8 Manfaat Daging Tokek Bagi Kesehatan Tubuh

Tokek adalah salah satu jenis reptil yang banyak tinggal di dalam rumah seperti cicak. Bentuk tokek juga menyerupai cicak, hanya saja memiliki ukuran yang lebih besar dan terdapat bintik hijau maupun kuning pada bagian tubuhnya. Sama seperti cicak, tokek juga memiliki kemampuan mimikri atau melepaskan ekornya untuk mengelabui musuhnya. Gigitan tokek juga sangat kuat, karena sangat sulit untuk dilepaskan. Tokek yang menggigit musuhnya bisa sampai berjam-jam bahkan sampai berhari-hari. Jenis reptil ini akhir-akhir ini banyak diburu dan dibudidayakan karena memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

artikel terkait:

Semakin panjang, besar dan berat ukuran tokek tersebut, maka harganya juga semakin mahal. Mahalnya harga tokek ini dipengaruhi karena tokek memiliki banyak khasiat yang sangat manjur untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan diantaranya:

  1. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Penyakit kulit memang bukanlah penyakit yang begitu serius. Akan tetapi, penyakit kulit atau masalahkulit yang tidak lekas membaik dapat menjadi masalah penampilan dan juga sangat mengganggu. Penyakit kulit pastinya akan disertai rasa gatal dan perih pada kulit yang terkena penyakit tersebut. Penyakit kulit bisa disebabkan karena racun atau alergi. Beberapa penyakit kulit mudah diatasi dengan mengkonsumsi obat atau dengan mengganti pola makan. Namun tetap ada yang tetap mengidap penyakit kulit meskipun sudah mengganti pola makan dan berobat. Selain mengganti pola makan dan berobat, beberapa orang percaya dengan pengobatan alami untuk masalah kulit menggunakan tokek. Mengatasi masalah kulit dengan tokek memang belum dibuktikan secara medis, namun dari pengalaman beberapa orang, mengatasi masalah kulit dengan memanfaatkan tokek terbukti efektif dibanding menggunakan obat.

artikel terkait: manfaat daging ayam kampung

2. Mencegah Terjadinya Kanker

Kanker merupakan jenis penyakit berbahaya yang belum ditemukan secara pasti obat yang dapat mengatasinya. Pengobatan kanker yang biasa dilakukan oleh medis biasanya menggunakan metode kemoterapi. Kanker akan mudah menyerang seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Beberapa pengobatan tradisional atau pengobatan yang alami dilakukan untuk mengatasi kanker. Salah satu obat alami yang dikenal mampu menghilangkan kanker yakni dengan mengkonsumsi daging tokek. Manfaat daging tokek memiliki kandungan zat anti kanker di dalamnya yang dapat menekan ekspresi protein VEGF dan BFGF. Protein VEGF dan BFGF merupakan jenis protein pendukung berkembangnya sel kanker. Zat anti kanker di dalam daging tokek dapat menekan ekspresi kedua jenis protein tersebut sehingga tidak berkembang menjalar ke bagian tubuh lainnya.

artikel terkait: manfaat daging marmut

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Tumor

Tumor yang menyerang seseorang dapat cepat merambat ke bagian tubuh lain dan dapat mengakibatkan kematian. Sel tumor dapat cepat merambat apabila tubuh orang yang terjangkit tumor tersebut lemah atau memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Menurut penelitian yang telah dilakukan di China, di dalam tubuh tokek, terdapat suatu zat yang bekerja sebagai anti tumor. Zat dalam daging tokek dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dengan meningkatkan daya tubuh dan juga menginduksi sel tumor apaptopis. Sel tumor akan membunuh dirinya sendiri sehingga tidak ada lagi sel timor yang dapat bertahan di dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat daging anjing

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi tokek memiliki fungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terhindar dari berbagai jenis penyakit. Mengkonsumsi daging racun juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Peningkatan daya tahan tubuh ini dapat membantu tubuh agar tidak terkena alergi yang disebabkan oleh berbagai faktor.

artikel terkait: manfat daging domba

5. Mengatasi Asma dan Masalah Pada Sistem Pernapasan

Gangguan atau masalah yang terjadi pada sistem pernapasan memang sangat mengganggu aktivitas. Mengidap penyakit asma atau masalah pernapasan lainnya dapat menghentikan aktivitas yang sedang dilakukan oleh seseorang. Penyakit asma dan masalah sistem pernapasan bisa terjadi karena faktor keturunan maupun alergi terhadapt lingkungan, seperti udara. Mengatasi asma dan masalah pernapasan lainnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan tokek. Mengkonsumsi tokek dapat membantu menetralisir racun dalam tubuh dan menghilangkan alergi, termasuk alergi pada sistem pernapasan. Meskipun belum diuji secara klinis, namun telah banyak orang yang melakukan pengobatan asma dan masalah pada sistem pernapasan menggunakan tokek. Hasilnya, beberapa orang yang telah melakukan pengobatan asma dan sistem pernapasan dengan tokek tersebut dapat sembuh dan beraktivitas normal kembali.

artikel terkait: manfaat daging babi

6. Meregenerasi Sel Tubuh Yang Rusak

Sel dalam tubuh selalu melakukan regenerasi pada setiap bagian organnya masing masing. Regenerasi sel ini pasti dilakukan oleh sel, akan tetapi terkadang lancar dan terkadang juga terhambat karena beberapa faktor. Padahal, regenerasi sel yang terhambat akan menimbulkan dampak yang kurang baik bagi setiap bagian tubuh. Untuk melancarkan sel dalam melakukan regenerasi dapat dengan mengkonsumsi tokek. Tokek, terlebih pada bagian pangkal ekornya dapat membantu melakukan regenerasi sel dengan baik. Sehingga langsung mengganti kembali sel tubuh yang rusak atau yang sudah tidak berfungsi.

artikel terkait: manfaat daging ular sanca

7. Meningkatkan Stamina dan Vitalitas Pria

Selain meregenerasi sel tubuh yang rusak, mengkonsumsi pangkal ekor tokek juga dapat membantu memulihkan kembali tenaga yang digunakan setelah beraktivitas. Selain mengembalikan tenaga, mengkonsumsi pangkal ekor tokek juga mampu mengembalikan vitalitas pria sehingga tetap memiliki vitalitas yang tinggi setelah beraktivitas maupun sembuh dari sakit.

artikel terkait: manfaat daging ular kobra bagi tubuh

8. Mengatasi Flu Dan Batuk

Khasiat meningkatkan daya tahan tubuh yang dilakukan oleh tokek juga mampu menjaga tubuh agar tidak mudah terserang bakteri dan virus dari luar yang dapat menyebabkan flu dan batuk. Kandungan dalam daging cicak dapat segera meningkatkan daya tahan tubuh dan mengeluarkan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh penyebab penyakit.

Selain beberapa masalah kesehatan tersebut, tokek juga pernah menjadi isu sebagai hewan yang dapat mengatasi HIV dan AIDS. Namun juga belum diketahui secara pasti tentang kebenaran khasiat ini karena belum pernah dilakukan penelitian mengenai kandungan di dalam tubuh tokek yang dapat mengatasi HIV dan AIDS.

artikel terkait: manfaat daging lindung bagi tubuh

Manfaat yang dimiliki oleh tokek sangatlah beragam, namun cara menangkap tokek yang dapat dibilang cukup susah sebanding dengan khasiatnya yang sangat beragam untuk kesehatan, membuat tokek memiliki harga jual yang tinggi. Yang perlu diperhatikan adalah cara menangkap tokek dengan benar agar tidak tergigit. Apabila memiliki beberapa masalah kesehatan seperti di atas, mungkin dapat dicoba pengobatan menggunakan tokek.

,
Oleh :
Kategori : Makanan