3 Manfaat Landak Laut bagi Kesehatan

Landak laut atau mungkin anda lebih mengenalnya sebagai bulu babi merupakan salah satu jenis hewan di laut yang terkadang naik ke permukaan pantai karena terbawa oleh arus laut. Landak laut ini memiliki duri yang cukup tajam dan berbisa sehingga jika anda menginjaknya dan durinya masuk ke tubuh akan membuat tubuh menjadi bengkak dan keracunan dari bisa duri landak laut atau bulu babi. Hal ini mungkin akan membuat anda enggan untuk menyentuh hewan yang satu ini.

artikel terkait manfaat makanan laut:

Menyentuh saja anda sudah takut apalagi jika ingin mengonsumsinya, mungkin tidak pernah terpikirkan oleh anda. Namun tahukah anda ternyata landak laut atau bulu babi meskipun memiliki duri dan cangkang cukup keras namun di dalamnya memiliki kandungan nutrisi tinggi yang sangat baik bagi tubuh? jaringan di dalam landak laut adalah sumber dari makanan lezat dan nutrisi tinggi dan daginya rasanya sangat enak.

Manfaat landak laut

Landak laut atau bulu babi memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. di dalam landak laut mengandung 172 kalori dalam 100 gramnya dan kandungan lemaknya sangat sedikit. Di dalam landak laut sangat sedikit ditemukan lemak namun sangat kaya akan lemak tak jenuh yang sangat baik bagi tubuh. selain itu landak laut juga mengandung omega 3 tinggi yang mampu membantu mengendalikan tekanan darah serta mengurangi resiko penyakit jantung.

Berikut ini adalah beberapa manfaat landak laut jika dilihat dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

1. Protein penguat

Dalam 100 gram landak laut setidaknya terdapat 13,3 gram protein hewani yang sangat baik bagi tubuh. jumlah tersebut sama dengan kebutuhan protein harian bagi wanita sebanyak 29 persen dan memenuhi kebutuhan 24 persen protein bagi pria. Fungsi dari protein adalah sebagai produksi energi dan mengoptimalkan setiap fungsi tubuh. landak laut ini direkomendasikan sebagai menu diet sehat anda.

artikel terkait: manfaat sari agegardmanfaat makanan laut

2. Zinc

Fungsi utama dari zinc adalah sebagai komponen penting dalam penyembuhan luka. Mineral zinc ini juga bisa meningkatkan fungsi organ reproduksi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. selain itu fungsi lainnya dari zinc adalah untuk menajamkan indera penciumdan dan penglihatan. Asupan mineral zinc dari landak laut ini sangat baik karena rendah lemak.

artikel terkait: manfaat air jahemanfaat jamu bersih darah

3. Menurunkan berat badan

Daging landak laut atau bulu babi kerap kali dihidangkan bersama dengan makanan khas jepang yaitu sushi. Rasanya memang enak dan akan membuat anda ketagihan. Selain itu kandungan nutrisi yang ada di dalam landak laut atau bulu babi juga sangat baik bagi anda yang sedang dalam program penurunan berat badan. Jika menghindangkannya dengan sushi biasanya juga dimakan dalam keadaan masih mentah. Pengonsumsian daging yang masih mentah sebenarnya cukup beresiko karena mungkin masih mengandung bakteri atau cacing yang masih hidup di dalam daging. Oleh karena itu jika anda ingin diet sushi dan landak laut mentah sebaiknya bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau pakar kesehatan.

artikel terkait: manfaat kimchimanfaat jeruk nipis untuk asam uratmanfaat jamu pahitan


Cara Memasak Landak Laut

Selain bisa dimakan secara langsung saat mentah karena rasanya yang enak, landak laut atau bulu babi ini juga bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan laut lainnya sesuai dengan selera anda masing-masing. cara pengolahannya ini sama saja dengan daging lainnya namun yang perlu anda perhatikan adalah justru di cara membuka cangkang bulu babi tersebut. Jangan lupa untuk membuka cangkang dengan membelahnya menjadi dua dan kemudian diambil daging di dalamnya, jangan sampai anda masak dengan durinya karena berbahaya.

artikel terkait: manfaat adiwiyatamanfaat naturgomanfaat kolang kaling untuk lutut

Demikian informasi mengenai manfaat landak laut. Semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 14th, June 2016 / 22:48 Oleh :
Kategori : Hewan