4 Manfaat Latihan Rol Depan Bagi Tubuh Kita

Rol depan adalah salah satu latihan pertama dan paling mudah yang dipelajari oleh bayi serta anak di kelas berbasis gymnastik. Kebanyakan anak bisa melakukannya sendiri setelah beberapa kali mencoba. Rol depan jika dilakukan dengan benar akan menjadi latihan tubuh penuh dan juga latihan otak untuk semua kelompok usia anak. Rol depan adalah gerakan senam dasar yang tampak seperti gerakan jungkir balik yang anggun, berguling ke depan dari bagian belakang badan.

Untuk melakukan rol depan dengan benar, Anda harus mampu bergerak dari titik awal menjadi rol dan kembali pada kaki dalam satu gerakan. Membutuhkan latihan untuk melakukan rol depan tanpa menggunakan tangan yang akan menopang tubuh ketika Anda berdiri. Seseorang mungkin saja akan masih merasa pusing ketika melakukan lebih dari satu rol depan berturut – turut atau bahkan karena berdiri terlalu cepat. Manfaat latihan rol depan bagi anak – anak tentunya memiliki kelebihan tersendiri yang bisa diperhatikan dan dibimbing oleh para orang tua.

Kegunaan Gerakan Rol Depan

Semua gerakan ini memiliki satu manfaat utama yang sama, yaitu mengembangkan dan meningkatkan rasa vestibular kita. Sistem vestibular memungkinkan kita untuk mempertahankan keseimbangan dan untuk mengalami keamanan secara gravitasi, memungkinkan kita untuk berada pada satu posisi tanpa jatuh. Hal ini juga akan membantu kita untuk bergerak lebih lembut dan efisien. Karena sistem vestibular mengkoordinasikan pergerakan mata dan kepala, mungkin akan sedikit menantang bagi beberapa anak untuk menyelesaikan aktivitas sehari – hari. Manfaat latihan rol depan yang bisa didapatkan oleh anak antara lain:

1.Kesadaran dan kontrol tubuh

Rol depan lebih daripada sekedar kemampuan jatuh dasar saja, tetapi juga mengangkat isu body awareness dan kontrol yang akan mengarah kepada koordinasi dari tubuh dan pikiran. Kurangnya waktu yang digunakan untuk berpikir mengenai kemampuan dasar motorik dapat menjadi waktu lebih untuk belajar mengenai manfaat senam lantai dan manfaat senam pagi di sekolah bagi kontrol tubuh kita.

2. Melatih mata

Alasan utama untuk mempelajari rol depan adalah gerakan ke atas dan ke bawah yang perlu dilakukan sehingga mengarah kepada perkembangan eye tracking dan kekuatan pra membaca. Eye tracking sangat penting untuk dilakukan terutama ketika anak belajar membaca. Tanpa kemampuan mata yang bagus, anak akan kesulitan untuk mengikuti baris – baris pada halaman ketika membaca. Ini berarti mereka tidak dapat fokus kepada keseluruhan isi buku karena menggunakan waktu yang berharga untuk mengikuti baris demi baris di satu halaman.

3. Melatih koordinasi bilateral

Manfaat latihan rol depan juga sangat baik untuk aktivitas latihan koordinasi bilateral, yang terjadi ketika dua sisi tubuh bekerja bersamaan untuk merampungkan sebuah tugas. Misalnya mendorong kereta belanja, naik tangga, atau melakukan dua tugas terpisah seperti memegang kertas di satu tangan dan gunting di tangan lainnya. Kedua sisi tubuh dalam contoh tadi perlu mengeluarkan usaha yang sama untuk mempertahankan tubuh tetap terpusat di tengah ketika melakukan rol depan. Pastikan anak menempatkan kedua tangannya dengan lembut di lantai sebelum memulai rol. Anda dapat membantunya dengan memegang pinggul anak.

4. Melatih kekuatan pusat tubuh

Manfaat latihan rol depan juga dapat meningkatkan kekuatan pusat tubuh, suatu kemampuan penting yang dapat dipelajari ketika anak belajar sit up, merangkak, berjalan, berlari, naik sepeda, berenang atau olahraga lainnya. Ketahui juga manfaat latihan senam dengan alat, manfaat senam ketangkasan, dan manfaat senam sore.

Cara Melakukan Rol Depan

Manfaat latihan rol depan bisa dilakukan dengan dua cara yaitu berguling ke depan dengan sikap awal jongkok atau guling ke depan dengan sikap awal berdiri. Olahraga ini sebenarnya mudah dilakukan tetapi harus sesuai teknik yang benar agar tidak membahayakan atau menimbulkan cedera. Cara melakukan rol depan yang benar yaitu:

  • Jongkok dengan dua kaki rapat, lutut diletakkan ke dada dan dua tangan bertumpu di depan ujung kaki sekitar 40 cm.
  • Bengkokkan kedua tangan dan letakkan pundak di matras setelah sebelumnya menundukkan kepala dan menempelkan dagu sampai ke dada.
  • Lakukan gerakan berguling ke depan dan ketika pinggul sudah menyentuh matras, pegang tulang kering dengan kedua tangan hingga ke posisi jongkok. Tengkuk perlu menyentuh matras lebih dulu dan kaki tetap dilipat rapat ke dada.
  • Berdiri dan kembali ke posisi awal.

Kesalahan yang harus dihindari

Dalam melakukan manfaat latihan rol depan ada beberapa kesalahan yang bisa berbahaya dan harus dihindari agar bisa melakukan rol depan dengan aman.

  • Tangan yang bertumpu dibuka terlalu lebar atau kurang lebar, terlalu jauh atau terlalu dekat dengan ujung kaki.
  • Salah satu tumpuan tangan kurang kuat yang menyebabkan keseimbangan badan kurang sempurna dan badan justru jatuh ke samping.
  • Bahu tidak menempel di matras pada saat posisi tangan dibengkokkan.
  • Kedua tangan tidak ikut bertolak pada saat gerakan berguling ke depan. Ketahui juga mengenai manfaat senam ritmik dan manfaat senam aerobik bagi kesuburan wanita.

Tentu saja manfaat latihan rol depan yang paling utama adalah untuk kesenangan dan membangun kepercayaan diri. Memiliki kemampuan baru memerlukan ketekunan agar bisa menguasainya dan itu adalah salah satu sifat yang kita inginkan dimiliki oleh anak. Anak – anak akan senang melakukan berbagai hal sendiri dan keterampilan rol depan ini tidak saja sederhana namun juga baik untuk mereka.