13 Manfaat Kina Pada Kesehatan Tubuh

Tanama Kina adalah sejenis tanaman yang memiliki bentuk perdu besar atau pohon kecil. Tanaman ini berasal dari daerah tropis di Amerika Selatan. Kina dapat mencapai tinggi 5-15 meter. Tanaman Kina memiliki ciri khas  berkulit pahit. Kulit pohonnya mengandung berbagai jenis alkaloid. Dari semua senyawa alkaloid tersebut yang paling dikenal adalah kinina atau senyawa antipiretik yang berfungsi sebagai penawar demam dan sering digunakan dalam pengobatan malaria. Kulit kayu Kina juga biasa digunakan untuk merangsang pengeluaran air liur dan getah lambung.

Tanaman Kina merupakan tanaman menyerbuk silang dan hetezigot.  Artinya tanaman Kina dalam proses penyerbukannya, tanaman ini mendapatkan serbuk sari dari tanaman lain yang berbeda secara genotip.Oleh karena itu hasil dari penyerbukan dengan biji tanaman ini sangatlah beragam. Ada 38 spesies pohon Kina yang dapat ditemukan. Dari banyak penghasil kuinina, yang dibudidayakan dalam perkebunan hanyalah cinchona officinalis dan cinchona pubescens.

Dalam perdagangan jenis-jenis inilah yang sering disebut sebagai Kina. Namun selain jenis itu ada juga jenis lain yang dimanfaatkan oleh manusia, yaitu Cinchona Kalisaya atau nama lokalnya Kina Kalisaya. Kina jenis ini biasanya tumbuh liar di wilayah sekitar hutan basah dan hutan berlumut pada pegunungan Andes. Tanaman ini tumbuh pada ketinggian 1050 meter hingga 1500 meter di atas permukaan laut.

artikel terkait:

Tanaman ini tumbuh subur pada lereng gunung yang memiliki curah hujan sekitar 2000 mm dalam setahun dan terjadi terus menerus merata sepanjang tahun. Selain itu daerah tumbuh tanaman ini haruslah memiliki iklim yang lembab dan suhu berkisar 12-21 derajat celcius. Tanaman ini menyebar ke wilayah Indonesia dan India. Tanaman Kina saat ini susah untuk didapatkan karena sedang langka di pasaran. Tanaman ini hanya bisa didapat dalam bentuk pengobatan herbal.

Banyak negara yang sudah mengolahnya menjadi pengobatan herbal, seperti Afrika, Amerika, Eropa dan menjualnya ke pasar dunia. Benua Asia pun kini mulai mengolahnya menjadi pengobatan herbal dan menjualnya. Selain untuk pengobatan tanaman Kina mempunyai banyak fungsi. Berikut akan disebutkan banyak fungsi dari tanaman Kina.

  1. Sebagai obat penyakit jantung
  2. Sebagai obat untuk penyakit malaria
  3. Untuk tamiflu pada flu burung
  4. Obat untuk kejang otot
  5. Untuk biopestisida atau pestisida nabati. Tumbuhan Kina baik untuk mencegah serangan serangga dan jamur.
  6. Untuk bahan kosmetika. Kulit kayu Kina bisa direbus lalu air rebusannya diminum. Hal tersebut akan menyebabkan kulit anda terbebas dari penyakit jamur. Ekstrak Kina juga digunakan pada lotion yang digunakan untuk kulit untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mengobati varises.
  7. Untuk zat pereaksi kimia yang bagus pada proses beberapa industri minuman
  8. Untuk membantu pengobatan pada hewan
  9. Mengobati wasir dan kram kaki
  10. Mengobati flu biasa, influenza ringan dan flu babi.
  11. Mengobati kanker mulut dan tenggorokan
  12. Mengobati pembesaran limpa
  13. Digunakan sebagai ekstrak untuk lotion pengurang rasa nyeri pada mata, pembunuh kuman dan sebagai astringent.

Itulah manfaat yang dapat kita peroleh dari tanaman Kina. Bagi anda yang sudah mengetahuinya, anda tidak usah risau tentang pengobatan untuk penyakit malaria. Anda cukup memanfaatkan tanaman Kina jika tanaman tersebut ada di sekitar anda. Dengan begitu anda tidak perlu repot mencari dokter dan mengeluarkan biaya yang banyak.

Begitulah manfaatnya jika anda memiliki pengetahuan tentang tanaman Kina dan tanaman pengobatan lain di sekitar anda. Bagi anda yang belum mengetahui tentang poho Kina berikut akan dijabarkan mengenai ciri-ciri yang dimiliki tanaman Kina Kalisaya :

  • Kulit terasa pahit
  • Letak daun berhadapan, berbentuk bundar telur sungsang dan lonjong, panjang 8-15 cm dan lebar 3-6 cm. Permukaan bagian bawahnya berambut halus seperti beludru, panjang tangkai 1-1,5 cm daun penumpunya lebih panjang daripada tangkai dan bila sudah terbuka daun penumpu akan gugur.
  • Bunga: bunga malai, kelompok bunga kumpul pada setiap ujung perbungaan, rambut halus beludru. Kelompok bunga berbentuk tabung dan gigi di bagian atasnya. Bunga berbentuk bintang, wangi, memiliki panjang tabung 9 mm. Helai mahkota dibagian dalam berwarna merah menyala dan rambut pendek rapat. Panjang benang sari setengah bagian tabung.
  • Buah berwarna kemerahan dan berbentuk seperti telur
  • Biji berbentuk lanset ellips dan bersayap.

artikel terkait:

Itulah ciri-ciri dari tanaman Kina, apabila anda menemukan tanaman yang mirip seperti diatas maka kemungkinan besar tanaman itu adalah Kina dan bisa dimanfaatkan. Namun, penggunaan Kina ternyata memiliki efek samping selain manfaat. Penggunaan yang berlebihan akan menyebabkan overdosis. Berikut beberapa efek samping penggunaan Kina.

  1. Telinga berdenging
  2. Sakit kepala
  3. Mual
  4. Diare
  5. Gangguan penglihatan
  6. Reaksi pendarahan dan alergi

Demikianlah efek dari penggunaan Kina secara berlebihan. Maka dari itu penting memanfaatkan dan mengetahui tentang manfaat serta efek samping dari penggunaan tanaman yang akan kita jadikan obat. Maka dari itu pergunakanlah Kina seefektif mungkin tanpa berbuat berlebihan. Demikian artikel tentang manfaat Kina, semoga bermanfaaat.

artikel terkait: