Manfaat Musik Kontemporer Untuk Diri Sendiri dan Orang lain

Musik kontemporer adalah lambang dari perkembangan jenis musik baru yang berakar dari tradisi dan juga yang tidak. Musik kontemporer merupakan cabang seni musik yang ada di sekitar abad ke-19 hingga saat ini. Musik kontemporer pada awalnya digagas oleh Monet, Renoir, Degas dan lainnya yang terjadi sebagai bentuk respon penolakan terhadap pandangan romantisme yang ketika itu sudah berhasil diterima banyak orang. Pada saat itu, musik hanya lahir dari seni sastra atau cabang seni lain. Sedangkan untuk di Indonesia, musik kontemporer sangat beragam dan setiap tahunnya juga diperingati Pekan Komponis untuk para komposer di Indonesia. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat musik kontemporer?, berikut penjelasannya secara lengkap untuk anda.

  1. Sarana Penyebaran Agama

Musik kontemporer memiliki fungsi religi dan keagamaan karena dengan seni musik kontemporer tersebut bisa digunakan untuk menyebar nilai nilai keagamaan sehingga bisa lebih mudah diterima oleh umat.

  1. Mencari Rangsangan Baru

Musik kontemporer juga berguna untuk mencari rangsangan baru untuk mengungkapkan situasi dari jiwa seperti yang juga terdapat dalam salah satu dari 16 manfaat musik klasik dalam kehidupan. Manusia merupakan makhluk hidup yang akan selalu mendapatkan pengalaman budaya baru. Manusia akan selalu berubah serta menginginkan kehidupan yang lebih baik. Seperti contohnya, musik kontemporer Indonesia yang selalu mencari corak khas Indonesia sesuai dengan pengalaman budaya penduduk Indonesia sekarang ini.

  1. Sarana Berkomunikasi

Musik kontemporer juga bisa digunakan sebagai sarana komunikasi seperti untuk menyampaikan pesan, kebijakan, kritik, gagasan dan juga produk pada banyak orang yang bahkan bisa memberikan manfaat komunikasi dalam keluarga.  Sedangkan untuk beberapa tema yang sering diangkat dalam musik kontemporer diantaranya adalah masyarakat yang tidak disiplin terhadap lingkungan, anjuran kesehatan atau kesejahteraan, pendidikan, ketidakadilan sebuah kebijakan dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Rekreasi atau Hiburan

Musik kontemporer juga bisa digunakan sebagai sarana rekreasi atau hiburan. Ini nantinya bisa digunakan untuk melepas kejenuhan atau rasa sedih hanya dengan mendengarkan musik kontemporer tersebut.

  1. Mengekspresikan Emosi dan Suasana Hati

Musik kontemporer merupakan bentuk karya seni yang memiliki harmoni nada yang sangat indah untuk didengarkan dan bisa berpengaruh pada suasana hati yang sedang kurang baik atau sedang berada dalam kondisi emosi yang tidak stabil seperti yang bisa diberikan dari manfaat naik kuda. Dengan mendengarkan musik kontemporer tersebut, maka ada beberapa hal yang bisa didapatkan seperti menghilangkan stres, memperbaiki mood, menumbuhkan perasaan positif, mengatasi kecemasan dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Meningkatkan Intelegensi

Ritme nada yang ada dalam musik kontemporer juga bisa memberikan rangsangan pada otak khususnya bagian kanan yang berhubungan dengan perkembangan artistik, kecerdasan, bahasa, kreativitas, imajinasi, warna dan sebagainya yang berbeda dengan manfaat olahraga untuk otak. Musik kontemporer ini nantinya juga bisa membantu mematangkan otak bagian kiri dan kanan sehingga bisa bekerja dengan seimbang.

  1. Simbol Budaya

Dalam kehidupan bermasyarakat seperti masyarakat Indonesia memiliki beragam unsur budaya dan musik kontemporer ini memiliki peran penting untuk mewujudkan nilai tradisi dari kebudayaan bangsa Indonesia tersebut sehingga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

  1. Respon Kehidupan Sosial

Musik kontemporer dibuat dengan tujuan dan maksud tertentu seperti beberapa jenis musik lainnya. Syair yang diciptakan nantinya bisa menyentuh jiwa pendengar yang akhirnya membuat masyarakat lebih peka terhadap berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat secara luas sekaligus memberikan manfaat bersosialisasi dengan orang lain.

  1. Melestarikan budaya

Fungsi musik kontemporer berikutnya juga bisa digunakan sebagai media untuk melestarikan budaya. Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman budaya yang berbeda beda dan msuk kontemporer ini bisa dijadikan sebagai ciri khas dari masing masing daerah tersebut.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pendidikan