16 Manfaat Jus Blewah untuk Kesehatan Tubuh

Blewah merupakan jenis buah yang sangat terkenal ketika bula puasa. Banyak olahan minuman, maupun makanan yang berbahan blewah sebagai membuat makanan pembuka untuk berbuka puasa. Jenis buah yang memiliki nama latin cucumis melo L. ini memiliki warna kulit buah jingga terang dengan bercak yang agak kehijaun dan memiliki bentuk yang hampir sama dengan labu, hanya saja berukuran lebih kecil. Seringnya, blewah dimanfaatkan dengan cara diserut. Sebenarnya tidak hanya dengan diserut, blewah seperti jenis buah lainnya yang juga dapat dimanfaatkan dikonsumsi dengan cara di jus. Dengan menjadikan blewah jus, kandungan nutrisi dalam blewah akan lebih mudah diserap oleh tubuh.

artikel terkait:

Kandungan Nutrisi Blewah

Blewah tidak hanya menyegarkan, namun jugamenyehatkan. Dari beberapa kandungan blewah seperti mineral, kalium, serat, vitamin C serta provitamin A yang terdapat di dalam belewah, masingmasing memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

artikel terkait: manfaat jus mengkudu

Jus Blewah Untuk Kesehatan

Blewah banyak dimanfaatkan dengan diserut, akan tetapi, dibandingkan dengan diserut nutrisi yang terkandung di dalam blewah akan lebih mudah diserap oleh tubuh ketika blewah dijadikan jus. Adapun beberapa manfaat jus blewah yakni:

  1. Cepat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Beberapa jenis buah sangat dikenal bagus untuk menurunkan tekanan darah tinggi seperti melon dan juga semangka. Selain keduanya, buah blewah juga dapat dimanfaatkan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Agar tekanan darah dapat diturunkan dengan efektif, blewah dapat disajikan dalam bentuk jus, agar penyerapan nutrisinya lebih cepat, sehingga dapat bekerja menurunkan tekanan darah dengan lebih cepat pula.

artikel terkait: manfaat jus raspberry

  1. Menjaga Kesehatan Gusi

Meskipun rasanya tidak asam seperti jeruk, blewah memiliki kandungan vitamin  C yang cukup tinggi. Vitamin C yang terkandung di dalam blewah ini mampu menjaga kesehatan gusi dan mencegah terjadinya gusi berdarah. Meminum jus blewah secara rutin, maka masalah gusi yang terjadi akan cepat membaik.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Mengkonsumsi banyak buah dapat menjadikan kulit segar dan sehat serta terlihat terawat, karena memelihara kulit tidak hanya dengan lotion saja, namun juga pemeliharaan dari dalam. Menjaga kesehatan kulit dari dalam dapat dilakukan dengan banyak meminum jus buah, termasuk jus blewah. Kandungan vitamin A, serta vitamin C pada blewah dapat membantu mencegah penuaan dini serta dapat membantu proses sintesis kolagen pada kulit, sehingga dapat memberikan dapat kulit yang sehat terawat.

artikel terkait: manfaat jus wortel


  1. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting, karena ketika mengalami masalah kesehatan mata, akan sulit sekali untuk diatasi. Salah satu cara menjaga kesehatan mata yakni denan rajin meminum jus blewah. Manfaat jus blewah tentunya memiliki kandungan vitamin A yang akan membantu menjaga kesehatan mata.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C dikenal sebagai zat yang baik untuk menjaga tubuh agar kebal terhadapt berbagai penyakit yang menyerang tubuh. Mengkonsumsi jus buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi seperti jus blewah dapat membantu peningkatan kekebalan tubuh, sehingga badan menjadi lebih sehat.

artikel terkait: manfaat jus mangga

  1. Mencegah Timbulnya Kanker

Tubuh yang sehat dan tidak rentan terhadap penyakit dapat menjadikan tubuh terhindar dari berbagai macam zat buruk penyebab penyakit termasuk masuknya sel kanker. Sel kanker dapat dengan mudah masuk dan berkembang ke dalam tubuh. Sebelum sel kanker masuk ke dalam tubuh, kekebalan tubuh harus dijaga agar sel kanker tidka mampu masuk menyerang tubuh. Menjaga tubuh agar tidak terserang oleh zat kanker dapat dilakukan dengan banyak mengkonsumsi jus buah, termasuk jus blewah.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bahaya kolesterol harus dihindari karena jika tidak, kolesterol dapat membahayakan tubuh. Meminum jus blewah secara rutin agar kadar kolesterol dalam tubuh dapat diturunkan.

artikel terakit: manfaat jus rumput gandum

  1. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil biasanya mengalami kekurangan nutrisi karena nutrisi yang dimakan harus dibagi untuk jabang bayi di dalam perutnya. Oleh karena itu, ibu hamil biasanya lemas dan mudah lelah. Menjaga agar tubuh ibu hamil tetap segar dapat dilakukan dengan meminum jus blewah. Asam folat yang terkandung dalam blewahnya dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil.

  1. Menjaga Bayi Sejak Dalam Kandungan

Tidak hanya menjaga kesehatan ibu hamil. Meminum jus blewah juga sangat baik untuk kesehatan bayi sejak dalam kandungan. Kandungan asam folat yang tinggi dapat membantu menunjang perkembangan jabang bayi, dan dapat mencegah kecacatan bayi sejak dalam kandungan.

artikel terakit: manfaat jus apel

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Meskipun memiliki rasa yang manis, jus blewah tidak akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Blewah memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga aman dikonsumsi bagi orang yang memiliki masalah kelebihan kadar gula darah yang tinggi.

  1. Mencegah Obesitas

Selain menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, mengkonsumsi blewah dalam bentuk jus juga dapat mencegah terjadinya obesitas. Kadar gula tubuh yang rendah dapat mencegah badan menjadi lebih gemuk. Selain itu, jus blewah juga memberikan efek kenyang setelah meminumnya, sehingga tidak banyak cemilan yang dimakan, dan terhindar dari kelebihan berat badan atau obesitas.

artikel terkait: manfaat jus tomat campur kacang panjang

  1. Meredakan Sembelit

Kandungan serat di dalam blewah tidak akan hilang meskipun blewah menjadi lunak karena di jus. Kandungan serat yang cukup dapat membantu mengatasi masalah susah buang air besar atau sembelit.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selain sembelit, secara umum, serat dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Serat yang cukup, dapat membantu melancarkan proses cerna makanan di dalam usus. Sehingga kerja sistem pencernaan tidak berat.

artikel terkait: manfaat jus tomat


  1. Mencegah Serangan Jantung

Jus blewah dapat membantu mencegah adanya pembekuan darah yang terjadi, yang dapat menyebabkan aliran darah ke jantung menjadi terhambat. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat jus blewah dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, sehingga aliran darah ke jantung menjadi normal dan terhindar dari risiko serangan jantung.

  1. Mengatasi Insomnia

Bagi beberapa orang yang memiliki masalah pada jam tidurnya, disarankan dapat meminum jus blewah. Kandungan dalam blewah yang bersifat sedatif dapat membantu menangkal terjadinya insomnia.

artikel terkait: manfaat jus alpukat

  1. Mengatasi Maag

Dalam bentuk jus, blewah akan lebih mudah digunakan untuk mengatasi maag karena bentuknya yang cair dapat dengan cepat mengatasi maag.

Selain segar, menjadikan blewah sebagai jus dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang terjadi. Ketahuilah banyak manfaat dari blewah agar dapat dengan rutin mengkonsumsinaya ketika mengalami masalah kesehatan. Semoga bermanfaat.

, ,
Post Date: Saturday 09th, September 2017 / 04:40 Oleh :
Kategori : Minuman