8 Manfaat Keramas Dengan Air Es Untuk Kesehatan Rambut

Keramas merupakan salah satu perawatan rambut sederhana yakni aktivitas mencuci rambut dan juga kulit kepala memakai produk pembersih atau kulit kepala kemudian dibilas memakai air hingga bersih. Keramas sangat baik dilakukan untuk menghilangkan kotoran seperti debu, keringat yang menempel di kulit kepala dan juga mengatasi ketombe. Selain itu, keramas yang dilakukan dengan teratur juga sangat baik untuk merangsang kulit kepala karena aktivitas memijat yang dilakukan ketika keramas. Keramas sangat dianjurkan bagi anda yang baru selesai beraktivitas atau mendatangi beberapa tempat umum seperti rumah sakit atau klinik kecantikan dan juga banyak berkeringat. Namun masih banyak orang yang bingung mengenai suhu air apa yang sebaiknya digunakan ketika keramas. Dari banyak penelitian, ternyata ada banyak manfaat keramas dengan air es yang bisa anda dapatkan untuk rambut dan juga kulit kepala. Agar lebih jelas, anda bisa langsung menyimak ulasan menarik yang sudah kami siapkan untuk anda berikut ini.

  1. Menyegel Pori pori kulit Kepala

Salah satu cara terbaik untuk menjaga penampilan rambut anda adalah dengan keramas memakai air es. Jika anda menggunakan air panas, maka tekstur rambut akan cenderung kering. Namun jika anda menggunakan air es ketika keramas, maka ini bisa mengencangkan kutikula dan pori pori kulit kepala sehingga air es bisa menyegel pori pori kulit kepala untuk mencegah masuknya kotoran tidak seperti manfaat keramas dengan air hangat.

  1. Menyehatkan Kelenjar Minyak

Sebum atau kelenjar minyak memiliki fungsi untuk menutupi sekaligus melindungi rambut serta kulit kepala. Ketika anda menggunakan air panas untuk keramas, maka suhu yang dihasilkan bisa menyebabkan kelenjar minyak tersebut rusak sehingga rambut dan kulit kepala semakin rapuh. Sedangkan jika anda keramas dengan air es, maka suhu air bisa meningkatkan kesehatan kelenjar minyak sehingga tentunya juga akan menyehatkan bagi rambut dan kulit kepala seperti yang bisa anda dapatkan dari manfaat creambath.

  1. Menutup Kutikula Rambut

Tidak hanya ada lebih dari 13 manfaat minum air es bagi kesehatan, namun ternyata keramas dengan air es juga sangat baik dilakukan untuk menutup kutikula rambut. Ketika kutikula rambut tertutup, maka tampilan rambut anda akan terlihat sangat bersinar meski memang hanya untuk sementara. Kutikula rambut ini merupakan lapisan pelindung yang menutupi setiap helai rambut bagian luar yang melapisi korteks dan juga bertugas untuk membuat tekstur rambut semakin berkilau sehingga kesehatannya harus dipertahankan seperti salah satunya dengan keramas memakai air es.

  1. Menghaluskan Rambut Kusut

Kegunaan lain yang bisa anda dapat ketika keramas memakai air es adalah membuat rambut anda yang kusut terlihat halus. Suhu dingin yang dihasilkan air es nantinya bisa menutup kutikula rambut sehingga rambut anda terlihat lebih halus serupa dengan manfaat shampo olive.

  1. Penataan Rambut Lebih Mudah

Mencuci rambut dengan air es juga membuat rambut anda semakin mudah untuk ditata. Hal ini bisa terjadi karena campuran air dengan es batu akan membuat rambut anda semakin lembut dan tidak kusut sehingga akan lebih mudah ditata dan akhirnya lebih menghemat waktu para wanita yang sibuk.

  1. Membuat Rambut Terlihat Bersinar

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan ketika keramas menggunakan air es adalah memberikan tampilan rambut terlihat bersinar sebab kutikula rambut yang tertutup karena suhu air es tersebutlah yang bisa membuat rambut anda terlihat semakin bersinar selain banyak juga manfaat air dingin bagi tubuh.


  1. Melancarkan Peredaran Darah Kepala

Suhu dingin yang dihasilkan dari es nantinya juga akan membuat pembuluh darah yang ada di kulit kepala semakin melebar. Pelebaran pembuluh darah tersebut akan melancarkan nutrisi dan oksigen ke setiap helai rambut sehingga kesehatan dari rambut dan kulit kepala semakin baik. Peredaran darah yang lancar ini juga memberikan beberapa manfaat lain seperti mencegah kerontokkan rambut dan menyehatkan rambut secara menyeluruh seperti yang bisa anda dapatkan dari manfaat toning rambut.

  1. Membersihkan kotoran di Kepala

Kondisi dingin yang dihasilkan dari air es dan digunakan untuk keramas nantinya juga bisa membuat rambut tidak mudah kusut. Karena kondisi rambut yang tidak mudah kusut tersebut, maka segala kotoran yang masih tersisa di rambut bisa dibersihkan secara menyeluruh tidak seperti ketika anda menggunakan air panas untuk keramas.

Ada begitu banyak manfaat keramas dengan air es yang bisa anda dapatkan baik itu untuk rambut atau kulit kepala. Suhu dingin yang dihasilkan dari es tersebut bisa meningkatkan kesehatan rambut serta kulit kepala sehingga bisa anda lakukan beberapa kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan