6 Manfaat Minyak Babi Untuk Masakan, Kecantikan dan Kesehatan

Dari nama minyak babi sendiri sudah dapat diketahui bahwa minyak babi adalah minyak yang berasal dari lemak babi. Minyak babi biasa digunakan sebagai bumbu beberapa jenis makanan. Bentuk dari minyak babi sendiri hampir sama, atau menyerupai mentega. Selain bumbu masak yang melezatkan makanan yang diberi bumbu minyak babi, minyak babi juga memiliki beberapa kandungan yang memiliki manfaat tersendiri.

artikel terkait:

Kandungan Dalam Minyak Babi

Meskipun minyak babi hanya boleh dikonsumsi oleh sebagian orang saja, minyak babi ternyata juga memiliki beberapa kandungan gizi di dalamnya. Beberapa kandungan yang terdapat dalam 100 gram  minyak babi diantaranya:

  • Energi  630 kilokalori
  • Karbohidrat 1,1 gram
  • Protein 9,1 gram
  • Lemak 65 gram
  • Kalsium 13 miligram
  • Fosfor 108 miligram
  • Vitamin B1 0,38 miligram

Kandungan lain dalam minyak babi yakni adalah vitamin D. Beberapa kandungan dalam minyak babi tersebut memiliki khasiat dan manfaat tersendiri.

artikel terkait: manfaat daun genjer

Cara Membuat Minyak Babi

Minyak babi sudah banyak dijual dipasaran. Namun, apabila menginginkan mendapatkan minyak babi sendiri, ada beberapa langkah untuk mendapatkannya. Minyak babi didapatkan dari lemak babi, oleh karena itu, bahan utama dalam pembuatan  minyak babi adalah lemak babi. Beberapa proses untuk membuat minyak babi sendiri, diantaranya:

  • Memilih lemak babi yang berkualitas baik. Untuk mendapatkan minyak babi yang bagus, diperlukan juga lemak babi yang berkualitas bagus. Biasanya, lemak babi yang bagus bisa didapatan dari petani babi langsung, bukan dari toko bahan makanan.
  • Memilih bagian lemak babi dengan tepat. Lemak babi memiliki 3 jenis yang berbeda, diamana masing-masing jenisnya akan menghasilkan kualitas minyak babi yang berbeda pula. Bagian dari lemak babi yang dibuat minyak babi diantaranya:
  1. Lemak punggung, yakni lemak babi yang berasal dari bagian punggung, bahu, pantat dan bagian bawah kulit babi.
  2. Lemak perut, lemak perut babi biasanya berlapis dengan bagian daging. Minyak babi perlu diproses terlebih dahulu agar bisa dimanfaatkan.
  3. Lemak dalam, yakni lemak yang berasal dari bagian dalam tubuh babi. Minyak dalam biasanya didapatkan dari bagian sekitar ginjal babi. Lemak dalam merupakan jenis lemak babi yang sangat bersih, bahkan minyak babi yang diproses dari lemak dalam inilah yang memiliki kualitas yang bagus.
  • Memotong lemak babi menjadi bentuk dadu. Agar tidak merusak tekstur lemak babi yang akan diproses menjadi minyak babi, gunakan pisau yang tajam. Potonglah lemak babi memanjang dan kemudian menyilang hingga mendapatkan lemak babi dengan potongan dadu sebesar 2,5 cm. Pemotongan dalam bentuk dadu yang kecil ini bertujuan untuk memudahkan dalam menghasilkan minyak babi. Untuk memudahkan pemotongan lemak babi, lemak babi dapat dibekukan terlebih dahulu.

  • Menggiling lemak babi menjadi lebih kecil lagi. Proses penggilingan lemak babi dilakukan agar mendapatkan bentuk lemak yang lebih kecil lagi.
  • Memanaskan lemak babi pada suhu 107 derajat celcius. Pengaturan suhu ditetapkan agar lemak babi tidak gosong atau hangus ketika diproses menjadi minyak babi.
  • Menambahkan air ke dalam oven. Penambahan air ini bertujuan agar lemak tidak berwarna coklat. Penambahan air tidak akan mempengaruhi kualitasminyak babi.
  • Lama waktu proses oven. Biasanya mengoven lemak babi dilakukan selama 2 jam. Setiap 20 atau 30 menit sekali lemak yang dioven perlu untuk diaduk. Minyak babi akan dihasilkan dari proses ini. Tidak hanya dengan oven, pemrosesan minyak babi dapat dilakukan juga dengan alat pemasak lambat dan juga direbus menggunakan kompor.

Setelah mendapatkan minyak babi, tunggu minyak babi sampai dingin dan kemudian disimpan ke dalam toples.

artikel terkait: manfaat peternakan

Manfaat Minyak Babi

Dari kandungan yang terdapat di dalam minyak babi, minyak babi dipercaya memiliki beberapa manfaat. Beberapa manfaat yang diperoleh dari minyak babi diantaranya:

  1. Melezatkan Masakan Tumis Atau Goreng

Minyak babi sangat terkenal dengan kelezatannya ketika digunakan untuk menumis atau menggoreng. Minyak babi yang berasal dari lemak punggung dan lemak perut sangat bagus untuk digunakan sebagai bahan tumis karena daat menambah kelezatan pada masakan.

artikel terkait: manfaat berhenti merokok

  1. Bahan Membuat Kue

Beberapa jenis kue juga memanfaatkan minyak babi untuk mendapatkan hasil kue yang bagus. Minyak babi yang berasal dari lemak dalam babi, biasa digunakan untuk membuat kue. Kue yang menggunakan campuran minyak babi biasanya memiliki citarasa yang berbeda dengan kue lain yang tidak menggunakan minyak babi dalam pembuatannya.

artikel terkait: manfaat landak laut

  1. Bahan Membuat Sabun

Perusahaan manufaktur sabun banyak yang menggunakan minyak babi sebagai bahan campuran untuk membuat sabun. Baik sabun mandi maupun sabun cuci, ada beberapa perusahaan manufaktur sabun yang mencampurkan minyak babi sebagai bahan untuk pembuatan kedua jenis sabun tersebut.

artikel terkait: manfaat kina

  1. Sebagai Bahan Pewarna

Minyak babi dapat digunakan sebagai bahan pewarna merah. Warna merah yang dihasilkan dari minyak babi biasanya digunakan untuk pewarna minuman, dan juga alkohol.

artikel terkait: manfaat jinten hitam untuk asam urat

  1. Campuran Produk Kecantikan

Selain dimanfaatkan oleh perusahaan sabun, minyak babi juga banyak digunakan sebagai bahan campuran untuk pembuatan bahan kecantikan. Minyak babi biasanya ditambahkan pada krim antiaging atau anti keriput, body lotion, dan juga krim untuk penghilang jerawat.

Produk kecantikan yang menggunakan campuran minyak babi ini dapat menjadikan kulit kencang dan terhindar dari jerawat. Minyak babi juga dimanfaatkan beberapa perusahaan seperti shampoo, conditioner dan pasta gigi sebagai campuran bahan untuk pembuatan shampoo, conditioner dan pasta gigi.

artikel terkait: manfaat ubi kayu


  1. Bahan Pembuatan Ice Cream

Beberapa makanan menggunakan campuran minyak babi untuk melezatkan rasa makanan tersebut. Tidak hanya melezatkan masakan, minyak babi juga digunakan sebagai bahan untuk pembuatan es krim. Mencampurkan minyak babi dalam es krim, akan memperlambat es krim mencair, sehingga es krim lebih awet.

Minyak babi banyak dijual, namun juga apabila ingin membuatnya sendiri, dapat dihasilkan dari beberapa langkah yang telah dijelaskan di atas. Minyak babi yang diproses dari lemak babi dapat dipilih sendiri sesuai dengan kebutuhan. Setiap bagian lemak babi yang diolah menjadi minyak babi memiliki fungsi dan manfaatnya tersendiri untuk diolah, baik diolah untuk membuat masakan, maupun digunakan untuk campuran beberapa produk. Kadar campuran yang digunakan juga harus diperhatikan agar menghasilkan masakan yang lezat dan produk yang bagus.

artikel terkat: manfaat tidak makan daging merah

, ,
Oleh :
Kategori : Daging