12 Manfaat Lompat Tali di Sore Hari Untuk Tubuh dan Otak

Lompat tali atau dikenal dengan skipping merupakan latihan yang sangat sederhana sekaligus menyenangkan untuk dilakukan baik dilakukan sendiri ataupun dalam kelompok. Lompat tali sendiri terdiri dari berbagai jenis seperti crossover, maju dan mundur, single leg hopping dan sebagainya. Lompat tali yang termasuk jenis olahraga lompat ini berfungsi untuk melatih sekaligus mengembangkan kekuatan otot agar lebih maksimal dalam waktu yang singkat. Latihan ini juga dikenal dengan plyometric yang tidak hanya melatih kekuatan namun juga keseimbangan dan fleksibilitas. Lompat tali ini bisa membentuk banyak otot pada tubuh bagian atas dan tubuh bawah sekaligus menambah daya tahan tubuh, melatih koordinasi dan masih banyak lagi. Lompat tali juga bisa dilakukan baik saat pagi, sore dan juga malam hari. Dalam artikel kali ini, kami akan berikan beberapa manfaat lompat tali di sore hari yang bisa anda dapatkan jika dilakukan dengan teratur.

  1. Meningkatkan Koordinasi

Lompat tali sangat baik dilakukan untuk meningkatkan koordinasi anda dengan cara membuat anda selalu fokus pada kaki sehingga otak akan menyadari apa saja yang dilakukan kaki anda sebab banyak manfaat olahraga untuk otak. Latihan ini juga sangat baik untuk meringankan kaki anda sehingga sering dimasukkan dalam lomba rintangan sehingga membuat seseorang semakin sadar dan terkoordinasi dengan baik.

  1. Mengurangi Cedera Kaki dan Pergelangan Kaki

Ada lebih dari 9 manfaat lompat tali bagi kesehatan yang bisa anda dapatkan jika dilakukan dengan rutin. Lompat tali yang dilakukan saat sore juga sangat bermanfaat untuk anda yang selalu aktif dengan olahraga lainnya. Atlet basket, tenis, sepak bola dan jenis olahraga lainnya seringkali menderita cedera kaki serta pergelangan kaki khususnya ketika berlari dan berhenti secara tiba tiba. Lompat tali tidak hanya bisa meningkatkan kordinasi namun juga meningkatkan kekuatan otot di sekitar pergelangan kaki untuk mengurangi kemungkinan cedera sekaligus mengurangi rasa sakit.

  1. Membakar Banyak Kalori

Dibandingkan dengan lari santai di sore hari selama 30 menit, lompat tali sebetulnya bisa membakar kalori jauh lebih banyak. Latihan aerobik ini bisa membakar kalori hingga 1300 kalori per jam dengan aktivitas yang kuat yakni sekitar 0.1 kalori per lompatan. Untuk itu, 10 menit melakukan lompat tali di sore hari sudah setara dengan jalan sore selama 8 mil per menit sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dengan cepat.

  1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Seorang profesor di universitas Colorado, Denver yang mempelajari tentang tulang para lansia dan atlet mengatakan jika latihan yang baik dilakukan untuk meningkatkan kepadatan tulang salah satunya adalah lompat tali. Hanya dengan melakukan lompatan, kekuatan dan kepadatan tulang anda bisa bertambah sehingga bisa mencegah berbagai masalah pada tulang anda.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Melakukan lompat tali secara teratur saat sore hari juga sangat dianjurkan karena bisa menyehatkan paru paru dan juga organ jantung secara menyeluruh. Anda bisa melakukan lompat tali di sore hari sebanyak 3 hingga 5 kali seminggu selama 12 hingga 20 menit setiap kali latihan.

  1. Meningkatkan Efisiensi Pernapasan

Baik manfaat lompat tali di pagi hari atau sore hari sama sama memberikan banyak kegunaan untuk tubuh anda. Selain meningkatkan kesehatan jantung dan juga stamina tubuh, lompat tali juga sangat baik untuk meningkatkan efisiensi pernapasan anda. Ini akan sangat berguna ketika anda melakukan kegiatan lainnya sehingga tidak mudah kehabisan nafas setelah berlari, bekerja seharian penuh sekaligus mengatasi lelah lebih cepat.

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat olahraga skipping atau lompat tali di sore hari tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan fisik, namun ternyata juga bisa membuat anda lebih pintar. Lompat tali bisa membantu perkembangan otak kiri dan kanan sehingga bisa meningkatkan kesadaran spasial, meningkatkan keterampilan dalam membaca dan juga menjaga kekuatan otot dan saraf.

  1. Memberikan Ketenangan

Manfaat olahraga lompat tali selanjutnya bisa memberikan anda ketenangan lebih banyak. Ketika anda bekerja dengan otak dan tubuh secara bersamaan seperti ketika melakukan lompat tali, maka anda bisa merasa jauh lebih tenang secara menyeluruh.Lompat tali akan menghubungkan perspektif biomekanik dengan gabungan gerakan melingkar dan momentum sudut. Melakukan lompat tali akan membuat tubuh dan pikiran menjadi sinkron sehingga membantu anda lebih tenang dan akhirnya bisa tidur dengan pulas.

  1. Membantu Pembakaran Lemak

Latihan kardio ini juga sangat baik dilakukan untuk membakar lemak lebih cepat dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh hanya dengan beberapa jam latihan lompat tali saja sehingga anda bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal lebih cepat.

  1. Menjaga Energi Dalam Tubuh

Gerakan tubuh secara aktif ketika melakukan lompat tali juga bisa membuat tubuh semakin terbiasa untuk memanfaatkan sumber energi. Hal ini sangatlah penting dilakukan untuk anda yang sudah berusia lebih tua dimana energi tubuh nantinya tidak terlalu banyak terbuang dan hilang.


  1. Menambah Tinggi Badan

Untuk anda yang ingin mendapatkan tinggi badan lebih proporsional namun tidak bisa berenang, maka lompat tali bisa dijadikan alternatif yang sangat baik untuk menambah tinggi badan sebab ada banyak manfaat lompat tali untuk meninggikan badan. Untuk itu, lompat tali di sore hari ini sangat disarankan untuk anak anak dan juga remaja yang masih ada dalam tahap pertumbuhan.

  1. Menghilangkan Toksin

Melakukan lompat tali secara teratur di sore hari nantinya akan membantu pori pori untuk mengeluarkan keringat lebih banyak. Hal ini tentunya sangat baik untuk mengeluarkan racun dalam tubuh yang bisa dibuang lebih banyak. Manfaat detoksifikasi ini akhirnya juga bisa mencegah berbagai penyakit yang terjadi karena dampak polutan dan zat berbahaya dari lingkungan dan makanan yang anda konsumsi sehari hari.

Ada banyak manfaat lompat tali di sore hari baik untuk kesehatan tubuh dan juga otak yang bisa anda dapatkan jika dilakukan secara teratur. Ini juga menjadi pilihan olahraga praktis khususnya bagi anda yang tidak sempat pergi ke pusat kebugaran untuk berolahraga.

, , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga