5 Manfaat Obat Lutenyl Tablet Bagi Wanita & Kesehatan

Mungkin banyak dari anda yang belum pernah dan juga mungkin belum mengetahui apa itu lutenyl. Lutenyl adalah salah satu jenis obat yang memiliki kandungan turunan dari hormone progesteron. Hormone progesterone ini sendiri, seperti sudah kita ketahui, merupakan salah satu hormone yang paling banyak terdapat pada wanita, karena hormone progesterone inilah yang membantu wanita dalam mematangkan organ reproduksi wanita.

Hormon Progesteron

Hormone progesterone sendiri mulai muncul dan juga mendominasi pada usia remaja, yang ditandari dengan adanya menarche alias menstruasi pertama pada seorang gadis remaja. Peristiwa inilah yang menandakan bahwa hormone progesterone dari seorang wanita sudah mulai berproduksi, dan menandakan bahwa seorang wanita secara seksual sudah matang dan siap untuk dibuahi dan memiliki anak. Hormone progesterone ini juga memicu kemunculan tanda – tanda seks primer dan juga tanda – tanda seks sekunder pada gadis remaja, seperti :

  • Membesarnya payudara
  • Kematangan pada sel telur
  • Menstruasi
  • Munculnya bulu – bulu halus pada alat kelamin
  • Dan berbagai macam ciri lainnya.

Namun demikian, ternayata tidak semua wanita memiliki kadar hormone progesterone yang cukup. Ada beberapa wanita yang tenyata memiliki pemebtukan hormone progesterone yang tergolong lambat dan juga sedikit, sehingga dapat mempengaruhi proses reproduksi dari wanita. Biasanya, kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti :

  • Kondisi keturunan alias genetika
  • Stress dan depresi
  • Pola makan yang tidak benar dan tidak sehat

Secara umum, gejala – gejala kekurangan hormone progesterone ini dapat terlihat dari kondisi dimana seorang wanita mengalami menstruasi dan juga haid dengan siklus yang tidak biasanya. Apabila pada umumnya, seorang wanita mengalami siklus haid selama 30an hari, maka bagi mereka yang kekurangan produksi hormone progesterone, akan mengalami haid dalam jangka waktu yang tidak biasa, misalnya 3 hingga 6 bulan sekali.

Lutenyl, yang merupakan obat yang memiliki kandungan turunan dari hormone progesterone sendiri tidak dapat diberikan secara langsung dan dijual secara bebas. Obat jenis lutanyl ini haruslah dibeli atas dasar resep dan juga perintah dokter, terutama dokte kandungan. Lutenyl ini sendiri memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan reproduksi wanita, yaitu :

  1. Menyeimbangkan kadar progesterone di dalam tubuh

Manfaat pertama dari lutenyl yang paling utama adalah memabntu untuk menyeimbangkan kadar hormone progesterone di dalam tubuh. ya, terkadang ada beberapa kondisi dimana seorang wanita ternyata memiliki kadar pembentukan hormone progesterone yang kurang, sehingga dapat menghambat proses reproduksi yang terjadi di dalam tubuhnya. Karena itu, dengan menkonsumsi lutenyl, hal ini dapat membantu untuk menyeimbangkan dan juga meningkatkan kadar hormone progesterone seorang wanita.

  1. Mengurangi pendarahan pada saat haid

Tekadang, kitak sedang berada dalam masa haid dan juga menstruasi, muncul suatu kondisi penadarahan yang sangat hebat dan juga berlebihan, pendarahan ini dapat disebabkan karena berbagai macam hal, seperti pola makan, infeksi dan juga faktor kebersihan tubuh yang tidak terjaga dengan baik.

Pendarahan yang terjadi terus menerus, dalam taraf yang tidak normal, tentu saja akan berakibat buruk dan juga fatal, karena dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan lemah karena kekurangan darah, dan sangat memungkinkan untuk terserang berbagai macam penyakit.

Dengan adanya lutenyl, maka lutenyl dapat membantu untuk mencegah munculnya pendarahan yang berlebihan terutama ketika masa hai dan juga menstruasi, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan pendarahan.

  1. Membantu menormalkan siklus mernstruasi atau haid pada wanita

Manfaat penting lainnya dari lutenyl adalah dapat membantu untuk menormalkan siklus menstruasi pada wanita. Biasanya salah satu hal yang dapat memibu tidak normalnya siklus menstruasi dari seorang wanita adalah produksi dari hormone progesterone yang berkurang dan sedikit. Karena itu, lutenyl dapat membantu untuk meningkatkan produksi hormone progesterone, sehingga dapat membantu untuk menormalkan kembali sklus menstruasi yang dialami oleh wanita.

  1. Baik untuk wanita yang akan mengalami pra menopause

Menopause merupakan suatu kondisi dimana tubuh seorang wanita sudah tidak lagi mengalami menstruasi dan juga tidak lagi memproduksi sel telur. Biasanya, ketika seorang wanita sudah mencapai pada masa pra menopause, maka seorang wanita bisa saja mengalami kekurangan hormone progesterone. Maka dari itu, bag para wanita yang sedang berada pada masa pre menopause, cobalah untuk mengkonsumi lutanyl, karena dapat membantu meningkatkan produksi dari hormone progesterone anda.

  1. Mencegah gangguan pada siklus menstruasi

Manfaat penting lainnya dari lutanyl adalah dapat membantu munculnya gangguan dan juga masalah – masalah pada saat terjadi menstruasi. Biasanya, masalah yang muncul tidak jauh dari rasa nyeri dan juga sakit yang berlebihan, serta pendarahan yang juga terjadi secara berlebihan. Dengan mengkonsumsi lutanyl, maka kondisi tersebut dapat dihindarkan, dimana gangguan – gangguan pada siklus menstruasi dapat dicegah dan juga diminamilisir.

Lutenyl bukan merupakan obat untuk kesuburan.

Perlu diperhatikan, karena mungkin banyak terjadi salah kaprah. Lutenyl bukanlah merupakan salah satu obat yang dapat meningkatkan kesuburan pada wanita. Lutenyl hanyal obat yang merangsang pembentukan hormone estrogen yang membantu wanita untuk menormalkan siklus haid, serta mengurangi gejala – gejala yang muncul ketika haid.

Apabila anda berpikir bahwa dengan mengkonsumsi lutenyl, maka anda akan meningkatkan kesuburan, maka anda salah besar. Cobalah obat – obatan yang sesuai dengan resep dokter yang memang benar – benar merangsang kesuburan, karena lutenyl bukanlah obat kesuburan.

Efek Samping : 

Selain manfaat obat lutenyl tablet juga memiliki efek samping :

  1. Meningkatkan berat badan
  2. Meningkatkan / Menyebabkan Pendarahan
  3. Gangguan haid
  4. Sulit tidur

Berkhasiat untuk haid lainnya