uraian tentang fenamin seperti paparan berikut ini. Fenamin merupakan obat berjenis NSAID yaitu “nonstreroidal anti-inflamantory drug” atau biasa dikenal dengan istilah obat anti inflamasi dimana biasanya obat berjenis ini digunakan untuk meringankan nyeri, demam, dan peradangan. NSAID yang paling banyak digunakan adalah aspirin dan ibuprofen dengan dosis ringan sampai sedang sehingga tidak memerlukan resep dokter.

Jika dalam dosis tinggi maka untuk membeli obat jenis NSAID ini memerlukan resep dokter. Lalu, bagaimana dengan fenamin sendiri? Fenamin merupakan obat yang bekerja dengan menekan produksi prostaglandin dengan menghambat enzim siklooksigenase. Dengan demikian obat ini memiliki efek anti-inflamasi, anti-piretik dan analgesik. Untuk lebih jelasnya tentang manfaat fenamin, berikut ulasannya:

Baca juga:

1.Meringankan Nyeri saat Haid

Setiap wanita tentunya mengalami haid setiap bulannya yang mana gejala yang dirasakan sebelum haid berbeda-beda dari satu wanita dengan wanita lainnya. Gejalanya dapat berupa munculnya jerawat, nyeri pada payudara, munculnya sariawan, badan pegal-pegal, maupun emosi yang cenderung tidak stabil alias labil. Penderitaan wanita saat haid tidak berhenti begitu saja saat darah haid sudah muncul. Belum lancarnya keluarnya darah haid di hari-hari awal yang diakibatkan peluruhan dinding lambung belum sempurna mengakibatkan daerah rahim merasakan nyeri yang sangat luar biasa.

Rasa nyeri seperti ini berbeda untuk setiap wanita ada yang ringan maupun berat, bahkan ada yang sampai pingsan saat nyeri seperti ini melanda. Hal ini dipengarui oleh banyak faktor, dan untuk meringankan gejala seperti ini biasanya sangat dibutuhkan konsumsi obat anti nyeri. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk meringankan nyeri saat haid ini adalah fenamin. (Baca juga : Manfaat Kiranti)

2.Meringankan Sakit Kepala

Kepala yang terasa berat dan dunia yang terasa berputar merupakan indikasi sakit kepala. Sakit kepala dapat terjadi kapan saja dan dimana saja sehingga jika sakit kepala seperti ini melanda di tempat dan waktu yang tidak tepat akan sangat berpengaruh terhadap segala aktifitas anda. Konsentrasi menurun dan seluruh pekerjaan anda bisa berantakan. Sakit kepala seperti ini dapat disebabkan berbagai hal seperti terlalu banyak fikiran, masuk angin, flu, terpapar sinar matahari terlalu lama, tekanan darah yang terlalu rendah atau tinggi, maupun mengindikasikan adanya penyakit tertentu di otak. Fenamin yang merupakan salah satu obat anti nyeri dapat anda gunakan untuk meringankan sakit kepala. Anda pun dapat membawanya kemana saja untuk berjaga-jaga jika sakit kepala ini menyerang dalam kondisi yang tidak tepat. (Baca juga: Manfaat Bekam di Kepala)

Baca juga:

3.Sakit Gigi

Menyikat gigi disarankan sebanyak 2 (dua) kali dalam sehari yaitu saat pagi hari dan menjelang tidur. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi agar tidak berlubang karena gigi berlubang dapat menyebabkan sakit gigi. Mengapa hal ini dapat terjadi? Sisa makanan pada gigi akan dirubah oleh bakteri dalam mulut menjadi zat asam yang mana dapat melubangi gigi sedikit demi sedikit, hal inilah yang menyebabkan gigi menjadi nyeri saat sakit gigi. Nyeri gigi seperti ini dapat diringankan dengan fenamin yang bersifat anti-inflamasi. (Baca juga: Manfaat Pasta Gigi)

4.Pasca Cabut Gigi

Bagi anak-anak, mencabut gigi bukanlah masalah karena gigi mereka akan tumbuh kembali. Namun, bagi orang dewasa mencabut gigi haruslah dipikirkan dengan matang karena gigi yang dicabut sudah tidak bisa tumbuh kembali. Biasanya mencabut gigi dilakukan pada gigi yang rusak atau berlubang yang mana lubang tersebut sudah terlalu besar untuk ditambal. Rasa nyeri tidak hanya timbul ketika gigi anda berlubang, tetapi juga muncul pasca anda mencabut gigi. Fenamin dapat digunakan untuk meringankan nyeri saat sakit gigi sehingga obat ini juga dapat digunakan untuk meringankan nyeri pasca cabut gigi. (Baca juga: Manfaat Kumur Air Garam Saat Sakit Gigi)

Baca juga:

5.Pasca Operasi

Fenamin tidak hanya digunakan saat pasca cabut gigi saja melainkan ia juga dapat digunakan untuk menghilangkan nyeri pasca operasi. Setelah seseorang melakukan operasi maka jaringan tubuhnya yang rusak karena operasi akan berangsur memperbaiki diri untuk membentuk jaringan yang baru. Pembentukan jaringan baru inilah yang menyebabkan rasa nyeri di daerah yang dioperasi. Biasanya untuk mempercepat pembentukan jaringan baru ini, dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein. Hal ini tidak terlepas dari manfaat protein dalam mendukung perbaikan sel-sel tubuh.

6.Nyeri Otot

Seseorang yang terlalu ekstra menggunakan tubuhnya untuk bergerak akan cenderung mengalami nyeri otot seperti seseorang yang profesianya adalah atlet. Selain itu, nyeri seperti ini biasanya juga dialami oleh pekerja kantor yang terlalu lama mendiamkan tubuhnya sehingga ketika bergerak ototnya mengalami nyeri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nyeri otot dapat dialami oleh kurangnya atau terlalu berlebihannya penggunaan otot. Untuk meminimalisir nyeri terjadinya nyeri otot maka sangat disarankan untuk bergerak sewajarnya. Namun, jika nyeri otot terlanjur menyerang anda, maka anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri seperti fenamin. (Baca juga: Manfaat Relaksasi Otot Progresif)

Baca juga :

7.Nyeri Sendi

Menjaga kesehatan sejak dini merupakan investasi manusia di hari tua karena semakin renta usia seseorang maka fungsi-fungsi tubuhnya semakin melemah. Jika kesehatan tidak dijaga sejak dini maka di hari tua akan cenderung mengalami berbagi penyakit. Penyakit yang umum diderita oleh orang yang sudah lanjut usia adalah nyeri sendi. Salah satu alternatif untuk meringankan nyeri pada sendi adalah mengkonsumsi fenamin.

Hanya saja obat ini tidak dapat dikonsumsi terus-menerus karena akan berdampak buruk pada kesehatan. Untuk menjaga kesehatan sendi anda, maka anda juga perlu melakukan olah raga ringan seperti berjalan di pagi hari. Namun, tetap ingat jangan menggunakan tubuh dalam kondisi seperti ini terlalu berlebihan karena justru dapat memperburuk nyeri sendi anda. (Baca juga: Manfaat Asam Mefenamat)

8.Meringankan Demam

Demam dapat terjadi pada anak-anak maupun dewasa yang mana demam ini bukanlah merupakan suatu penyakit, melainkan merupakan indikasi bahwa tubuh anda khususnya sel darah putih sedang berjuang melawan virus atau bakteri. Dengan demikian ketika anda demam seharusnya anda berbangga diri karena sistem kekebalan tubuh anda masih berfungsi dengan baik.

Meskipun demikian, demam yang sangat tinggi perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan kecacatan tubuh seperti lumpuh, buta, tulis, maupun cacat lainnya. Demam atau panas biasanya ditandai dengan suhu badan melebihi 37 derajad Celcius. Untuk meringankan demam ini anda dapat memanfaatkan fenamin yang bersifat antipiretik. Jika demam tidak kunjung turun setelah dua hari mengkonsumsi obat, biasanya disarankan untuk segera berkunjuang ke dokter.

Baca juga:

Meskipun fenamin sangat bermanfaat sebagai pereda nyeri, namun anda perlu berhati-hati sebelum menggunakan obat satu ini terlebih bagi penderita tukak lambung, tukak usus, ganguan ginjal dan hati, hamil, menyusui, hiperensi, alergi asam mefemanat, dan seseorang yang mengalami operasi by pass jantung. Selain itu, obat ini juga tidak dapat digunakan dalam jangka panjang dan alangkah baiknya penggunaannya diiringi dengan resep dokter.