4 Manfaat Lari Fartlek Bagi Kesehatan Tubuh

Bagi sebagian besar mungkin sangat familiar dengan jenis olahraga lari berbeda jika anda melihat manfaat olahraga lompat tali, namun saat ini ada salah satu jenis lari yang sedang gencar dilakukan orang. Yaitu lari fartlek, awalnya lari ini diciptakan oleh seorang atlit dari swedia bernama gosta homer. Dalam pengertiannya sendiri, lari fartlek merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang dilakukan di alam terbuka di daerah bukit- bukit belukar, selokan, tanah berpasir, rerumputa, tanah lembek dan masih banyak lagi. Tujuannya sendiri yaitu untuk meningkatkan ketahanan serta kestabilan tubuh dalam berbagai macam situasi serta cuaca. Untuk tempo, tempat dan lamanya dari melakukan lari fartlek tidak dibatasi, ini semua tergantung pada keinginan serta ketahanan anda sendiri.

Cara lari fartlek sangatlah mudah berbeda jika anda melihat manfaat olahraga adaptif, anda hanya perlu melakukan gerakan lari selambat- lambatnya kemudian melanjutkan dengan gerakan sprint. Anda bisa memvariasikan dengan kecepatan lari anda dan sedikit memainkannya tergantung dengan keinginan serta ketahanan anda. Semakin lama anda melakukan lari fartlek semakin baik pula daya tahan anda dan sebaliknya. Agar lari fartlek anda berjalan dengan lancar, ada baiknya anda mulai melakukan dengan kecepat rendah hingga kecepatan yang tinggi. Selain untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh berbeda dengan menfaat olahraga bowling, berikut manfaat dari lari fartlek.

Manfaat Lari Fartlek

  1. Memperlancar Peredaran Darah

Lari fartlek dapat melancarkan peredaran darah anda berbeda dengan manfaat wall sit, dengan melakukan gerakan lari maka jantung akan bekerja memompa darah lebih cepat dan mengalirkannya ke seluruh tubuh tanpa adanya hambatan. Ini dapat menghilangkan kebiasaan bagi anda yang sering mengalami kesemutan, kram hingga mati rasa.

  1. Memperlambat Datangnya Lelah

Dengan memainkan tingkat kecepatan pada lari fartlek, anda bisa memulai dari kecepatan yang rendah terlebih dahulu. Dengan melakukannya secara perlahan kemudian cepat berbeda dengan manfaat olahraga lunge, anda dapat memperlambat datangnya lelah saat olahraga dengan hasil yang maksimal. Ketahanan tubuh anda pun akan meningkat drastis.


  1. Membakar kalori

Lari fartlek merupakan sebuah olah raga yang dapat membakar kalori serta lemak yang menumpuk di tubuh anda secara efektif. Adapun manfaat yang akan anda peroleh setelah lari fartlek yaitu bentuk tubuh anda akan menjadi lebih baik. Biasanya anda akan mengalami penyusutan lemak di bagian- bagian tubuh tertentu seperti bagian perut, lengan, paha, dan betis. Selain itu beberapa bagian tubuh yang menggelambir akan lebih kencang kembali, seperti kencangnya bagian pantat dan payudara.

  1. Menyehatkan Jantung

Lari fartlek merupakan salah satu jenis olah raga kardio dimana jantung anda akan ikut terpacu seiring anda melakukannya. Dengan kerja jantung yang terpacu, hal ini juga akan membuat jantung anda berolah raga sehingga tidak hanya tubuh saja yang mengalami peningkatan ketahanan, begitu pula dengan jantung. Jantung anda akan lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit jantung seperti serangan jantung mendadak hingga jantung koroner.

Beberapa manfaat di atas tentunya sangatlah berguna bagi kesehatan anda, dan seperti yang kita ketahui bahwa olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting. Anda dapat selalu menjaga kesehatan anda dengan cara olah raga, dan lari fartlek bisa jadi merupakan salah satu jenis olahraga yang cocok bagi anda. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan anda seputar dunia olahraga.

, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga