Manfaat Daging Bajing (Menurut Bagian Tubuh)

Bajing atau beberapa orang menyebutnya tupai, merupakan salah satu hewan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat pada umumnya. Salah satu jenis binatang liar ini banyak dicari oleh beberapa orang untuk dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan.  Hal ini disebabkan karena tupai secara umum memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi.

artikel terkait:

Kandungan Gizi Dalam Daging Bajing

Banyak sumber menyatakan bahwa, daging bajing memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, baik penyakit ringan bahka penyakit berat sekalipun. Daging bajing memiliki kandungan kaya protein yang sangat bermanfaat dalam tubuh. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika asupan protein tercukupi yakni dapat menjaga keseimbangan tubuh, mengatur metabolisme, dan sebagai bahan untuk terbentuknya enzim. Dalam 100 gram daging bajing, 21.4 gram diantaranya merupakan kandungan protein. Itulah mengapa, dapat dikatakan bahwa bajing memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

Bajing yang telah berhasil diburu, akan disembelih dan dipisahkan setiap bagian tubuhnya, karena setiap bagian dari tupai memiliki khasiat tersendiri. Khasiat yang dihasilkan dari bajing sesuai bagian tubuhnya diantaranya yakni :

  1. Daging Bajing

Manfaat daging bajing dipercaya dapat menambah stamina dan membantu proses penyembuhan pada penderita diabetes. Daging bajing memiliki kandungan vitamin, mineral dan prrotein.  Manfaat dari olahan daging bajing ini dapat diambil dari air rebusan daging bajingnya, atau mengkonsumsi dagingnya. Air rebusan daging bajing biasanya dapat langsung diminum untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut. Sari kandungan dalam daging bajing akan keluar dan terdapat pada air rebusannya. Sedangkan untuk dimakan dagingnya, daging bajing hanya perlu digoreng dan dimakan seperti biasanya.

Selain menambah stamina dan mengatasi masalah diabetes, mengkonsumsi daging bajing secara rutin juga dipercaya mampu mengobati beberapa penyakit. Penyakit yang dapat diatasidengan mengkonsumsi daging bajing secara rutin diantaranya yakni penyakit kanker, rematik dan juga liver.

artikel terkait: manfaat daging anjingsumber energisolusi kanker

  1. Otak Bajing

Dari otak daging sendiri memiliki manfaat yang berbeda dengan daging bajing. Otak bajing ini memiliki manfaat untuk mengatasi masalah keterbelakangan mental yang terjadi pada beberapa anak. Otak bajing dapat diolah menjadi makanan, namun jika tidak menginginkan mengkonsumsinya sebagai makanan, otak bajing dapat djadikan serbuk dan dimasukkan di dalam kapsul.

artikel terkait: 10 manfaat daging ular sancamanfaat daging babimanfaat daging domba

  1. Janin Bajing

Bagi orang yang mengalami masalah dalam memiliki keturunan, dapat memanfaatkan janin bajing. Wanita yang mandul dapat mengkonsumsi janin bajing ini. Janin bajing dipercaya dapat mengatasi kemandulan bagi wanita.


Setiap bagian tubuh bajing memang memiliki manfaatnya tersendiri sesuai dengan bagian tubuhnya. Mengolah daging bajing ini juga dirasa mudah, tidak memerlukan waktu yang lama dan tidak juga memerlukan biaya yangcukup mahal. Daging bajing sendiri dapat diolah menjadi beberapa jenis olahan, diantaranya sop, sate, rica, stick dan juga abon. Makanan olahan yang akan dibuat disesuai dengan keinginan orang yang mengkonsumsinya. Beberapa orang juga mengolahnya menjadi sate.

artikel terkait: manfaat daging lindung bagi tubuh9 manfaat daging ular kobra bagi tubuh

Kandungan dalam tubuh bajing tidak mengandung kolesterol, sehingga dapat dikonsumsi masyarakat tanpa takut menimbulkan masalah kolesterol tinggi. Hal inilah yang membuat bajing banyak diminati untuk dikonsumsi baik untuk sekedar menambah stamina, maupun mengatasi beberapa masalah kesehatan yang dialami.

Yang menjadi masalah dalam mengkonsumsi daging bajing dan bagian tubuh lainnya, yakni pada jumlah daging bajing yang tidak sebanyak daging sapi atau kambing dipasaran. Selain itu, konsumen daging bajing juga tidak banyak, hanya beberapa orang yang benar benar membutuhkannya, atau beberapa orang yang sebelumnya pernah mengkonsumsi daging bajing juga.

, ,
Oleh :
Kategori : Daging